Review Oppo A37: Smartphone dengan Desain Menawan untuk yang Gemar Selfie

Oppo mengalami peningkatan popularitas yang sangat signifikan sejak mengusung konsep Selfie Expert. Sesuai namanya, deretan smartphone yang termasuk dalam kategori tersebut menjadikan kamera depan sebagai nilai jual utamanya.

Yang menarik, meski F1s sukses di pasaran, Oppo tetap menyediakan opsi lainnya terutama bagi pengguna yang memiliki budget terbatas tapi menginginkan smartphone dengan kamera selfie yang baik. Salah satu pilihannya adalah Oppo A37, smartphone yang pertama kali meluncur pertengahan tahun lalu di Indonesia.

Mengapa kami ingin mengulasnya? Alasannya tak lain karena Oppo A37 kini ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah. Simak keunggulannya berikut ini:

Desain (lagi-lagi) menawan

svg%3E

Tak bosan-bosannya kami sebutkan bahwa Oppo adalah produsen yang selalu mengedepankan desain premium pada setiap smartphone-nya. Bahkan, pada produk yang ditujukan untuk kelas menengah ke bawah sekalipun.

Di Oppo A37, Anda akan tetep menemukan penampilan yang menawan dengan bodi tipis dan bobot yang tergolong ringan, yakni hanya 136 gram. Menggunakan desain unibody, smartphone ini hadir dengan lekukan-lekukan yang ergonomis dan nyaman digenggam.

svg%3E

Pada bagian depannya, Anda disuguhkan layar berukuran 5 inci yang dilapaisi dengan kaca Gorilla Glass dengan desain 2.5 D Arc Edge Screen. Oppo A37 tersedia dalam dua warna, yakni Gold dan Rose Gold.

Layar standar, audio lumayan jernih

Seperti disebutkan di atas, Oppo A37 menggunakan layar berukuran 5 inci dengan teknologi IPS. Resolusinya masih 720p. Tidak ada yang spesial dari layar ini. Intinya, cukup untuk penggunaan sehari-hari bahkan saat di bawah sinar matahari sekalipun.

Tampilan gambarnya cukup tajam dengan keluaran warna yang baik. Seperti pada beberapa smartphone Oppo lainnya, layar A37 juga memiliki fitur Eye Protection yang berguna untuk meminimalisir cahaya biru yang tidak baik untuk mata.

svg%3EDari sisi audio, Oppo A37 mampu memberikan kualitas suara yang jernih dan tidak cempreng. Meski begitu, sama seperti layanya, Oppo juga tidak membenamkan fitur-fitur inovatif pada sektor ini.

OS masih Lollipop

Ya, ini memang smartphone yang meluncur pertama kali pada Juni 2016 lalu. Tapi sayangnya, hingga saat ini belum ada informasi soal update sistem operasi ke Android versi yang lebih baru. Hasilnya, Anda harus puas dengan Android 5.1.1 Lollipop.

Ditambahkan user interface ColorOS 3.0, Oppo A37 tidak memiliki App Drawer. Semua aplikasi bisa diakses hanya dengan menggeser halaman Home ke samping. Asyiknya, Anda tidak akan menemukan banyak bloatware.

Oppo tak lupa menyediakan beberapa fitur bawaan yang berguna. Misalnya Quiet Time mode untuk Anda yang tidak ingin diganggu oleh Notifikasi atau panggilan telepon. Ada pula Screen-off gesture seperti tap 2 kali untuk menyalakan layar, serta menggambar O untuk membuka kamera langsung dari kondisi layar mati.

Kamera lumayan di kelasnya

Inilah bagian yang menjadi andalan utama dari Oppo A37. Di atas kertas, baik kamera belakang maupun kamera depan memang tidak memperlihatkan spesifikasi yang menggiurkan. Namun untungnya, kedua kamera tersebut bisa diandalkan untuk mengabadikan momen sehari-hari.

svg%3EKamera belakangnya yang menggunakan sensor 8 megapixel 1/3.2 inci didukung oleh autofocus dan lampu flash. Sedangkan untuk selfie, Oppo A37 dipersenjatai kamera 5 megapixel dengan extra-large 1.4?m piksel dan sensor 1/4-inci yang mampu menerima lebih banyak cahaya.

Hasil jepretannya tergolong lumayan di kelasnya. Kamera belakang Oppo A37 mampu menghasilkan foto yang tajam dengan reproduksi warna yang baik, khususnya di kondisi cahaya mencukupi. Di kondisi cahaya temaram pun tidak nampak banyak noise, meski ketajaman gambarnya berkurang.

Kamera selfie-nya juga masih bisa memberikan foto yang layak untuk diunggah ke media sosial. Di kondisi cahaya yang cukup, hasil fotonya cukup tajam dan natural. Penggunaan Beautify 4.0, asal tidak berlebihan, sangat bermanfaat untuk mempercantik foto. Ketika ingin selfie di kondisi cahaya yang minim, Anda bisa menggunakan fitur Screen Flash.

Berikut beberapa foto yang kami abadikan dengan kamera belakang dan depan dari Oppo A37: (Hasil yang lebih lengkap bisa dilihat di akun Flickr resmi YangCanggih.com)

svg%3E

Hasil Foto Oppo A37 (11)

Hasil Foto Oppo A37 (8)

Hasil Foto Oppo A37 (7)

Performa bukan nilai jual utama

Mengandalkan SoC Qualcomm Snapdragon 410 quad-core berkecepatan 1.2 GHz yang ditemani RAM 2 GB, jelas sektor performa bukanlah nilai jual utama yang ingin dikedepankan oleh Oppo A37.

Walaupun demikian, kombinasi tersebut sudah mencukupi untuk mendukung performa yang mulus, terutama karena ColorOS 3.0 adalah user interface yang ringan. Semua aplikasi standar bisa dijalankan tanpa kendala, dan untuk game pun masih bisa asal bukan game 3D yang menuntut kinerja berat.

svg%3E

Soal memori internal, Oppo A37 menyediakan kapasitas 16 GB yang jika masih kurang bisa ditambahkan melalui slot microSD. Perlu digarisbawahi, Oppo A37 memiliki 3 slot, dua untuk SIM-card dan 1 untuk microSD. Artinya, Anda tetap bisa menggunakan dua nomor yang berbeda tanpa harus mengorbankan slot microSD seperti smartphone lainnya yang mengusung konsep dual-SIM hybrid.

Untuk lebih menjelaskan seperti apa performa dari Oppo A37, simak hasil dari beberapa aplikasi benchmark yang kami jalankan:

Baterai bisa diandalkan

Oppo A37 dibekali baterai 2630 mAh (non-removable). Kapasitas yang terbilang lumayan untuk sebuah smartphone dengan spesifikasi dan fitur yang tidak membutuhkan banyak daya. Hasilnya, baterai tersebut mampu membuat Oppo A37 menyala seharian, pagi hingga sore atau malam, dengan pemakaian normal.

Hasil pengujian menggunakan aplikasi PCMark Battery Test pun menunjukkan angka yang cukup baik:

Kesimpulan

Terlepas dari beberapa kekurangannya, secara keseluruhan Oppo A37 adalah perangkat yang menarik. Fitur-fitur yang dikedepankan seperti kamera dan desain mampu disajikan dengan baik sesuai kelasnya.

svg%3E

Ini memang smartphone yang dirilis pertengahan tahun lalu. Meski begitu, tak ada salahnya untuk memasukkan Oppo A37 dalam opsi belanja Anda apalagi karena harganya yang kini sudah lebih terjangkau.

Dijual dengan harga Rp1.999.000, Oppo A37 cocok untuk Anda yang ingin memiliki smartphone berdesain premium dan kamera selfie yang bisa diandalkan untuk eksis di media sosial.

Yang Canggih:

+ Desain premium dan menawan
+ Bobot ringan
+ Kamera selfie didukung screen flash
+ ColosOS 3.0 yang ringan
+ Baterai tergolong awet

Yang Kurang:

– Belum ada update ke OS yang lebih baru
– Tidak memiliki sensor sidik jari

[table]Spesifikasi;Oppo A37
SoC;Qualcomm Snapdragon 410 Quad-core 1.2GHz
GPU;Adreno 306
Layar;IPS 5 inci (720p) with Gorilla Glass 4
RAM;2 GB
Memori Internal;16 GB (ada slot microSD)
Kamera;Belakang 8 megapixel (autofocus dan LED flash) / Depan 5 megapixel
Baterai;2630 mAh
Konektivitas;4G LTE, Bluetooth 4.0, A-GPS, WiFi a/b/g/n, microUSB
OS;Android 5.1.1 Lollipop (ColorOS 3.0)
Dimensi;143.1 x 71 x 7.7 mm (136 gram)
[/table]

svg%3E
Oppo A37
Opsi yang menarik bagi penggemar selfie yang mencari smartphone cantik dengan harga di bawah 2 juta rupiah
3.6