Mengenal Fitur Portrait Lighting yang Menjadi Andalan iPhone 8 Plus dan iPhone X

Tahun lalu kemunculan iPhone 7 Plus dibarengi dengan fitur eksklusif bernama Portrait mode. Fitur untuk menunjang kamera ganda iPhone 7 Plus ini memungkinkan pengguna menghasilkan foto dengan efek bokeh di belakang subyek.

svg%3E

Nah, kemunculan iPhone 8 dan iPhone X yang baru saja resmi digelar beberapa hari lalu juga dibarengi dengan tambahan satu fitur eksklusif yaitu Portrait Lighting.

Lewat Portrait Lighting Apple nampaknya akan kembali menaikkan standar fotografi smartphone. Pasalnya, kehadiran fitur ini akan semakin mempermudah pengguna untuk menghasilkan foto portrait dengan kualitas pencahayaan kelas profesional hanya menggunakan iPhone tanpa perlu tambahan aksesoris atau software.

Untuk mengenal lebih jauh fitur Portrait Lighting Anda bisa menemukan jawabannya di artikel berikut ini.

Apa itu Portrait Lighting?

Portrait Lighting adalah fitur terbaru untuk kamera iPhone yang merupakan pengembangan dari fitur Portrait Mode yang diluncurkan Apple tahun lalu.

svg%3E

Seperti Portrait Mode, Portrait Lighting juga memanfaatkan kecanggihan kamera ganda dari iPhone. Bedanya, Portrait Lighting disokong prosesor generasi terbaru Apple yakni A11 Bionic. Dengan demikian, hanya iPhone 8 Plus dan iPhone X saja yang bisa mencicipi fitur ini. Opsi Portrait Lighting bisa ditemukan di Portrait Mode pada aplikasi Camera iOS 11 di iPhone 8 Plus dan iPhone X.

Berbeda dengan Portrait Mode

Meski menjadi bagian Portrait Mode di aplikasi Camera iOS 11, Portrait Lighting dan Portrait Mode adalah 2 fitur yang berbeda. Portrait Mode dihadirkan untuk menghadirkan efek bokeh di belakang subyek seolah-seolah seperti memotret menggunakan kamera DSLR dengan lensa berdiafragma besar.

svg%3E

Sementara Portrait Lighting lebih fokus pada pencahayaan. Untuk menghasilkan foto portrait yang sempurna, fotografer profesional biasanya menggunakan alat tambahan seperti soft boxes, lighting atau lampu tambahan. Untuk itulah fotografer wajib paham dan menguasi teknik penataan cahaya dan pengambilan foto portrait.

Dengan Portrait Lighting ini, Apple mencoba untuk mengeliminasi semua kerepotan tersebut karena pengguna dimungkinkan untuk merekayasa pencahayaan pada subyek.

Ini artinya siapa saja kini bisa menghasilkan foto portrait dengan efek pencahayaan yang lebih dramatis dan sempurna hanya dengan iPhone tanpa perlu repot menggunakan aksesori, tambahan lampu atau aplikasi apapun.

Cara kerja Portrait Lighting

Memanfaatkan kamera ganda dan prosesor yang digunakannya, Portrait Lighting bekerja lewat 3 fase yakni pemetaan kedalaman atau Depth Map, Facial Landmarks, dan Lighting Effect yang semuanya bekerja secara real time.

svg%3E

Di fase Depth Map, saat mengambil foto dengan Portrait Lighting kamera secara otomatis akan menganalisa subyek dan langsung memisahkan subyek dengan latar di belakangnya.

Kemudian di fase Facial Landmarks, struktur wajah subyek akan diidentifikasi yang mencakup titik tertinggi dan highlights atau area pencahayaan paling terang di wajah subyek. Setelah teridentifikasi kemudian secara otomatis pencahayaan akan diatur menyesuaikan struktur wajah subyek.

Berlanjut ke fase Lighting Effect, di fase inilah Anda dimungkinkan untuk merekayasa pencahayaan pada subyek.

svg%3E

Apple telah menyediakan beberapa efek pencahayaan yang bisa dipilih sesuai selera seperti misalnya contour light, natural light, atau stage light. Dikatakan Apple, Lighting Effects ini bukanlah filter seperti yang ditemukan di Instagram atau aplikasi olah foto lain. Ini karena Portrait Lighting memang bekerja secara realtime menganalisa pencahayaan di wajah subyek. Jadi, meski hanyalah sebuah rekayasa pencahayaan secara digital hasil akhirnya bisa tetap terlihat natural.

Cara menggunakan Portrait Lighting

Untuk menggunakan fitur ini tentu saja sebelumnya Anda wajib memiliki iPhone 8 atau iPhone X terlebih dahulu.

svg%3E

Kemudian, buka aplikasi Camera lalu pilih Portrait Mode. Tentukan komposisi lalu pilih beragam Lighting Effects yang tersedia. Setelah mendapatkan efek pencahayaan yang sesuai, Anda bisa menekan tombol shutter untuk mengambil foto.

Kabar baiknya, Anda tetap bisa memilih opsi Lighting Effects ini setelah foto diambil untuk kemudian mengubah efek pencahayaan pada subyek.

Penasaran ingin mencoba? Jika iya tentu saja mulai sekarang Anda wajib menabung untuk bisa membawa pulang iPhone 8 Plus atau iPhone X. Untuk perkiraan harga iPhone 8 Plus dan iPhone X di Indonesia bisa dilihat di tautan berikut ini.