[IFA 2017] Lenovo Perkenalkan Explorer, Headset Windows Mixed Reality

Lenovo memamerkan perangkat yang menarik di ajang IFA 2017 Berlin beberapa waktu yang lalu. Bukan PC atau smartphone, melainkan headset Windows Mixed Reality yang diberi nama Explorer.

Dua panel LCD

svg%3E

Sekadar informasi, headset Mixed Reality menggabungkan teknologi antara Virtual Reality dan Augmented Reality. Sebelumnya, sudah ada beberapa brand yang memperkenalkan perangkat serupa, misalnya Acer.

Konsep yang dihadirkan oleh Lenovo Explorer pun tak berbeda. Lenovo membenamkan dua panel LCD dengan resolusi 1440 x 1440 pixel (di kiri dan kanan), yang ketika digabungkan resolusinya menjadi 2880 x 1440 pixel. Headset ini juga memiliki dua buah kamera untuk menangkap gambar dari luar.

Lenovo Explorer dapat terkoneksi ke PC berbasis Windows 10 melalui port USB dan kabel HDMI. Ketika terhubung, pengguna nantinya bisa menikmati pengalaman yang merupakan penggabungan VR dengan dunia nyata dalam berbagai format, seperti games, video 360 derajat, program berbasis AR, dan sebagainya.

svg%3E

svg%3E

Sensor untuk mendeteksi gerakan

Headset ini juga dibekali berbagai sensor yang terintegrasi, sehingga pengguna bisa bergerak bebas di area dengan luas hingga 3,5 meter, tanpa membutuhkan alat pendeteksi eksternal lainnya.

Soal desainnya sendiri, Lenovo mengklaim Explorer dirancang untuk memberikan kenyamanan yang maksimal kepada penggunanya. Pasalnya, headset tersebut memiliki bobot yang ringan dan sangat mudah dikenakan.

Untuk memudahkan pengendalian, Lenovo nantinya akan membekali Explorer dengan Motion Controller. Sementara untuk urusang gaming, pengguna bisa memanfaatkan controller dari Xbox One.

svg%3E

Lenovo Explorer rencananya akan dijual mulai Oktober 2017 mendatang dengan harga US$349 atau sekitar 4,6 juta rupiah. Ada pula paket bundling dengan motion controller yang dibanderol US$449 atau sekitar 6 juta rupiah.