Quantcast
Foto & VideoGadget GuideKamera sakuNews

[Gadget Guide] Pilihan Kamera dengan Lensa Zoom Panjang yang Cocok untuk Teman Liburan

Kemampuan zoom lensa di kamera smartphone memang masih terbatas dan belum bisa menyaingi kemampuan zoom di kamera digital. Untuk itulah di artikel kali ini kami hadirkan beberapa pilihan kamera digital dengan kemampuan lensa super zoom di dua kelas yakni di kelas kamera saku dan kamera prosumer yang bisa diandalkan untuk memotret dari jarak jauh saat liburan nanti.

Kamera saku

1. Canon PowerShot SX730 HS

Canon Powershot SX730HS 3
Canon PowerShot SX730 HS memang tidak membawa banyak pembaruan dari versi lawasnya PowerShot SX720 HS. Kendati demikian, keduanya tetap menjagokan lensa yang sama.

Kamera ini dipersenjatai dengan lensa berkemampuan zoom optical hingga 40x yang setara dengan lensa 24-960mm. Untuk mendukung kemampuan zoom lensanya ini tidak lupa Canon menambahkan fitur Zoom Framing Assist untuk mempermudah pencarian fokus di posisi zoom maksimal dan image stabilization untuk meminimalkan blur akibat goyangan tangan.

Tidak hanya punya lensa yang sangat bisa diandalkan untuk memtoret dari jarak jauh, SX730HS juga telah dilengkapi dengan layar yang bisa dilipat keatas untuk mengakomodir foto selfie dan didukung dengan konektivitas WiFi, Bluetooth, serta NFC sehingga Anda bisa semakin mudah berbagi foto dari kamera ini ke smartphone untuk diunggah ke media sosial.

Cek harga: Di sini

2. SONY Cyber-shot DSC-HX90V

sony cybershot HX90V 2
Menyasar segmen kamera superzoom, kamera ini dipersenjatai dengan lensa Vario-Sonnar T* 24mm dari pabrikan Carl Zeiss yang mampu melakukan optical zoom hingga 30x.

Untuk mendukung kemampuan zoom lensanya, Sony menambahkan fitur Clear Image digital zoom jadi kemampuan zoom lensanya masih bisa ditingkatkan hingga 60x.

Keunggulan lain, HX90V juga telah memiliki Fitur Optical Steady Shot yang menawarkan penyetabil gambar 5-axis dan punya jendela bidik OLED Tru-Finder yang bisa disembunyikan untuk membantu mengambil gambar.

Cek harga: Di sini

3. Panasonic Lumix DMC-TZ80

panasonic DMC ZS60 1
Panasonic Lumix DMC-TZ80 mengunggulkan kemampuan zoom lensa yang panjang dengan bodi lebih kecil dan ringan.

Bodinya yang hanya berbobot hanya 311 gram mengemas lensa dengan kemampuan zoom 30x atau setara lensa 24-720mm.

Selain bisa membidik subyek dari jarak jauh kamera ini juga sanggup merekam video hingga resolusi 4K dengan dukungan fitur optical image stabilization 5 axis untuk hasil foto yang minim goyangan.

Panasonic juga menghadirkan beberapa fitur andalannya. Seperti fitur 4K Photo yang bisa menghasilkan foto 8 megapixel dari rekaman video 4K, dan mendukung fitur Post Focus yang memungkinkan pengguna mengatur area fokus setelah foto diambil.

Cek harga: Di sini

4. Nikon Coolpix A900

nikon coolpix a900
Jika Panasonic Lumix DMC-TZ80 mengadopsi desain yang kecil dan ringan, Coolpix A900 dari Nikon hadir dengan rancangan bodi yang lebih langsing.

Walau begitu, kamera ini sanggup mengemas lensa NIKKOR berkemampuan zoom optical 35x. Jika kurang, tersedia juga fitur Dynamic Fine Zoom yang memungkinkan kemampuan zoom lensanya ditambah secara digital hingga 70x.

Fitur lain yang ditawarkannya mencakup koneksi WiFi, NFC, dan Bluetooth yang mendukung fitur Nikon Snapbridge, layar 3 inci yang bisa dilipat keatas untuk permudah foto selfie dan dukungan kemampuan rekam video di resolusi 4K 30fps.

Cek harga: Di sini

Kamera Prosumer

1. Canon Powershot G3X

canon powershot G3 X 1
Canon PowerShot G3X dipersenjatai lensa berkemampuan optical zoom hingga 25x atau setara dengan lensa 24-600mm. Untuk mempermudah pengguna, Canon juga telah menyertainya dengan fitur Zoom Framing Assist dan fitur Dynamic Image Stablitisation (IS) yang bisa mengoptimalkan pengambilan gambar yang lebih stabil saat merekam video. Kamera ini bisa diandalkan untuk merekam video hingga resolusi Full HD 1080p.

Selain itu, PowerShot G3 X juga telah dilengkapi Wi-Fi, NFC dan bodinya dilapisi bahan karet yang tahan air dan debu seperti yang ditemukan pada kamera EOS seri menengah.

Cek harga: Di sini

2. Panasonic Lumix DMC-FZ2500

panasonic FZ2500 3
Jika Panasonic DMC-FZ1000 menggunakan lensa 25-400mm, Panasonic Lumix DMC-FZ2500 kini hadir dengan lensa Leica DC Vario Elmarit dengan kemampuan zoom optical 20x yang setara lensa 24-480mm. Kemampuan memotretnya juga didukung fitur ND Filter terintegrasi yang akan sangat membantu saat memotret di kondisi cahaya yang sangat terang.

Selain mengandalkan kemampuan zoom lensa yang panjang, kamera ini juga menjagokan fitur perekaman video kelas profesional dengan dukungan fitur penstabil hibrid 5 axis yang aktif di modus video.

Untuk merekam video Lumix DMC-FZ2500 mampu merekam video 4K format Cinema 4096 x 2160 di 24fps dan QFHD 4K 3840 x 2160 hingga 30fps dengan format MOV/MP4. Perekaman video Full HD dengan bit rate yang sangat tinggi 200Mbps atau 100Mbps dan perekaman video gerakan lambat atau cepat juga didukungnya.

Cek harga: Di sini

3. Nikon Coolpix P900

nikon coolpix P900 1
Nikon Coolpix P900 adalah kamera dengan zoom lensa paling impresif di artikel ini.

Untuk memtoret Nikon Coolpix P900 dipersenjatai lensa dengan kemampuan zoom optical hingga 83x atau setara lensa 24-2000mm. Bahkan, kemampuan zoom lensanya masih bisa ditingkatkan hingga 166x dengan fitur zoom digital Dynamic Fine Zoom.

Teknologi Dual Detect Optical VR yang dimilikinya juga menjadi salah satu keunggulan Nikon Coolpix P900. Pasalnya, teknologi ini mampu mengurangi hasil bidikan yang blur akibat tangan yang goyang dengan menstabilkan kamera hingga sekitar 5 stop.

Selain itu, lensanya tersebut telah dilengkapi dengan tombol snap-back zoom untuk mempermudah pengguna menentukan komposisi saat membidik subjek di posisi zoom maksimal. Fitur lain yang dimilikinya mencakup dukungan GPS, WiFi, NFC, layar 3 inci yang bisa dilipat dan diputar dan dukungan perekaman video di resolusi Full HD.

Cek harga: Di sini

4. Panasonic Lumix DMC-FZ300

panasonic lumix FZ300 2
versi hemat Panasonic Lumix DMC-FZ2500 ini datang dengan lensa LEICA DC VARIO-ELMARIT dengan kemampuan zoom optical 24x atau setara dengan lensa 25mm-600mm. Untuk menyokong lensa tersebut, dukungan teknologi Hybrid O.I.S. system juga dihadirkan agar hasil foto bisa tetap tajam meski memotret tanpa bantuan tripod.

Seperti Panasonic Lumix DMC-FZ2500, Panasonic Lumix DMC-FZ300 juga mampu merekam video hingga resolusi 4K. Bedanya, opsi perekaman videonya tidak selengkap Panasonic Lumix DMC-FZ2500. Sebagai pelengkap, kamera ini telah dilengkapi jendela bidik elektronik, layar fleksibel 3 inci dan punya koneksi WiFi.

Cek harga: Di sini

5. SONY Cyber-shot DSC-HX350

sony HX350 1
HX350 dipersenjatai lensa dengan kemampuan zoom optical hingga 50X atau setara lensa 24mm-1200mm. Kemampuan lensa ZEISS Vario-Sonnar T* tersebut juga masih bisa ditingkatkan secara digital lewat bantuan fitur Clear image Zoom 100X. Untuk mendukung kinerja zoom lensanya, Sony menambahkan fitur Optical SteadyShot dan Intelligent Active Mode untuk meminimalkan blur dan memastikan agar bidikan foto tetap tajam.

Fitur lain yang ditawarkan, kamera ini telah dilengkapi dengan fitur perekaman video Full HD 24p, layar LCD fleksibel 3 inci, dan bisa memotret tanpa henti dengan kecepatan 10fps. Sayangnya, kamera ini belum dilengkapi dengan koneksi WiFi atau NFC untuk terhubung ke perangkat smartphone.

Cek harga: Di sini

Back to top button