Gita: Robot Pengangkut Barang dari Pabrikan Piaggio

Piaggio yang merupakan induk perusahaan dari merek Vespa, melebarkan sayapnya ke dunia robotik. Lewat anak perusahaannya bernama Piaggio Fast Forward, pabrikan motor legendaris asal Italia ini memperkenalkan robot perdananya yang diberi nama Gita.

svg%3E

Robot yang dirancang untuk mengangkut barang ini tampil unik dengan desain bulat lengkap dengan dua roda di kedua sisinya. Dengan desainnya tersebut Gita diklaim bisa mengangkut barang dengan bobot hingga 18 kg.

svg%3E

svg%3E

Mengusung sistem penggerak elektrik Gita bisa dikendalikan oleh pengguna atau berjalan secara otonom di lingkungan yang telah dikenalinya. Dengan demikian robot ini bisa bergerak sendiri mengangkut barang dari dan ke tempat tujuan. Untuk bergerak, Gita bisa berjalan dengan kecepatan hingga 35 km/jam dan diklaim juga bisa berjalan di atas trotoar.

svg%3E

Meski belum diungkap harga jualnya, Gita rencananya akan memulai debutnya di tanggal 2 Februari 2017 nanti. Untuk langkah awal, Gita akan diuji coba terlebih dahulu untuk keperluan bisnis. Tidak menutup kemungkinan Gita juga akan hadir sebagai kebutuhan pribadi untuk menjadi asisten rumah tangga Anda di rumah.