Telkomsel Luncurkan PETANI, Program E-Agrikultura dengan Dukungan Teknologi Seluler dan IoT

Telkomsel mengumumkan program CSR (Corporate Social Responsibility) terbaru mereka di tahun 2017 ini. Diberi nama PETANI (Peduli Tani Anak Negeri), sesuai namanya program e-agrikultura tersebut ditujukan untuk memberdayakan komunitas petani di Indonesia.

Manfaatkan teknologi seluler dan IoT

svg%3E

PETANI merupakan program yang digarap oleh dua startup pemenang dan finalis ajang The Nextdev 2016, yakni Habibi Garden dan Eragano, untuk memberikan solusi kepada petani dengan memanfaatkan teknologi khusus seluler dan IoT (Internet of Things). Habibi Garden dipercaya oleh Telkomsel untuk mengembangkan solusi dengan cara memanfaatkan jaringan telkomsel untuk memonitor kondisi tanaman secara real-time.

Sementara bersama Eragano, Telkomsel mencoba memberikan solusi dari hulu ke hilir kepada petani dengan cara menghadirkan ahli pertanian melalui pemanfaatan platform digital. Program PETANI nantinya diharapkan bisa meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya, dan meminimalisir kemungkinan gagal tanam.

svg%3E

Pada tahap awal, Telkomsel akan menerapkan PETANI di Lampung dan Garut. Dengan luas areal laha mencapai 9 hektar dan melibatkan dua kelompok petani, PETANI menerapkan sistem otomasi pada mekanisme pengairan, pemupukan, intensitas cahaya, serta penggunaan sensor pembaca kondisi tanah sebanyak 560 unit.

Kembali gelar The Nextdev 2017

Dalam acara temu pers yang digelar di Jakarta, (19/6), Telkomsel tak lupa mengumumkan soal kelanjutan dari program CSR mereka sebelumnya yang akan terus berjalan, seperti IndonesiaNEXT, #InternetBAIK, dan Telkomsel Digital Campus.

Tak ketinggalan, ajang The Nextdev 2017 pun akan terus diselenggarakan. Gelaran yang mengusung tema Karya Anak Bangsa untuk Solusi Indonesia ini diharapkan mampu mendorong para developer muda di Tanah Air untuk mewujudkan ide mereka di berbagai kategori yang disebut HEAT, yakni Health, Education, Agriculture, dan Transportation.

Verified by MonsterInsights