Quantcast
TipsWeb Service

[Tutorial] Cara Mengganti Username Pada Facebook

Selain nama dan email, akun Facebook juga memiliki username. Secara standar, Facebook akan memberikan Anda username berupa nama Anda dan diakhir dengan angka acak yang biasanya akan terlihat saat Anda sedang membuka profil Anda sendiri (misalnya www.facebook.com/username12345. Username tersebut bisa digunakan untuk identifikasi dan mempermudah orang untuk langsung menuju ke profil Anda.

Facebook memberikan opsi untuk mengganti username tersebut sesuai dengan nama yang Anda inginkan sehingga username Anda akan lebih personal. Berikut ini cara melakukannya pada desktop.

1. Dari halaman utama Facebook, klik tombol panah yang ada di pojok kanan atas. Lalu pilih menu Settings.

tutorial username facebook 1

2. Kemudian pilih menu General yang ada di deretan menu di kiri. Anda akan mendapatkan tampilan informasi umum seperti nama, username, email, dan beberapa informasi kontak lainnya.

3. Pada menu General Account Settings, klik Edit yang ada di kanan.

tutorial username facebook 2

4. Kotak untuk mengubah username akan muncul. Masukkan username yang Anda inginkan. Kemudian Facebook akan mengecek ketersediaan username tersebut. Apabila username yang diinginkan tersedia, maka akan muncul logo centang hijau di sebelah kanan kotak.

tutorial username facebook 3

5. Apabila sudah selesai, klik tombol Save Changes untuk menyimpan username baru Anda.

Untuk mengetes username baru, masukkan username tersebut di belakang alamat Facebook saat Anda mengetikannya di browser. Jika misal Anda memilih username “username12345”, maka Anda dapat menambahkan username tersebut menjadi www.facebook.com/username12345 di kotak pencarian browser Anda untuk langsung menuju ke profil Anda. Username tersebut juga bisa Anda informasikan ke teman-teman agar lebih mudah untuk mengakses profil Anda.

Yang perlu diperhatikan dalam menentukan username, Facebook memberikan sejumlah aturan seperti jumlah karakter minimal 5 karakter yang terdiri dari huruf besar dan kecil, angka, serta simbol titik saja. Kemudian Anda juga tidak dapat mengambil username yang telah dipilih oleh orang lain.

Back to top button