KomputerNewsSains & Teknologi

JPEG XS: Format Baru untuk Streaming Video dan Virtual Reality

Tingkat latensi lebih rendah dan hemat energi

JPEG saat ini telah menjadi format standar untuk mengkompresi gambar digital. Nah, dalam waktu dekat JPEG akan segera kehadiran saudara baru yaitu JPEG XS.

Untuk streaming video dan VR (Virtual Reality)

Joint Photographic Experts Group yang merupakan otak dibalik format JPEG mengklaim JPEG XS bukan dihadirkan untuk menggantikan JPEG.

Kedua format ini berbeda dan saling berlawanan. Jika JPEG hadir untuk format gambar digital, JPEG XS dihadirkan secara khusus untuk streaming video dan VR (Virtual Reality).

Lalu apa keunggulan JPEG XS? JPEG XS menawarkan kompresi file dengan tingkat latensi yang sangat rendah. Dengan demikian saat melihat gambar atau video enggunakan perangkat VR headset Anda tidak akan merasakan pusing. Selain menawarkan tingkat kompresi file dengan latensi yang rendah, JPEG XS juga diklaim lebih hemat energi dibandingkan JPEG.

Kompresi file lebih cepat

JPEG XS juga bisa menghasilkan gambar berkualitas tinggi meski proses kompresi filenya lebih cepat dibandingkan JPEG. Walau begitu, hasil akhir file dengan format JPEG XS akan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan file dengan format JPEG.

Meski sudah diperkenalkan belum ada info resmi kapan format ini mulai bisa digunakan. Kedepannya format JPEG XS diharapkan bisa menjadi standar untuk kamera kelas profesional, penyuntingan video dan pencitraan ruang angkasa. Format ini juga nantinya bisa mendukung mobil otonom, smartphone, perangkat virtual reality (VR), augmented reality (AR), dan koneksi wireless antara perangkat multimedia dengan TV monitor atau proyektor.

Komentar

Beri komentar

Close