Google AIY Project: Permudah Membuat Speaker dan Kamera Pintar Rakitan

Tahun lalu Google meluncurkan AIY Kit. Ini adalah satu paketan DIY (Do It Yourself) untuk mereka yang ingin mempelajari lebih lanjut konsep kecerdasan buatan atau AI. AIY kit memang sangat menarik, namun sayangnya Anda diwajibkan merogoh kocek ekstra untuk membeli Raspberry Pi dan komponen lain. Nah, untuk lebih mempermudah akhirnya kini Google memutuskan untuk merilis kembali AIY Kit dengan isi paket yang lebih lengkap.

svg%3E
Google AIY Kit Speaker

Satu paket lengkap

Google AIY Project tersedia dengan 2 pilihan yaitu AIY Vision untuk membuat kamera pintar dan AIY Voice Kits untuk speaker pintar. Keduanya hadir dengan mengusung konsep cardboard atau kardus yang ramah lingkungan dan mudah rakit.

svg%3E

svg%3E

Kabar baiknya, Anda kini tidak perlu merogoh kocek ekstra untuk membuatnya. Satu paket Google AIY Project sudah lengkap dan siap untuk langsung dirakit. Satu paket AIY Kit sudah termasuk dengan komputer mini Raspberry Pi Zero WH. Sementara, paketan AIY Vision juga sudah dilengkapi Camera v2 dari Raspberry Pi.

svg%3E
Google AIY Kit vison

Selain itu tersedia kartu memori SD yang sudah diisi software jadi Anda tidak perlu lagi mengunduhnya lewat situs Google. Google juga turut menyediakan aplikasi untuk smartphone Android yang berisi panduan untuk merakitnya. Atau, Anda bisa juga melihat panduannya melalui situ AIY.

Lalu berapa harga jualnya? Google AIY Project Vision dijual dengan banderol harga US$90 dan untuk AIY Project Voice harganya US$50.