[Tutorial] Membuat Installer Windows 10 ke USB dengan Media Creation Tool

Melakukan instalasi ulang sistem operasi adalah langkah yang bisa dilakukan jika sistem operasi Anda sudah mulai melambat atau rusak karena terserang malware. Untungnya, saat ini proses instalasi ulang bisa dilakukan dengan sangat mudah. Untuk Windows 10 pun, Microsoft telah menyiapkan tool khusus untuk membantu Anda mempersiapkan installer sistem operasi baru untuk komputer Anda.

Berikut ini adalah cara untuk membuat installer Windows 10 di USB flash disk. Sebelum itu, Anda perlu mempersiapkan sebuah flash disk dengan kapasitas minimal 8GB dengan format FAT32, serta sebuah komputer yang terhubung ke internet untuk mendownload Windows 10.

1. Pasang USB flash disk yang telah Anda persiapkan ke komputer.

2. Download aplikasi Media Creation Tool dari Microsoft di tautan ini.

3. Setelah download selesai, jalankan aplikasi tersebut.

4. Aplikasi akan menampilkan EULA. Setelah membacanya, klik Accept.

svg%3E

4. Di layar selanjutnya, pilih Create installation media (USB flash drive, DVD, or ISO file) for another PC lalu klik Next.

svg%3E

svg%3E

5. Hilangkan centang di Use the recommended options for this PC lalu pilih versi Windows 10 yang Anda inginkan (32-bit atau 64-bit). Lalu klik Next

svg%3E

6.Di layar berikutnya pilih USB flash drive sebagai media yang akan digunakan lalu klik Next.

svg%3E

7.Kemudian pilih USB flash disk yang telah Anda persiapkan tadi lalu klik Next.

8.Setelah itu, Microsoft akan mendownload seluruh file-file yang dibutuhkan dan melakukan instalasi ke USB flash disk. Setelah selesai Anda dapat mencoba installer USB tersebut ke komputer yang ingin Anda install ulang atau komputer yang baru Anda beli yang belum dilengkapi dengan sistem operasi.

Verified by MonsterInsights