[IFA 2017] Sony RX0: Kamera Mungil Tangguh Untuk Para Videografer dan Fotografer Profesional

Sony kembali mendobrak dunia fotografi dan videografi. IFA 2017 kali ini menjadi saksi kehadiran Sony RX0, kamera mungil tangguh perdana dari Sony yang hadir untuk menyasar segmen fotografer dan videografer profesional.

svg%3E

Sony RX0 hadir dengan bentuk yang sangat kecil. Dimensi bodinya 61 × 40.6 × 30.5mm dengan bobot hanya 110.6 gram. Bodinya juga sangat tangguh dengan kemampuan anti air hingga 10 meter, tahan bantingan dari ketinggian 2 meter dan sanggup menahan beban hingga 200 Kg.

Uniknya, meski hadir dengan rancangan bodi tangguh dan bodi yang seukuran kamera aksi, Sony tidak memposisikan Sony RX0 sebagai kamera aksi. Jadi jelas kamera ini memang diciptakan bukan untuk bersaing dengan GoPro.

Di bagian depan RX0 bisa ditemukan lensa Tessar T* 24mm f/4 dari pabrikan Carl Zeiss. Tepat di belakang lensanya Sony memasang sensor CMOS EXMOR RS berukuran 1 inci yang resolusinya 15.3 megapixel.

svg%3E

svg%3E

Disokong kinerja prosesor BIONZ X kamera ini menyediakan pengaturan ISO maksimum hingga 12,800 dan bisa menghasilkan foto dalam format RAW. RX0 juga menawarkan kecepatan rana kamera maksimum hingga 1/32000 dengan fitur shutter anti distorsi dan bisa memotret tanpa henti dengan kecepatan 16 frame per detik.

Untuk para penggiat videografi, RX0 sanggup menghasilkan video hingga resolusi Full HD 1080p di 60fps. Atau, bisa juga merekam video 4K dengan tambahan recorder eksternal. Sejumlah fitur perekaman video kelas profesional juga bisa ditemukan di sini. Diantaranya, mode rekam video gerakan lambat hingga 1000fps, opsi Preset Focus, Picture Profile, MF Assists dan Peaking, S-Log2, dan fitur Time Code / User Bit.

svg%3E

Satu hal yang menjadikan RX 0 sangat menarik adalah kemampuannya yang bisa terhubung dengan kamera RX 0 yang lain. Kamera ini bisa digunakan untuk menciptakan konten yang lebih kreatif seperti misalnya membuat video dengan gaya bullet time, time-slice dan masih banyak lagi.

Dengan tambahan Sony FA-WRC1M, Anda bisa mengendalikan hingga 15 Sony RX 0 di waktu yang sama. Sementara lewat aplikasi Sony Play Memories Mobile Anda bisa mengendalikan hingga 5 Sony RX 0 di waktu yang sama hanya dengan mengandalkan smartphone atau tablet.

Sony RX0 akan tersedia mulai bulan Oktober 2017. Harga jualnya dipatok US$700.