[Review] Menguji Kamera Oppo F3, Smartphone untuk Penggemar Selfie

svg%3E
4.2
Handal untuk Fotografi

Walaupun smartphone memiliki banyak fungsi, tapi ada satu fitur yang diprioritaskan banyak pengguna yaitu kemampuan kamera. Setelah sukses dengan F1s, Oppo merilis F3 sebagai penggantinya. svg%3E

Ada beberapa peningkatan yang diusung Oppo F3 dari F1s seperti resolusi layar yang kini sudah Full HD, prosesor baru, kamera depan ganda, tombol home solid-state, serta kamera utama 13 megapixel. Kali ini kami hanya akan mengulas kemampuan kameranya saja.

Dual-selfie camera seperti pada F3 Plus

Fitur baru yang paling menarik dari Oppo F3 tentunya adalah kamera ganda di sisi depan. Dual-selfie camera ini sama seperti di smartphone Oppo di kelas lebih tinggi yaitu Oppo F3 Plus.

svg%3E

Dengan dua kamera depan, Oppo F3 dapat merekam foto 16 megapixel dalam sudut standar dan foto 6 megapixel dalam sudut ekstra lebar. Setelah dicoba, ternyata hasil foto dari kamera depan Oppo F3 memang identik dengan Oppo F3 Plus.

Pada mode Wide-Selfie, kamera depan akan mampu merekam lebih banyak subyek dan obyek dalam satu frame. Sebagai catatan, sudut pengambilan gambar perlu diperhatikan agar tidak ada tangan memanjang pada saat mode wide selfie. Perubahan lain juga dapat ditemukan di mode Beauty 4.0 yang kini mendukung efek Blur untuk menonjolkan subyek utama.

Berikut hasil foto kamera depan Oppo F3 di dalam ruangan langsung dari kamera.

Oppo F3

Oppo F3

Oppo F3

Saat diarahkan ke wajah, kamera depan Oppo F3 akan otomatis membuat wajah terlihat terang dan jelas. Sayangnya jika cahaya di belakang subyek terlalu kuat, maka hasil foto di latar akan tidak terlihat sebagai kompromi agar wajah subyek terlihat jelas. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menekan area di latar sehingga cahayanya terlihat seimbang. Jika wajah terlalu gelap, gunakan fill light yang menggunakan layar untuk menerangi subyek saat menjepret.

Secara keseluruhan, dua kamera depan Oppo F3 mampu menghasilkan foto selfie yang baik di berbagai kondisi cahaya. Sedangkan untuk video, Anda bisa merekam baik dalam mode standar maupun wide selfie. Namun setelah merekam, Anda tidak bisa beralih dari standar ke lebar dan sebaliknya. Kualitas video Full HD dari kamera depan Oppo F3 terbilang amat baik, dengan hasil rekaman yang terang dan warna kulit yang cerah. Sedangkan kualitas suara pada rekaman video tergolong standar dan lebih optimal jika digunakan dalam ruangan.

Kamera belakang handal dalam kondisi cahaya terang

Beralih ke belakang, Oppo F3 menyajikan kamera utama dengan spesifikasi seperti kamera utama F1s. Ini berarti Anda akan mendapatkan kamera dengan sensor 13 megapixel, lensa dengan bukaan f/2.2, PDAF, serta flash LED.

svg%3E

Bicara soal kinerja, kamera belakang Oppo F3 termasuk gegas dan responsif saat diajak memotret di berbagai kondisi dengan penentuan fokus yang cepat dan shutter lag yang minim. Responsnnya agak melambat saat Anda menggunakan mode HDR, yang membutuhkan waktu sekitar 2-3 detik untuk merekamnya. Pada saat jeda ini, Anda diminta untuk tidak bergerak untuk hasil foto yang optimal.

Lalu bagaimana dengan hasil fotonya? Dalam kondisi cahaya ideal, hasil foto dari kamera Oppo F3 termasuk baik untuk kelasnya. Ketajaman juga baik, terutama untuk foto dari jarak cukup dekat. Reproduksi warna terlihat cukup matang walau tidak berlebihan, namun tetap enak dipandang di layar. Yang perlu diperhatikan, pastikan tangan tetap tidak bergerak setelah menekan tombol shutter untuk hasil foto terbaik.

Berikut contoh hasil foto Oppo F3 langsung dari kamera, tanpa proses penyuntingan. Hasil foto selengkapnya bisa dilihat di di akun Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.

Oppo F3
Oppo F3
Oppo F3
Oppo F3
Oppo F3
Oppo F3

Expert Mode untuk kondisi minim cahaya

Sedangkan hasil foto di kondisi minim cahaya dalam mode Auto termasuk cukup baik, walaupun warna akan terlihat lebih pudar dan noise akan menurunkan detail gambar. Untungnya, Oppo F3 dapat menentukan fokus dengan cepat dan akurat di dalam gelap.

svg%3E

Untuk hasil foto yang lebih baik, Anda bisa menggunakan Expert Mode. Dengan menyetel setting ISO pada angka 100, maka hasil jepretan akan lebih bersih dari noise dengan detail yang terjaga baik. Komparasi hasil foto dari kedua mode ini dapat dilihat di foto berikut. Sebagai catatan, semua foto ini diambil menggunakan tripod untuk meminimalisir guncangan tangan saat memotret.

Oppo F3

Oppo F3

Oppo F3 Auto

Oppo F3

Dari pengujian kami, Oppo F3 mampu menghasilkan foto di kondisi minim cahaya dengan baik. Apalagi jika penggunanya dapat memanfaatkan Expert Mode. Berikut hasil foto lain dalam kondisi minim cahaya, baik menggunakan Expert Mode maupun Auto Mode.

Oppo F3

Oppo F3

Oppo F3

Oppo F3

Oppo F3

Dengan Expert Mode, Anda juga bisa mengatur kecepatan rana atau shutter speed. Padukan dengan ISO yang rendah dan tripod yang stabil, Anda bisa berkreasi lebih luas dengan kamera Oppo F3 seperti contoh foto berikut ini.

Oppo F3

Oppo F3

Yang menarik, kamera utama Oppo F3 ini mendukung perekaman foto dalam format RAW yang dihilangkan di Oppo F3 Plus. Menggunakan foto dalam format file RAW, Anda bisa melakukan penyesuaian dengan lebih leluasa di berbagai aplikasi pengolah foto yang tersedia.

Lebih canggih dibandingkan Oppo F1s

svg%3E

Jika kebanyakan produk pengganti hanya menawarkan resolusi atau sensor baru, lain halnya dengan Oppo. Dengan F3, Oppo memberikan sudut pandang baru bagi pecinta selfie. Saat menggunakan kamera depan Oppo F3 dan F3 Plus, kami serasa membawa dua kamera dengan dua lensa berbeda untuk selfie. Mengubah sudut pandang yang dapat dilakukan hanya dengan menyentuh satu tombol memberi kenyamanan saat mengambil foto group selfie beramai-ramai di tempat yang agak sempit. Dengan kamera selfie ganda ini, Anda tidak selalu membutuhkan tongsis saat ingin mengambil foto selfie dengan sudut lebih lebar.

Sedangkan bagi yang ingin belajar fotografi juga dapat memanfaatkan Expert Mode pada kamera utamanya. Seperti terlihat dari foto hasil ulasan kami, kamera utama Oppo F3 berpotensi tinggi untuk menghasilkan foto keren di tangan mereka yang paham prinsip dasar fotografi. Tidak hanya untuk fotografi, hasil video Oppo F3 juga sudah cukup memadai untuk keperluan vlogging. Adanya dua lensa membuat penggunanya serasa memiliki dua kamera untuk video.

Dengan hasil foto dan video selfie yang amat baik, serta kamera utama yang handal, kamera Oppo F3 layak diandalkan oleh pengguna yang mementingkan kualitas kamera pada smartphone miliknya.

svg%3E
Dual-selfie Camera yang Handal
Dengan hasil foto dan video selfie yang amat baik, serta kamera utama yang handal, kamera Oppo F3 layak diandalkan oleh pengguna yang mementingkan kualitas kamera pada smartphone miliknya.
4.2
Handal untuk Fotografi