Gandeng Fotografer Keliling, Canon Kembangkan Komunitas Fotografer SELPHY

Sektor ekonomi kreatif memang membuka potensi banyak peluang usaha dan lapangan kerja. Salah satu satu contoh adalah fotografer keliling yang menyediakan jasa foto-cetak kilat di tempat wisata.

svg%3E

Untuk mewujudkan dukungan Canon memajukan sektor ekonomi kreatif, sejak tahun 2007 PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia memiliki wadah khusus untuk para fotografer tersebut, yakni komunitas bernama Komunitas Fotografer SELPHY.

svg%3E
Lewat komunitas ini Canon melalui pt. Datascrip senantiasa memberikan dukungan untuk menambah keterampilan para fotografer SELPHY dalam menjalankan usahanya. Di antaranya, mengadakan pertemuan rutin. Dalam pertemuan tersebut, selain bersilaturahmi dengan sesama fotografer dan tim Canon-Datascrip, mereka juga mendapatkan beragam informasi bermanfaat, seperti cara mengatasi masalah pada printer dan tips memotret yang baik.

svg%3E

Menyesuaikan perkembangan teknologi, para fotografer keliling di Komunitas Fotografer SELPHY kini dipersenjatai dengan kamera saku Canon IXUS dan printer portabel Canon SELPHY yang bisa dengan mudah dibawa ke mana saja.

svg%3E

Salah satu lokasi Komunitas Fotografer SELPHY yang kami jumpai berada di kawasan wisata Gunung Tangkuban Parahu. Di sini terdapat sekitar 17 orang fotografer SELPHY. Selain di Tangkuban Parahu, komunitas ini juga hadir di destinasi wisata favorit lainnya di Kabupaten Bandung, seperti Kawah Putih, Situ Patenggang dan Ciwalini.

Selain di Bandung, komunitas ini juga tersebar di Jakarta, Palabuhanratu, Padang, Jambi, Semarang, Bali, Makassar hingga Manado dengan total fotografer mencapai lebih dari 2.000 orang.