Review EZVIZ C2C Internet Camera: Kamera Pengaman Dengan Harga Terjangkau dan Fitur Cukup Lengkap

4.5

Merancang sistem keamanan di rumah bisa dengan cara yang paling mudah yaitu memasang sebuah kamera pengaman. Untuk memulainya Anda pun tidak perlu merogoh banyak uang karena saat ini telah tersedia beragam jenis kamera pengaman yang menawarkan beragam fitur menarik seperti misalnya EZVIZ C2C yang akan kami review berikut ini.

svg%3E

Desain minimalis
EZVIZ C2C Internet Camera hadir dengan desain lonjong seperti telur. Wujudnya sangat kecil, jadi tidak terlalu mencuri perhatian dan bisa dengan mudah ditempatkan di mana saja.

Bahkan, bagian dudukannya telah dilengkapi dengan magnet yang memungkinkan kamera ini bisa menempel ke permukaan besi atau logam dengan sangat kuat. Bagian engsel di lehernya juga di rancang fleksibel dan bisa diputar hingga 360 derajat.

svg%3E

Perlu diingat EZVIZ C2C Internet Camera adalah kamera pengaman berjenis indoor. Jadi Anda hanya bisa menggunakannya sebagai solusi pengaman di dalam rumah saja.

Mempertahankan desainnya yang minimalis, EZVIZ C2C tidak dilengkapi banyak tombol. Di bagian depan hanya terdapat modul lensa. Di bagian belakang bodinya bisa ditemukan sebuah tombol reset, satu slot microSD, port microsUSB untuk menyuplai daya dari adaptornya, dan speaker.

svg%3E

Sebagai pelengkapnya, EZVIZ C2C sudah dilengkapi dengan mic terintegrasi jadi kamera ini juga bisa merekam audio dan video sekaligus.

Mudah digunakan
Satu hal yang menarik dari EZVIZ C2C adalah kamera ini sangat mudah digunakan. Melakukan setup kamera ini tidak memerlukan waktu lama. Walau begitu, sebelum memulai melakukan setup perlu dipastikan Anda memiliki jaringan internet di rumah.

svg%3E

svg%3E

Untuk memulai Anda hanya perlu memasang power adapternya ke port microUSB di belakang bodi, pasang ke colokan listrik dan kamera ini akan menyala otomatis. Langkah selanjutnya unduh aplikasi EZVIZ ke smartphone lalu scan barcode yang ada di EZVIZ C2C. Kemudian, hubungkan EZVIZ C2C ke jaringan dan kamera ini bisa langsung digunakan.

Kualitas rekaman cukup baik, fitur cukup lengkap
svg%3E

Dari pengujian kami hasil rekaman video atau videonya tergolong cukup baik untuk sebuah kamera pengawas. Tentunya, ini cukup wajar mengingat kamera pengawas ini hanya dibekali sensor Progressive Scan CMOS 1/4 inci yang resolusinya 1 megapixel. Kualitas rekaman videonya bisa diatur lewat 3 opsi yang tersedia. Diantaranya basic, standard, dan Hidef. Untuk hasil rekaman dengan kualitas paling optimal opsi HiDef bisa menjadi pilihan.

Walau begitu, lensa sudut lebar 2.8mm yang digunakannya sangat menguntungkan karena memungkinkan kamera ini untuk menangkap gambar di ruangan yang ukurannya tidak terlalu besar.

svg%3E

Semua pengaturan dan kendali EZVIZ C2C bisa melalui aplikasinya yang sangat mudah digunakan. Di aplikasinya ini bisa ditemukan beragam mode penggunaan yang diantaranya rekam suara, foto atau rekam video. Lewat aplikasinya Anda pun bisa melakukan zoom hinga 8x secara digital, menyimpan foto dan video ke memori smartphone atau membagikan hasil rekaman video ke jejaring sosial seperti facebook, youtube atau Google Plus. Jika Anda memiliki lebih dari satu kamera EZVIZ C2C, aplikasinya ini juga bisa langsung menampilkan gambaran dari kamera lain di satu layar.

svg%3E

EZVIZ C2C juga telah dilengkapi dengan fitur pendukung lain untuk pengawasan seperti misalnya alarm notifikasi dan deteksi gerak. Selain itu tersedia fitur infrared yang memungkinkannya merekam di kondisi gelap. Untuk fitur infrared ini jika diaktifkan akan bekerja secara otomatis. Seperti misalnya di skenario dalam ruangan, saat lampu di ruangan hidup kamera ini akan merekam dengan hasil rekam berwarna sementara saat lampu dimatikan secara otomatis kamera ini akan merekam video hitam putih karena fitur infrarednya aktif.

Kesimpulan
Harganya yang dipatok Rp499.000 memang menjadi salah satu daya tarik dari EZVIZ C2C. Tapi tidak hanya itu saja. Faktanya, meski harga jualnya ramah dikantong, kamera pengaman ini memiliki kualitas rekam video yang cukup baik, mudah digunakan dan didukung beragam fitur yang cukup optimal untuk sistem keamanan atau pengawasan. Meski brand EZVIZ tergolong baru di Indonesia, EZVIZ yang merupakan sub brand dari Hikvision yang merupakan perusahaan manufaktur CCTV terbesar di dunia ini bisa menjadi opsi yang sangat menarik untuk solusi keamanan di ekosistem rumah pintar Anda.

Kamera Pengaman Dengan Harga Terjangkau dan Fitur Cukup Lengkap
4.5