Quantcast
Gadget GuideMobile GadgetNewsSmartphone

[Gadget Guide] 8 Smartphone dengan Baterai Besar untuk Teman Mudik

Ramadan tahun ini segera berakhir. Menjelang Lebaran, tentunya sebagian besar dari Anda sudah merencanakan mudik ke kampung halaman. Nah, karena perjalanan mudik yang panjang dan memakan waktu, Anda harus menyiapkan banyak hal sebelum berangkat, termasuk soal smartphone yang akan Anda bawa untuk menemani hingga sampai di tujuan.

Jika Anda tidak mau repot membawa power bank yang berat, solusi yang paling masuk akal adalah Anda harus menggunakan smartphone dengan baterai besar. Di Indonesia sendiri sudah banyak smartphone-smartphone yang mengandalkan daya tahan baterai sebagai nilai jual utama.

Tak perlu bingung memilih, karena kami sudah siapkan beberapa rekomendasi yang patut Anda simak:

(Catatan: Kami tidak sekadar menjadikan baterai besar sebagai fokus penilaian. Spesifikasi dan fitur lainnya pun kami pertimbangkan)

1. Asus ZenFone 3 Max ZC553KL (Rp2.999.000)

Smartphone yang satu ini merupakan seri lanjutan dari generasi sebelumnya yang juga menawarkan baterai besar. Lewat ZenFone 3 Max, Asus menjanjikan daya tahan baterai yang mumpuni berkat kapasitas 4100 mAh, dalam sebuah bodi berdesain menawan.

Dari hasil pengujian kami, ZenFone 3 Max mampu bertahan hingga satu hari penuh atau bahkan hingga keesokan harinya (tergantung berbagai kondisi). Bahkan, smartphone ini juga bisa digunakan sebagai power bank untuk mengisi daya gadget lainnya memanfaatkan OTG adapter.

Soal spesifikasi lainnya, ZenFone 3 Max ZC553KL dibekali layar IPS 5,5 inci Full HD, Snapdragon 430, RAM 3 GB, memori internal 32 GB (ada slot microSD), kamera belakang 16 megapixel yang hasil jepretannya cukup bagus, serta kamera depan 8 megapixel.

2. Lenovo K6 Power (Rp2.399.000)

Lenovo K6 Power all colors

Bicara soal smartphone dengan baterai besar, nama Lenovo jelas tak mungkin terlewatkan. Lenovo sering menghadirkan banyak smartphone dengan baterai yang bisa di andalkan. Untuk tahun ini, yang terbaru adalah Lenovo K6 Power.

Smartphone tersebut dibekali baterai 4000 mAh yang dijanjikan mampu bertahan hingga lebih dari satu hari. Soal spesifikasi lainnya, Lenovo K6 Power mengandalkan layar 5 inci Full HD, Snapdragon 430, RAM 3 GB, dan memori internal 32 GB. Kamera belakangnya 13 megapixel dan kamera depannya 8 megapixel.

Hadir dengan fitur hiburan yang lengkap untuk menemani Anda selama mudik, Anda akan disuguhkan fitur-fitur seperti audio dengan virtualized surround sound 360 derajat dari Dolby Atmos, maupun TheaterMax untuk VR. Jadi tidak hanya bisa menyala lebih lama, K6 Power juga bisa membuat perjalanan mudik lebih seru!

3. Lenovo K6 Note (Rp2.799.000)

lenovo K6 note press image

Sama-sama dibekali baterai 4000 mAh, saudara Lenovo K6 Power ini menawarkan beberapa perbedaan yang membuatnya terlihat menggiurkan. Dengan selisih harga Rp400.000, Lenovo K6 Note menyuguhkan layar yang lebih besar yakni 5,5 inci, RAM yang lebih lega yakni 4 GB, serta kamera belakang yang kini menggunakan sensor 16 megapixel lengkap dengan Phase Detection Autofocus serta LED flash.

4. Xiaomi Redmi Note 4 (Rp2.399.000)

Redmi Note 4 feat image

Xiaomi Redmi Note 4 hadir sebagai opsi yang tak kalah memukau dibanding smartphone lainnya di kategori baterai besar. Apalagi, seri Xiaomi yang satu ini termasuk yang sudah memiliki garansi resmi di Indonesia.

Jika memilih Redmi Note 4, Anda akan mendapatkan smartphone dengan baterai 4100 mAh yang memiliki layar IPS 5,5 inci Full HD, SoC Qualcomm Snapdragon 625 octa-core, RAM 3 GB, dan memori internal 32 GB lengkap dengan slot microSD. Kombinasi yang menarik jika dilihat dari harganya.

Soal daya tahan baterainya sendiri, hasil pengujian kami membuktikan Redmi Note 4 bisa menyala hingga 2 hari. Kamera belakang 13 megapixel dan kamera depan 5 megapixel-nya pun lumayan, walaupun hasil jepretannya tidak bisa dibilang istimewa.

5. Xiaomi Redmi 4X (Rp2.099.000)

Redmi 4X

Dari beberapa smartphone yang masuk dalam daftar kami, mungkin ini yang paling terjangkau. Redmi 4X hadir dengan kapasita baterai yang sama dengan Redmi Note 4. Bedanya, smartphone ini menggunakan Qualcomm Snapdragon 435 dan layar yang lebih kecil yakni 5 inci. Tinggal bagaimana Anda memilih sesuai kebutuhan.

6. Lenovo P2 Turbo (Rp4.499.000)

Lenovo P2 Turbo 6

Baterai 4100 mAh masih kurang? Kalau begitu, Anda harus melirik Lenovo P2 Turbo yang menawarkan baterai super besar, 5100 mAh, lengkap dengan fitur rapid charger 24W yang mampu mengisi daya untuk pemakaian hingga 10 jam hanya dengan charging selama 15 menit.

Yang lebih menarik, dari kondisi baterai 100 persen Lenovo mengkalim P2 Turbo bisa menyala hingga 3 hari! Cocok untuk Anda yang mudik ke tempat-tempat jauh menggunakan jalur darat. Bahkan, jika baterai mau habis, P2 Turbo memiliki sebuah switch khusus yang terletak di sisi bodinya, untuk mengaktifkan mode power saver (hemat daya).

Layar smartphone ini berukuran 5,5 inci, Super AMOLED dengan resolusi Full HD 401 ppi. Sementara performanya didukung SoC Qualcomm Snapdragon 625 octa-core yang dikenal irit daya, RAM 4 GB, serta memori internal 32 GB lengkap dengan slot microSD. Untuk kamera, ada sensor Sony IMX258 13 megapixel di belakang dan 5 megapixel di depan.

7. Oppo F3 Plus (Rp6.499.000)

oppo f3 plus model 3 1

Bila Anda menginginkan smartphone dengan baterai 4000 mAh dengan fitur selfie jawara, Oppo F3 Plus adalah jawabannya. Tidak hanya menjanjikan daya tahan baterai seharian plus teknologi VOOC Fast Charging, F3 Plus memiliki kamera depan ganda yang terdiri dari sensor 16 megapixel dan 8 megapixel 120 derajat untuk group selfie.

Kamera belakangnya pun bisa diandalkan. Oppo F3 Plus menggunakan sensor IMX398 16 megapixel f/1.7, yang didukung dual PDAF (Phase Detection Autofocus), OIS+, dan dual-LED flash. (Penasaran dengan hasil fotonya? Klik tautan ini)

Oppo F3 Plus Black Edition 2

Soal spesifikasi lainnya, Oppo F3 Plus menawarkan layar IPS 6 inci Full HD, SoC Snapdragon 653 yang kencang, RAM 4 GB, dan memori internal 64 GB. Jika Anda tidak suka warna Gold, Oppo juga menyediakan varian F3 Plus Black Edition yang terlihat elegan.

8. Samsung Galaxy A7 2017 (Rp5.999.000)

samsung galaxy a7 2017 depan basah

Samsung Galaxy A7 2017 hadir sebagai opsi yang berbeda karena menjadi satu-satunya dalam daftar kami yang memiliki sertifikasi IP68. Artinya, Anda juga bisa mengajak smartphone ini untuk seru-seruan selama libur Lebaran, misalnya saat sedang berenang dan bermain air di waterpark bersama keluarga.

Walaupun baterainya hanya 3600 mAh (sedikit di bawah pesaingnya), hasil pengujian kami menunjukkan bahwa Galaxy A7 2017 bisa digunakan selama satu hari penuh bahkan lebih. Desainnya pun memukau karena mengadopsi DNA dari seri premium Samsung.

Honorable Mention: Moto Z Play

Moto Z Play full

Moto Z Play memang hanya dibekali baterai 3150 mAh, alias jauh di bawah smartphone lainnya di daftar ini. Tapi kami merasa kami harus memasukkannya dalam artikel karena pada pengujian kami, Moto Z Play memiliki daya tahan baterai 1,5 hingga 2 hari! Perpaduannya dengan Snapdragon 625 yang hemat daya dan OS yang murni diyakini turut membantu baterai tahan lebih lama. Bila Anda ingin mencoba sensasi smartphone modular yang inovatif, Moto Z Play layak dilirik!

Nah, bagaimana daftar smartphone dengan baterai besar yang kami rekomendasikan di artikel ini? Mudah-mudahan tidak membuat Anda semakin bingung memilih, ya!

Back to top button