Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Asus ZenFone Live: Smartphone untuk Pecinta Live Streaming

Review Asus ZenFone Live 6
3
Cek Harga

Bicara peta persaingan smartphone Android di Indonesia, Asus masih menjadi salah satu nama yang memiliki popularitas cukup tinggi di kalangan pengguna. Walaupun mendapat gempuran dari brand-brand yang mengedepankan fitur selfie sebagai nilai jual utama, Asus tetap percaya diri dengan rangkaian produknya.

Melihat tren eksis di dunia maya yang semakin tinggi, Asus mencoba menggaet pasar melalui ZenFone Live. Smartphone pertama Asus dengan fitur Real-Time Beautification ini ditujukan khusus untuk pecinta live streaming. Harganya pun cukup terjangkau.

Penasaran seperti apa keunggulannya Asus ZenFone Live? Simak ulasan kami:

Ringan dengan bodi berlapis metallic coatingASUS ZenFone Live 1Asus ZenFone Live memang masuk ke kelas entry-level. Karena itu, tak heran jika Asus masih menggunakan material plastik di sekujur bodinya. Namun untuk menambah estetika, Asus melapisi bodi ZenFone Live dengan metallic coating. Hasilnya, nuansa semi premium sedikit terasa di smartphone ini.

Dari segi dimensi, ZenFone Live adalah sebuah smartphone yang ringkas. Tampilannya sederhana dengan ketebalan bodi 7,95mm. Dengan tubuh yang ramping ditambah sudut-sudut ergonomis yang cukup cantik serta balutan warna Rose Pink (versi yang kami review), kesan feminim menjadi sangat menonjol.

Smartphone ini mungkin lebih pas digunakan oleh wanita, terutama anak muda atau remaja. Apalagi bobotnya tergolong ringan, hanya 120 gram. Enak untuk digenggam dan saat dimasukkan ke dalam saku celana, seperti tidak sedang membawa smartphone.

ZenFone Live mengusung desain unibody. Di sisi sebelah kiri, Anda akan menemukan slot SIM-card yang bisa disisipkan dua kartu sekaligus, atau satu kartu SIM dan satu microSD (hybrid). Yang lebih disayangkan, ZenFone Live belum dibekali sensor sidik jari.

Layar cukup terang di bawah sinar matahari

Smartphone ini memiliki layar 5 inci dengan resolusi HD alias 720p, yang dilapisi kaca 2.5D. Tergolong lumayan mengingat ZenFone Live adalah produk yang dibanderol dengan harga terjangkau. Tampilan gambarnya tajam dengan keluaran warna yang cukup baik khas layar berteknologi IPS.

Disekeliling layar tersebut masih ada bezel berwarna hitam. Meski begitu, ukurannya tidak tebal sehingga bagi kami masih bisa ditoleransi. Secara keseluruhan, tidak ada yang spesial dari layar ini. Lumayan untuk kebutuhan penggunaan sehari-hari seperti browsing, chatting, menonton video, atau bermain games. Penggunaan di bawah sinar matahari pun nyaman.

Untuk sektor audio, Asus membenamkan fitur AudioWizard yang memungkinkan Anda untuk memilih mode seperti Movie, Gaming, Music, Outdoor, Smart, dan Vocal. Anda pun bisa mengatur sendiri tingkat bass dan treble, serta mengaktifkan Dialog Enhancement agar perbincangan terdengar lebih jernih.

OS masih Marshmallow

Seperti beberapa smartphone Asus lainnya, ZenFone Live mengadopsi user interface ZenUI yang sayangnya masih berbasis Android 6.0.1 Marshmallow, tanpa ada informasi apakah akan di-update ke Nougat atau tidak. UI tersebut diracik agar lebih sederhana dan ringan. Beberapa bloatware masih akan Anda temukan di sini.

Asus juga membenamkan beberapa fitur bawaan yang cukup berguna, misalnya ZenMotion yang berisi fitur gesture untuk membuka aplikasi dengan cara menggambar huruf tertentu di layar, maupun Double Tap untuk mengaktifkan layar. Untuk mengambil screenshot, Anda bisa menahan tombol Recent Apps kapasitif di bawah layar selama 2 detik.

Selain itu, ZenFone Live pun memiliki Easy Mode untuk mengubah tampilan UI menjadi super sederhana. Ada pula Kids Mode jika Anda tidak ingin anak-anak mengakses hal-hal yang belum sesuai umurnya.

Kamera dengan Live Beautification

Review Asus ZenFone Live 4

Asus ZenFone Live memiliki kamera belakang dengan sensor 13 megapixel lengkap dengan autofocus dan LED flash. Sementara untuk selfie, Anda bisa memanfaatkan kamera 5 megapixel di depan yang juga ditemani lampu flash untuk pemotretan di kondisi cahaya temaram.

Fitur yang menjadi penawaran utama Asus ZenFone Live real-time beautification, yang dapat ‘memoles’ wajah Anda menjadi lebih cantik saat live streaming. Melalui aplikasi BeautyLive, Anda bisa memanfaatkan fungsi beautify ini ketika sedang siaran di Facebook, Instagram, serta YouTube.

Interface-nya sederhana. Anda bisa dengan mudah menaikkan atau menurunkan level beautification sesuai kebutuhan hanya dengan menggeser dari 0 hingga 10. Kapanpun Anda ingin eksis di media sosial, real-time beautification dapat membantu mempermulus wajah tanpa harus repot memakai makeup berlebihan. Ingat, belum tentu mempercantik!

Dengan BeautyLive, kemungkinan mendapatkan tanggapan positif dari para penonton pun semakin besar. Asus juga membenamkan dual MEMS Microphones untuk menghilangkan suara-suara mengganggu dari lingkungan sekitar dan meningkatkan kualitas tangkapan suara dari si pengguna.

Lalu, bagaimana dengan hasil fotonya? Menurut kami kurang memuaskan baik melalui kamera belakang atau kamera depan. Di kondisi cahaya yang terang pun gambar yang disajikan tidak tajam. Selain itu, reproduksi warnanya terkadang kurang akurat. Sulit untuk mendapatkan hasil yang baik dengan mode Auto. Apalagi di kondisi cahaya temaram.

Berikut adalah beberapa foto yang kami abadikan menggunakan Asus ZenFone Live:

Hasil Foto Asus ZenFone Live (5)

Hasil Foto Asus ZenFone Live (1)

Hasil Foto Asus ZenFone Live (4)

Hasil Foto Asus ZenFone Live (6)

Performa seadanya

Asus memang tidak menjelaskan secara rinci SoC yang digunakan pada ZenFone Live. Namun menurut aplikasi CPU-Z, smartphone ini mengandalkan SoC yang cukup lawas, yakni Qualcomm Snapdragon 400/410 dengan prosesor quad-core Cortex-A53 berkecepatan 1.4 GHz dan GPU Adreno 306. RAM yang dibenamkan berkapasitas 2 GB, sementara memori internal 16 GB lengkap dengan slot microSD (Hybrid).

Kombinasi di atas memang terlihat kurang menjanjikan. Karena itu, tak perlu berharap banyak ZenFone Live dapat memberikan performa bertenaga, apalagi untuk menjalankan game-game 3D berat. Untungnya, untuk kebutuhan sehari-hari masih lumayan lancar dan beberapa game 3D (seperti Asphalt 8) memiliki opsi untuk menurunkan kualitas visual agar lebih ringan.

Kami menjalankan beberapa aplikasi benchmark yang kami unduh gratis di Google Play Store. Inilah hasil pengujiannya:

Baterai cukup (dengan penggunaan normal)

Di sektor daya, Asus ZenFone Live dipersenjatai baterai 2650 mAh. Ukuran yang tidak terlalu besar, namun mengingat hardware lain yang ditanamkan pun tidak rakus daya, (seharusnya) baterai ini cukup untuk mendukung aktivitas Anda seharian.

Tapi perlu digarisbawahi, gaya pemakaian kami tidak terlalu aktif, alias normal-normal saja. Ketika digunakan untuk browsing, chatting, dan terkadang mengakses media sosial, ZenFone Live kami dapat menyala sejak pagi hingga sore hari (sekitar 7 hingga 8 jam).

Tak lupa kami sajikan hasil pengujian baterai menggunakan aplikasi PCMark Battery Test work 2.0:

Kesimpulan

Jujur saja, kami agak bingung untuk menyimpulkan kesan yang kami dapat selama menggunakan smartphone ini. Bisa dibilang, secara keseluruhan Asus ZenFone Live menurut kami bukan pilihan terbaik yang bisa Anda dapatkan di kisaran harganya, apalagi jika Anda adalah seorang pria yang lebih mementingkan sektor performa.

Smartphone ini memang punya keunggulan, seperti bobot yang ringan, desain yang ramping, dan pastinya BeautyLive (yang belum tentu menjamin seseorang akan tampil lebih cantik di depan kamera). Akan tetapi, jika melihat harga jualnya, masih banyak alternatif lainnya yang menawarkan setidaknya SoC generasi yang lebih baru, dan kualitas kamera yang lebih baik.

Dibanderol Rp1.799.000, Asus ZenFone Live cocok untuk Anda para wanita muda yang gemar siaran langsung di media sosial dan ingin selalu tampil dengan wajah putih dan mulus.

Yang Canggih:

+ Bodi ponsel ramping dan ringan
+ BeautyLive yang terhubung ke Facebook, Instagram, dan YouTube
+ Kamera depan didukung LED Flash
+ Layar cukup terang di bawah sinar matahari

Yang Kurang:

– Performa kurang bertenaga
– Tidak ada sensor sidik jari
– Slot SIM-card hybrid

[table]Spesifikasi;Asus ZenFone Live
Layar;IPS 5 inci 720p
SoC;Qualcomm Snapdragon 400/410 quad-core
RAM;2 GB
Memori internal;16 GB
Kamera belakang;13 megapixel dengan autofocus & LED flash
Kamera depan;5 megapixel dengan autofocus & LED flash
Baterai;2650 mAh
Konektivitas;4G LTE, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0, GPS
Sistem operasi; Android 6.0.1 Marshmallow (ZenUI)
Fitur;BeautyLive
Dimensi;141.2 x 71.7 x 8 mm (berat 120 gram)
[/table]
Review Asus ZenFone Live 6
Review Asus ZenFone Live
Cocok untuk Anda yang ingin selalu tampil cantik saat siaran langsung di media sosial
3
Cek Harga

Artikel terkait

Back to top button