2-in-1 notebookKomputerReview

Review Lenovo YOGA 920: Laptop Konvertibel Premium dengan Dukungan Pena Stylus

Semakin Bertenaga, fitur Tambah Lengkap, baterai tahan lama

Di segmen laptop konvertibel, Lenovo YOGA yang menjadi andalan Lenovo memang selalu layak untuk ditunggu. Membuka tahun 2018 ini Lenovo siap unjuk gigi di segmen konvertibel dengan YOGA 920. Laptop ini masih terlihat mirip dengan versi lawasnya YOGA 910, namun Lenovo memberikan penyegaran dengan sejumlah dukungan fitur yang lebih menarik.

Bodi yang lebih tipis dan ringan

Kami tidak akan membahas banyak desain YOGA 920. Pasalnya, kemasan YOGA 920 masih mirip dengan YOGA 910. Kesan mewah tetap terlihat menonjol di laptop yang masuk kelas premium ini.

Dari bodi berbahan alumunium yang kokoh, bingkai layar yang sangat tipis hingga engsel layar fleksibel inovatif bermodel rantai jam tangannya yang bisa berputar 360 derajat masih merupakan warisan dari YOGA 910. Bahkan sektor konekvitasnya pun sama. YOGA 920 tetap dilengkapi dengan 2 port USB Type-C, satu port USB Type-A dan satu jack headphone.

Satu hal yang patut diapresiasi YOGA 920 memiliki bobot yang sedikit lebih ringan. Ketebalan bodinya juga lebih tipis dibandingkan YOGA 910. Bobot YOGA 920 tercatat sekitar 1,37 Kg dengan ketebalan bodi 1,39cm. Sementara YOGA 910 bobotnya 1,38 Kg dan punya bodi setebal 1,43cm.

Bagi kami perbedaan dimensi bodinya yang beda tipis ini tidak akan terlalu terasa. Pasalnya, rancangan bodinya memang sudah terasa sangat tipis dan ringan saat digunakan sehari-hari.

Layar fleksibel inovatif yang kini mendukung Active Pen


Seperti YOGA 910, YOGA 920 juga masih membawa panel layar sentuh IPS berukuran 13.9 inci yang resolusinya Full HD 1920 x 1080 pixel. Tampilan di layarnya terlihat sangat menawan dengan visual yang tajam dan kontras warna yang amat baik. Layarnya ini juga sangat respon dengan sapuan jari.

Bagi sebagian orang mungkin akan merasa kurang puas dengan resolusi layarnya yang hanya Full HD mengingat laptop ini masuk di kelas premium. Nah, jika resolusi layar yang menjadi prioritas Lenovo juga menyediakan YOGA 920 dengan resolusi layar lebih tinggi. Lenovo YOGA 920 edisi Star Wars hadir dengan resolusi layar 4K 3840 x 2160. Sayangnya, model ini hanya dijual dalam jumlah terbatas dan banderol harganya juga lebih mahal.

Masih seputar layarnya, satu pembaruan yang ditawarkan Lenovo di YOGA 920 adalah layar tersebut kini telah mendukung penggunaan aksesoris pena stylus aktif Lenovo Active Pen 2. Pena stylus ini sudah langsung tersedia dalam paket penjualan YOGA 920.

Saat kami mencoba menggunakan pena stylus Lenovo Active Pen 2 di layar YOGA 920 memang terasa sangat nyaman. Berkat tingkat sensitivitasnya yang mencapai tingkatan 4096 tekanan, menggunakan pena stylus Active Pen 2 cukup terasa natural seperti menggunakan pena diatas kertas. Ini membuatnya sangat cocok untuk mendukung pekerjaan para desainer grafis, ilustrator atau seniman digital lain.

Agar pena stylus tersebut tidak hilang saat diajak berpergian Lenovo juga sudah menyiapakan sebuah cantolan untuk menempelkan pena stylus tersebut ke bodi laptop. Solusi yang cukup baik namun pada prakteknya saat pena stylus dan cantolan tesebut terpasang ke bodi laptop akan menghilangkan satu fungsi port USB dan menghalangi tombol power.

Bosan bekerja di mode laptop? Dengan 6 engsel layarnya yang bermodel rantai jam tangan YOGA 920 bisa beralih ke mode stand, tent atau tablet. Desain engsel layarnya yang sangat inovatif ini tidak hanya terasa amat kokoh tapi juga fleksibel sehingga akan lebih mudah saat berpindah-pindah mode penggunaan.

Keyboard dan trackpad nyaman digunakan, dilengkapi sensor sidik jari

Beralih ke sektor keyboard dan trackpad, YOGA 920 dilengkapi dengan keyboard bermodel cicklet lengkap dengan lampu backlit yang masih mirip dengan YOGA 910. Namun, jika dicermati lebih lanjut ada terlihat perbedaan di sektor keyboardnya ini.

Tombol shift di area kanan YOGA 920 terlihat lebih besar dibandingkan YOGA 910. Sebagai gantinya, tombol panah atas Page Up dan panah bawah Page down di YOGA 920 diperkecil. Ubahan minor ini menurut kami sangat baik mengingat tombol Shift memang lebih sering digunakan dibandingkan tombol panah tersebut.

Secara keseluruhan keyboard YOGA 920 nyaman digunakan untuk mengetik. Trackpad mousenya pun sangat respon dengan sentuhan jari. Seperti YOGA 910, YOGA 920 juga dilengkapi dengan sensor sidik jari yang berguna sebagai pengaman.

Performa sangat bertenaga

Di balik bodinya yang ramping YOGA 920 diotaki prosesor Intel generasi kedelapan, Intel Core i7-8550U dengan RAM 16GB dan ruang penyimpanan SSD berkapasitas 512GB.

Saat menggunakannya kami sangat puas dengan waktu start up laptop ini yang terasa sangat singkat. Performanya pun sangat bertenaga sehingga bisa diandalkan untuk beragam kebutuhan komputasi. Dari mengolah dokumen, hingga menyunting foto dan video sederhana bisa dilahapnya tanpa masalah. Hasil benchmarknya berikut ini:

Untuk kebutuhan multimedia, bahkan Anda bisa mengandalkan YOGA 920 untuk memutar video di resolusi 4K. Dengan dukungan sepasang speaker besutan JBL yang disuntik fitur DolbyExperience audio dan Dolby Atmos, pengalaman multimedia di YOGA 920 juga terasa lebih optimal dengan kualitas suara yang amat baik.

Menjalankan langsung Windows 10, Lenovo YOGA 920 turut mendukung beragam fitur andalan Windows seperti misalnya Windows Hello dan dukungan asisten virtual Cortana.

Baterai tahan lama

Diotaki prosesor Intel generasi kedelapan YOGA 920 menjanjikan waktu guna yang sangat panjang. Ini tidak heran karena prosesor yang digunakan YOGA 920 memang lebih efisien dan irit daya. Menurut klaim Lenovo, YOGA 920 baterainya bisa bertahan hingga 15,5 jam.

Pada prakteknya saat kami mencobanya untuk memutar film Full HD dengan durasi 2 jam sambil terhubung ke WiFi, baterainya dari 100% memang hanya berkurang sebanyak 15% saja. Sementara untuk mode penggunaan standar seperti mengetik dan berselancar di internet via WiFi dengan tingkat gelap terang layar sekitar 70%, baterainya bisa bertahan hingga sekitar 12 jam. Baterainya ini tergolong tahan lama dan ideal untuk pengguna yang sering bermobilitas atau bekerja di luar ruangan.

Kesimpulan

Bodi yang tipis dan ringan, layar menawan, desain engsel layar yang inovatif, spesifikasi yang sangat bertenaga dan baterai yang tahan lama adalah semua keunggulan utama YOGA 920 yang bisa Anda tebus dengan harga sekitar 20 jutaan Rupiah.

Ini menjadikan YOGA 920 tidak hanya berhasil di aspek desainnya saja tapi juga dalam hal performa. Tambahan dukungan pena stylus Lenovo active pen 2 pun turut menjadikan YOGA 920 lebih fungsional dan memberi nilai lebih di kelas laptop premium konvertibel.

Laptop ini kami rekomendasikan dan wajib dilirik untuk Anda yang membutuhkan laptop konvertibel dengan dukungan pena stylus untuk menunjang produktivitasnya sehari-hari.

Yang Canggih:
(+) Layar sangat baik
(+) Performa memuaskan
(+) Baterai tahan lama
(+) Dilengkapi pena stylus

Yang Kurang:
(-) Cantolan pena stylus menghalangi port USB dan tombol power saat terpasang
(-) Harga relatif mahal
(-) Port konektivitas terbatas

Lenovo YOGA 920
Laptop ini kami rekomendasikan dan wajib dilirik untuk Anda yang membutuhkan laptop konvertibel dengan dukungan pena stylus untuk menunjang produktivitasnya sehari-hari.

Komentar

Beri komentar

Close