Surface Laptop: Penantang MacBook dengan Intel Kaby Lake dan OS Windows 10 S

Lini Microsoft Surface bertambah. Setelah Surface Studio, Surface Book, dan Surface Pro 4, Microsoft kini mengumumkan Surface Laptop.

Tantang MacBook dengan bodi yang lebih tipis dan ringan
svg%3E

Sejatinya sebuah laptop, Surface Laptop tidak mengusung konsep 2-in-1 yang hadir dengan engsel layar fleksibel seperti Surface Book. Jadi Anda tidak bisa mengubahnya menjadi sebuah tablet dan hanya bisa digunakan sebagai laptop saja.

Walau begitu Microsoft menyiapkannya dengan kemasan desain yang sangat menarik. Profil bodinya yang terbuat dari alumunium sangat tipis sekaligus ringan.

Surface Laptop disiapkan dengan bodi yang berbobot hanya 1,2 Kg. Titik paling tebal bodinya hanya setebal 14.47mm. Dimensinya ini lebih tipis dari MacBook Air dan MacBook Pro yang menjadi primadona di segmen laptop tipis dan ringan.

Pilihan warnanya juga sangat atraktif. Ada 4 pilihan warna yang tersedia diantaranya Platinum, Graphite Gold, Cobalt Blue, dan Burgundy Elegance. svg%3E

Rancangan inovatif dengan layar sentuh tertipis dikelasnya
Tidak hanya bereksperimen dengan kemasan bodinya, sentuhan yang berbeda juga bisa terlihat di area layar dan keyboardnya.

Surface laptop hadir dengan layar sentuh PixelSense Display 13.5 inci yang resolusinya 2,256 x 1504 pixel. Layarnya ini telah diperkuat dengan lapisan Corning Gorilla Glass 3. Tidak hanya itu saja, modul layar tersebut juga diklaim merupakan yang paling tipis diantara laptop lain. Untuk mendukung produktivitas, layar Surface Laptop kompatibel dengan pena stylus Surface Pen untuk menulis atau menggambar.

svg%3E

Beralih ke sektor keyboard, seluruh area keyboard dan touchpad mouse Surface Laptop dilapisi material Alcantra yang lembut. Dengan demikian pengguna akan terasa lebih nyaman saat mengetik dengan laptop ini. Keyboardnya tersebut juga telah dilengkapi dengan lampu backlit untuk mendukung kegiatan mengetik di kondisi temaram.

svg%3E

Didukung prosesor Intel Kaby Lake, baterai tahan lama
svg%3E

Tidak hanya bodi yang lebih tipis dan ringan, Surface Laptop turut tampil dengan performa yang sangat menjanjikan. Laptop ini tersedia dengan konfigurasi Intel Core i5 dan Intel Core i7. Ada 2 opsi pilihan konfigurasi yang tersedia.

Untuk model Intel Core i5, opsi yang tersedia dengan SSD 128GB dan RAM 4GB atau 256GB SSD dan RAM 8GB. Sementara modelnya yang dengan Intel Core i7 tersedia dengan opsi 256GB SSD dan RAM 8GB atau 512GB SSD dan RAM 16GB. Sektor grafisnya pun lebih bertenaga dengan dukungan chip grafis Intel Iris Plus 640.

Perlu dicatat, ruang penyimpanan SSD tersebut langsung terintegrasi di motherboard. Jadi tidak bisa ditambah dan Anda harus puas dengan kapasitas yang tersedia.

Untuk Anda yang bermobilitas tinggi, Surface laptop juga diperkuat dengan baterai yang sangat tahan lama. Baterainya ini diklaim bisa bertahan hingga 14.5 jam.

Microsoft Windows 10 S
Tidak seperti produk Microsoft Surface yang lain, Surface Laptop hadir dengan sistem operasi Windows 10 terbaru yaitu Windows 10 S.

Windows 10 S diklaim memiliki performa yang lebih cepat, waktu booting dan resume yang lebih singkat dan dilengkapi dengan fitur keamanan yang lebih canggih dibandingkan Windows 10.

Sayangnya, Windows 10 S hanya mendukung aplikasi yang didapatkan melalui Windows Store. Jadi, Anda tidak bisa memasang sembarang aplikasi seperti menggunakan laptop atau desktop dengan OS Windows pada umumnya.

Tapi untunglah Microsoft membuka kemungkinan lain. Jika Anda ingin menggunakan Surface Laptop seperti laptop pada umumnya, cukup dengan merogoh kocek tambahan US$49 Anda sudah bisa melakukan upgrade ke Windows 10 Pro dan meninggalkan OS Windows 10 S yang menjadi bawaan Surface Laptop.

Harga dan ketersediaan
Surface Laptop akan tersedia di bulan Juni. Harganya mulai dari US$999 dan US$2199 untuk model tertingginya dengan Intel Core i7, RAM 16GB, dan SSD 512GB.

Verified by MonsterInsights