Skydio R1: Drone Revolusioner yang Pintar dan Bisa Terbang Otomatis Tanpa Pilot

Kebanyakan drone saat ini memang telah dilengkapi dengan fitur terbang otomatis namun kehadiran pilot masih tetap dibutuhkan. Nah, drone besutan Skydio yang bernama R1 ini lebih inovatif karena khusus dirancang untuk terbang secara otonom alias bisa terbang tanpa perlu kendali pilot.

svg%3E

Usung teknologi Nvidia

Untuk terbang secara otomatis pada umumnya drone mengandalkan teknologi GPS. Ini berbeda dengan Skydio R1 karena Skydio melengkapinya dengan teknologi otonom Skydio Autonomy Engine yang disokong oleh 12 kamera navigasi dan platform kecerdasan buatan dari Nvidia, Nvidia Jetson.

svg%3E

12 kamera yang dibawanya ini bertugasi untuk melihat dan melakukan pemetaan lingkungan di sekitarnya. Sementara AI Nvidia Jetson kemudian akan langsung bertugas untuk mengolah data dan membuat perencanaan gerakan dan navigasi.

Berkat teknologi inilah Skydio R1 bisa terbang secara otomatis hingga kecepatan 40 kilometer per jam hanya dengan mengikuti subyek. Bahkan, drone ini bisa terbang di lingkungan yang sulit seperti misalnya hutan belantara dengan aman dan tanpa gangguan karena mampu menghindari semua rintangan yang menghadang di depannya.

svg%3E

Dikatakan Skydio, tidak ada cara khusus untuk menerbangkan drone besutannya ini. Pengguna hanya perlu melempar R1 ke udara, kemudian pilih 3 mode terbang Side, Follow atau Orbit lewat aplikasinya di smartphone. Setelah itu, R1 bisa langsung terbang otomatis mengikuti subyek.

Desain ringkas dan ringan

R1 hadir dengan bodi yang ringkas sehingga mudah dibawa kemana saja. Bobotnya pun sangat ringan karena bodinya dirancang dari alumunium dan serat karbon.

svg%3E

Untuk mengambil gambar R1 mengandalkan kamera yang dilengkapi lensa sudut lebar 150 derajat dengan kemampuan rekam video hingga resolusi 4K/30fps. Kameranya ini juga telah dilengkapi dengan fitur penstabil 3 axis untuk memastikan pengambilan gambar tetap tajam dan minim blur. Untuk ruang penyimpanannya tersedia memori internal dengan kapasitas 64GB.

Skydio R1 saat ini sudah tersedia di pasaran Amerika dan Kanada. Harga jualnya dipatok US$2500 atau sekitar 35 juta Rupiah.