Hasselblad XCD 21mm F/4: Lensa Paling Lebar Hasselblad Untuk Kamera Mirrorless Medium Format

Ekosistem lensa untuk kamera mirrorless medium format dari Hasselblad bertambah. Dirancang khusus untuk kamera Hasselblad X1D-50c, Hasselblad mempersembahkan lensa paling lebar perdananya XCD 21mm F/4.

svg%3E

Setara lensa 17mm di kamera full frame

Dengan jarak fokal 21mm lensa ini akan setara dengan lensa 17mm di kamera yang dipersenjatai sensor full frame. Menurut Hasselblad, dengan kemampuannya menangkap gambar yang sangat lebar Hasselblad XCD 21mm F/4 akan sangat mumpuni untuk fotografi landscape, aristektur hingga interior dan eksterior.

Desain ringkas

Menyesuaikan desain bodi Hasselblad X1D-50c, Hasselblad juga merancang lensa ini dengan desain yang sangat ringkas. Bobotnya sekitar 600 gram. Rancangan optiknya terdiri dari 13 elemen lensa dalam 9 grup yang termasuk 2 elemen lensa aspherical.

Seperti lensa XCD yang lain, XCD 21mm F/4 turut dilengkapi fitur integral central shutter yang memungkinkan pengaturan kecepatan rana kamera dari 1/2000 detik hingga 60 menit. Selain itu lensa ini juga mendukung sinkronisasi flash secara penuh hingga 1/2000 detik. Untuk fitur lainnya, Hasselblad XCD 21mm mendukung filter lensa dengan diameter 77 mm, mampu melakukan fokus dengan jarak minimum 32cm dan rasio maksimum pembesaran gambar 1:10.

Hasselblad XCD 21mm juga akan kompatibel dengan aplikasi Phocus dari Hasselblad. Dengan demikian saat membuka semua hasil foto yang menggunakan lensa ini, Phocos secara otomatis akan mengoreksi distorsi garis sehingga hasil akhir foto akan terlihat nyaris tanpa distorsi.

Rencananya Hasselblad akan mulai melepas lensa XCD 21mm ini ke pasaran di pertengahan bulan Mei 2018. Harga jualnya nanti akan dipatok sekitar US$3750.