Color Negative F²/400: Dibuat Selama 7 Tahun, Rol Film dari Lomography Ini Tersedia Dalam Jumlah Terbatas

Film is not dead. Istilah ini sudah tidak asing lagi di dunia fotografi khususnya para penggemar fotografi analog yang tetap mempertahankan tradisi memotret dengan kamera film.

svg%3E

Nah, kabar baik untuk para pecinta kamera analog khususnya Lomo, Lomography baru saja menghadirkan rol film edisi terbatas yang bernama Color Negative F²/400.

Lalu apa keistimewaan dari rol film ini? Konsep dan latar belakang cerita terciptanya Color Negative F²/400 inilah yang membuatnya sangat istimewa.

Color Negative F²/400 adalah rol film yang pembuatannya memakan waktu hingga 7 tahun. Di tahun 2010 lalu, Lomography memborong rol film induk 400 ASA yang diproduksi terakhir kalinya oleh sebuah pabrikan pembuat film asal Italia yang bangkrut.

Alih-alih langsung lanjut diproduksi menjadi film 35mm untuk dijual secara massal, Lomography memutuskan untuk bereksperimen dengan rol film induk tersebut. Caranya, film ini dimasukkan ke dalam sebuah tong berbahan kayu oak di kondisi yang ideal dan dibiarkan menua hingga sekarang.

Hasilnya, melalui proses penuaan alami selama 7 tahun inilah Color Negative F²/400 diklaim mampu memberikan hasil jepretan yang lebih berkarakter dengan tonal warna unik yang dihasilkannya. Anda bisa mendapatkan tonal warna yang berbeda dengan rol film warna negatif yang banyak beredar di pasaran. Berikut beberapa hasil jepretan dari Color Negative F²/400.

svg%3E

svg%3E

svg%3E

svg%3E

svg%3E

svg%3E

svg%3E

Meski dijual dalam jumlah yang terbatas, Color Negative F²/400 nyatanya dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Tidak heran seminggu setelah peluncurannya, Lomography mengatakan setengah dari stok rol film ini bahkan sudah ludes terjual. Penasaran dengan harganya? Color Negative F²/400 ini hanya dijual dengan harga US$6 saja.