Quantcast
Aksesoris GadgetEars In HeavenMobile GadgetReview

Review Sennheiser HD 599: Headphone Untuk Pemula yang Ingin Terjun ke Dunia Audiophile

4
Cocok untuk pemula yang ingin terjun ke dunia Audiophile

Sennheiser termasuk produsen audio jempolan dengan lini produk yang sangat lengkap. Variasi produk headphonenya juga menjangkau semua kelas pengguna. Bahkan, Sennheiser punya satu produk headphone terbaik di dunia, Sennheiser HE 1, yang banderol harganya mencapai 700 jutaan Rupiah. Tapi, sayangnya di review kali ini kami tidak akan mengulas headphone dengan harga fantastis tersebut. Produk Sennheiser yang akan kita telusuri lebih lanjut adalah Sennheiser HD 599, jagoan headphone teratasnya di lini HD500-series.

Sennheiser HD599 1

Desain yang sangat nyaman digunakan
Secara desain Sennheiser HD 599 memang tidak menawarkan desain kekinian bergaya retro modern ala Sennheiser Momentum. Headphone bergaya open back ini tampil lebih minimalis dengan rancangan bodi yang terbuat dari plastik. Walau begitu secara keseluruhan kualitas rancangannya terasa amat kokoh dengan bobot yang relatif ringan.

Kenyamanan sebuah headphone adalah salah satu faktor yang wajib diutamakan dalam dunia audio portabel. Dan soal kenyamanan headphone ini tidak perlu lagi diragukan.

sennheiser hd599 3

Untuk memanjakan telinga Anda, ear case HD 599 hadir dengan dimensi yang besar. Busa earpad miliknya sangat nyaman digunakan karena cukup tebal dan empuk. Kabar baiknya, busa earpad ini bisa diganti jika sudah usang karena pemakaian. Sayangnya, meski masuk kategori headphone premium busa earpad tersebut belum dilapisi kulit asli seperti headphone premium kebanyakan. Sebagai gantinya, Sennheiser lebih memilih material kain lembut untuk melapisi earpad tersebut.

Saat terpasang di kepala, earcasenya tersebut bisa terpasang sempurna tanpa memberikan efek tekanan yang berlebih. Material kain yang melapisi earpadnya yang bersentuhan langsung ke telinga juga tidak menimbulkan rasa panas berlebih meski digunakan dengan jangka waktu yang lama.

Busa earpad miliknya yang cukup tebal pun bisa menangkal suara bising di sekitar dengan cukup baik. Jika dilengkapi dengan fitur penangkal bising aktif tentu saja akan menjadi nilai tambah untuk headphone ini.

sennheiser hd599 4

Untuk konektivitasnya, di sebelah kiri earcase bisa ditemukan sebuah lubang untuk menancapkan kabel jack audio. Dalam paket pembeliannya Sennheiser juga sudah menyediakan kabel 6.3mm, 3.5mm dan adaptor kabel 6.3mm ke 3.5mm.

Performa suara cocok untuk beragam kebutuhan
Jika Anda berkunjung ke laman Sennheiser, HD 599 diklaim mampu menghadirkan suara yang mendekati headphone kelas audiophile.

Selama menggunakan headphone ini kami pun merasa demikian. Untuk mengujinya kami memasangkan HD 599 ke PC dan memutar file audio .FLAC.

sennheiser hd599 2

Lagu pertama yang kami putar adalah Susan Wong – i Will Survive. Di lagu ini kami cukup puas dengan suara yang disajikan. Karakter suaranya lebih terasa hangat dengan sektor treble yang terasa amat nyaman dan tidak menyakitkan telinga. Sektor vokal, mid dan gebukan bass yang tersaji terasa seimbang dengan efek staging yang cukup lebar. Separasi antara vokal dan semua alat musik pengiringnya juga bisa terdengar dengan cukup jelas.

Beralih ke lagu kedua Coldplay – Adventure of A Lifetime, di lagu bertempo agak cepat ini Sennheiser HD 599 tetap masih bisa diandalkan. Hanya saja memang gebukan bass yang dihasilkan tidak terlalu wah. Bagi penggemar Audiophile karakter bass seperti ini pastilah sudah cukup, namun bagi para pecinta bass penggunaan ampli tambahan bisa kami sarankan untuk mengoptimalkan output suaranya agar terasa lebih bertenaga.

Dengan karakter bass seperti ini, Sennheiser HD 599 menurut kami tidak hanya cocok untuk mendengarkan musik saja tapi juga masih ideal digunakan untuk menemani Anda menonton film. Secara keseluruhan, kejernihan suaranya cukup namun tidak terlalu detil. Jadi wajar Sennheiser tidak memasukkan headphone ini di kelas audiophile meski HD599 hanya terpaut satu tingkat dibawah HD600 series.

Kesimpulan
Perfect all arounder. Dengan karakter suara yang hangat dan tonal suara yang seimbang headphone ini akan sangat mudah memikat siapapun yang menggunakannya. Detil suara yang dihasilkan memang tidak bisa disetarakan dengan headphone kelas Audiophile, walau begitu faktor kenyamanan dan ideal digunakan untuk mendengarkan beragam genre musik atau menonton film merupakan nilai tambah tersendiri. Headphone ini pastinya layak untuk dipertimbangkan dan sangat kami rekomendasikan untuk menjadi headphone pertama bagi para pemula yang baru ingin terjun ke dunia audiophile.

Sennheiser HD 599
4
Cocok untuk pemula yang ingin terjun ke dunia Audiophile
Back to top button