Panasonic Umumkan Sensor CMOS Pertama dengan Global Shutter yang Mendukung 8K, 60FPS, dan HDR.

Panasonic kembali membuktikan kepiawaiannya meracik sensor untuk kamera digital. Dan, untuk pertama kalinya pabrikan asal Jepang ini mengumumkan inovasi sensor CMOS dengan Global Shutter yang mendukung perekaman video hingga resolusi 8K, 60FPS, HDR.

svg%3E

Hasil foto yang bebas distorsi

Kebanyakan sensor kamera saat ini mengusung model rolling shutter. Rolling Shutter dan Global Shutter adalah istilah teknis yang mengacu pada cara kerja sensor menangkap gambar.

svg%3E
cara kerja sensor rolling shutter

Sensor dengan rolling shutter akan menangkap gambar dengan cara dipindai. Mirip seperti cara kerja alat pemindai atau scanner. Gambar yang ditangkap oleh sensor akan dipindai secara berurutan baris per baris piksel dari satu sisi sensor (biasanya dari bagian atas sensor) ke sisi lain.

Dengan prinsip kerja seperti itu, sensor dengan rolling shutter memiliki keterbatasan karena bisa menimbulkan distorsi pada hasil foto atau video. Efek distrosi dari Rolling Shutter akan sangat terlihat di foto atau video yang diambil sambil bergerak atau menangkap obyek yang bergerak.

svg%3E

Contoh paling mudah, saat memotret atau merekam video gerakan baling-baling pesawat hasilnya baling-baling pesawat akan terlihat melengkung. Atau, saat memotret mobil sambil bergerak dengan kecepatan tertentu hasil foto akan terlihat miring.

svg%3E

Sementara Global Shutter cara kerjanya berbeda. Sensor dengan Global Shutter menangkap gambar langsung secara simultan. Dengan demikian hasil foto dan video sensor dengan Global Shutter akan terlihat tanpa distorsi meski merekam obyek yang bergerak.

Mendukung perekaman video hingga resolusi 8K

Sensor CMOS dengan Global Shutter dari Panasonic ini dirancang menggunakan organic photoconductive film (OPF). Menurut klaim Panasonic, sensor ini mampu mendukung perekaman video hingga resolusi 8K di 60fps dan lebih sensitif cahaya dengan kendali dynamic range yang lebih baik.

svg%3E

Cara kerjanya pun bisa dipilih antara mode rolling shutter dan global shutter. Selain itu, sensor ini juga menjadi sensor pertama di Industri yang langsung dilengkapi dengan beragam variabel Filter ND.

svg%3E

Dikatakan Panasonic teknologi sensor CMOS terbarunya ini telah mendapat perlindungan 135 paten di negara Jepang dan 83 paten di seluruh dunia. Sayangnya, belum ada kabar lebih lanjut kapan sensor ini akan memulai debutnya di kamera digital.

Verified by MonsterInsights