DJI Perkenalkan Phantom 4 Pro dan Inspire 2 dengan Kamera Lebih Baik

Inovasi dari DJI seakan tidak ada habisnya. Setelah fenomena drone lipat perdananya, DJI Mavic, sukses menuai pujian dari para penggemar gadget hingga penggiat fotografi dan videografi, DJI kembali melengkapi lini drone miliknya dengan merilis DJI Phantom 4 Pro dan Inspire 2.

DJI Phantom 4 Pro
dji-phantom-4-pro-1
Generasi kedua DJI Phantom 4 ini membawa sejumlah fitur baru yang membuatnya lebih pintar dibandingkan versi lawasnya. DJI Phantom 4 Pro kini diklaim akan semakin mudah diterbangkan.

Jika sistem terbang otomatis DJI Phantom 4 hanya didukung sensor stereoskopik di bagian depan, DJI kini menambahkan sensor stereoskopik di bagian belakang DJI Phantom 4 Pro. Sisi kiri dan kanannya juga terdapat sistem sensor infrared untuk mendeteksi benda di sekitarnya.

Dengan sistem tersebut, DJI Phantom 4 Pro bisa terbang otomatis dan menghindari objek yang menghalanginya dengan lebih pintar sehingga videografer bisa tetap berkonsentrasi mengambil gambar yang diinginkan. Daya tahan baterainya juga lebih baik dengan durasi terbang mencapai 30 menit.

Di sektor kamera, DJI Phantom 4 Pro membawa kamera dengan sensor CMOS 20 megapixel berukuran 1 inci. Kameranya ini menawarkan cakupan dynamic range hingga 12 stop, mampu merekam video 4K hingga 60fps, dilengkapi shutter mekanikal dan membawa lensa yang berdiafragma F/2.8.

Remot kendalinya pun tidak ketinggalan mendapat pembaruan. Remot DJI Phantom 4 Pro kini hadir dengan dukungan modul GPS, kompas, slot microSD dan port HDMI. Remot ini juga dilengkapi layar LCD Full HD berukuran 5.5 inci yang lebih terang 2 kali lipat dibandingkan layar LCD pada umumnya. Layarnya tersebut juga diklaim DJI bisa menampilkan gambar lebih jelas dan tajam meski dibawa cahaya matahari yang terik sekalipun.

DJI Inspire 2
dji-inspire-2-1
Kecepatan adalah salah satu fitur utama yang ditawarkan DJI Inspire 2. Drone untuk para videografer dan fotografer profesional ini kini mampu terbang dengan kecepatan maksimum 67 mph. Bahkan, untuk mencapai kecepatan dari 0 hingga 50 mph DJI Inspire 2 hanya membutuhkan waktu 4 detik.

Untuk kebutuhan perekeman video profesional, DJI Inspire 2 didukung dengan sistem pemrosesan gambar CineCore 2.0. Drone ini bisa dipasang dengan kamera Micro Four Third ZenMuse X5S yang mengandalkan sensor 20.8 megapixel atau kamera Zenmuse X4S yang hadir dengan sensor 20 megapixel berukuran 1 inci. Kedua kamera ini bisa diandalkan untuk merekam video RAW hingga resolusi 5.2K di 30fps dan mendukung format perekeman video kelas profesional seperti misalnya Cinema DNG dan Apple ProRes. Untuk menampung semua hasil rekaman video tersebut DJI Inspire 2 dilengkapi dengan SSD bernama DJI CINESSD yang tersedia dalam pilihan 120GB dan 480GB.

Peningkatan lain kemudian bisa terlihat di sektor baterainya. DJI Inspire 2 kini hadir dengan rancangan baterai ganda yang menjanjikan durasi terbang hingga 27 menit.

Selain bisa terbang otomatis dengan dukungan sejumlah sensor, tambahan sensor dibagian atasnya juga kini memungkinkan Inspire 2 bisa terbang sambil menghindari rintangan yang menghadang di bagian atasnya. Tentunya ini akan sangat bermanfaat terutama saat menggunakan DJI Inspire 2 untuk mengambil gambar di dalam ruangan atau di area yang memiliki langit-langit rendah.

Selain itu, DJI juga menambahkan sebuah modul kamera yang bertugas sebagai mata pilot agar bisa tetap terbang mengendalikan drone ini tanpa mengganggu kamera utama yang sedang mengambil gambar.

DJI Phantom 4 Pro dan Inspire 2 saat ini sudah bisa mulai di pre-order melalui laman DJI. Untuk harganya dibanderol mulai dari US$1500 dan US$1800 untuk paket lengkap dengan remot kendalinya. Sementara DJI Inspire 2 harga jualnya dipatok mulai dari US$3000, dan US$6200 untuk paket lengkap dengan kamera Zenmuse X5S dan lisensi CinemaDNG dan Apple ProRes.

Verified by MonsterInsights