[CES 2018] Sennheiser HD 820: Headphone Closed-Back Kelas Audiophile Terbaik dari Sennheiser

Bicara headphone kelas audiohpile, umumnya headphone dengan desain earcup tertutup (closed-back) bukanlah pilihan yang tepat. Pasalnya, headphone audiophile kebanyakan umumnya hadir dengan mengusung desain earcup terbuka (open-back). Ini karena desain open-back memungkinkan performa staging suara yang terasa sangat luas.

svg%3E

Kendati demikian, kekurangan desain open-back adalah kebocoran suara. Artinya, orang di sekitar Anda bisa mendengarkan musik yang sedang Anda putar, begitu juga sebaliknya Anda pun bisa pun bisa mendengarkan suara di sekitar. Untuk menikmati kualitas suara yang paling optimal dari headphone berdesain open-back memang lebih ideal digunakan di lingkungan atau ruangan yang senyap.

Lalu apakah ada headphone dengan desain closed-back yang memang mumpuni untuk memanjakan telinga para audiophile? Jawabannya adalah headphone teranyar besutan dari Sennheiser yang bernama Sennheiser HD 820.

Usung teknologi HD 800 S

Satu hal yang sangat menarik dari HD 820 adalah Sennheiser merancangnya dengan mengusung DNA headphone terfavoritnya di kelas audiophile yaitu HD 800 S. Singkatnya, HD 820 adalah HD 800 S namun dengan desain earcup tertutup atau closed-back.

svg%3E

svg%3E

Desainnya pun sekilas sangat mirip. Bedanya, bagian earcup HD 820 ini ditutup oleh lapisan Corning Gorilla Glass. Penggunaan material ini pun bukan tanpa alasan. Selain untuk mendongkrak tampilannya agar terlihat lebih keren karena bisa terlihat komponennya dari luar, menurut klaim Sennheiser penggunaan lapisan ini juga sangat berpengaruh pada kualitas suaranya karena akan mampu meminimalkan resonansi. Tidak heran meski mengusung desain closed-back Sennheiser menjamin warna suara yang dihasilkan HD 820 akan tetap terdengar natural dan nyata.

Ear pad yang lebih baik

Selain earcup yang ditambahkan dengan lapisan Corning Gorilla Glass, sentuhan pembaruan juga merambat ke sektor ear pad. Ear pad HD 820 berbeda dengan HD 800 S.

svg%3E

Bantalan busa ear pad HD 820 kini dilapisi dengan kombinasi material kulit sintetis dan mikrofiber untuk isolasi suara yang lebih baik. Selain itu, Sennheiser kini juga mengadopsi konektor Pentaconn 4.4mm yang dipopulerkan oleh Sony. Konektor ini sedikit lebih besar dari konektor audio 3.5mm namun diklaim mampu menghadirkan suara yang lebih seimbang dan minim distorsi.

Sennheiser HD 820 rencananya akan tersedia di kuartal kedua tahun 2018. Harga jualnya dipatok US$2400.