Review Acer E5-553G-114Q

Hasil kerjasama yang erat antara AMD dan Acer bisa terlihat dengan beragam pilihan laptop Acer yang mengusung teknologi AMD. Bahkan, Acer tercatat sebagai salah satu produsen PC yang memiliki lini produk dengan tekologi AMD yang paling lengkap. Salah satu andalannya kini adalah Acer E5-553G yang hadir dalam 3 pilihan varian spesifikasi dengan harga yang tetap ramah dikantong. Acer E5-553G menawarkan keunggulan prosesor APU generasi ketujuh AMD, Bristol Ridge, diantaranya AMD A10 9600P, A12 9700P, dan varian tertingginya AMD FX9800P. Di review kali ini kami berkesempatan untuk menguji kehebatan Acer E5-553G yang diotaki prosesor AMD A12 9700P yaitu Acer E5-553G-114Q.

acer-e5-553g-1

Desain Premium, Bodi bongsor
Selain performa yang bertenaga, faktor desain kini juga menjadi daya tarik tersendiri dari sebuah laptop.

Ini juga terlihat di Acer E5-553G. Bodi laptop ini terasa solid berkat material alumunium yang mengelilingi area keyboardnya. Aura premium pun cukup terlihat dari bagian cover luarnya. Meski hadir dengan material plastik, cover luar miliknya yang berwarna abu-abu dipertegas dengan pola garis-garis yang sekilas terlihat menyerupai efek metalik yang umum dijumpai di laptop kelas premium.

Bicara mobilitas, Acer E5-553G bukanlah laptop yang ideal untuk diajak berpergian. Dengan bentang layar 15 inci dan bobot yang mencapai 2.23 Kg, laptop ini relatif berat dan cukup menyita tempat di dalam tas.

Konektivitas lengkap, mendukung USB Type C

acer-e5-553g-2

Laptop dengan bodi bongsor punya beberapa keunggulan, salah satunya yaitu tidak pelit konektivitas. Di sisi kiri laptop ini bisa ditemukan satu port USB Type-C 3.1, port ethernet (RJ-45), VGA, HDMI, dan dua port USB 3.0. Di sisi kanan tersedia drive DVD, port USB 2.0, jack audio 3,5 mm, dan port adaptor untuk isi ulang baterai. Untuk slot kartu micro SD bisa ditemukan di sisi bagian kiri depan.

acer-e5-553g-3

Secara keseluruhan semua penempatan port konektivitasnya cukup baik dan tidak menggangu sama lain. Masalah yang kami jumpai di unit review yang kami terima ini hanyalah di port USB 3.0 yang terasa agak longgar saat ditancapkan flashdisk atau hard disk eksternal.

Layar cukup memuaskan
Untuk mencukupi kebutuhan gaming, multimedia seperti menonton film dan bekerja, layarnya yang berukuran 15.6 tergolong cukup memuaskan meski resolusinya hanya 1366 x 768 pixel.

acer-e5-553g-6

Sayangnya, kualitas panel layarnya memang kurang bisa memanjakan mata. Warna-warna yang tersaji di layarnya terlihat agak pudar, sudut penglihatannya pun terbatas. Jadi, layarnya harus diatur ke sudut yang tepat agar bisa mendapatkan tampilan yang optimal.

Keyboard nyaman
Beralih ke sektor keyboard, Acer E5-553G-114Q hadir dengan keyboard berukuran penuh yang lengkap dengan num pad. Ukuran setiap tombolnya juga cukup besar dan nyaman saat digunakan untuk mengetik dalam jangka waktu yang lama.

Tepat di bawah keyboardnya terdapat sebuah touchpad mouse yang memiliki ukuran cukup besar yang dipermanis dengan bingkai berwana perak. Saat digunakan touchpad miliknya ini memang terasa agak keras saat ditekan untuk melakukan perintah klik mouse. Walau begitu responnya dengan sapuan jari cukup baik.

Performa memadai untuk gaming
Unit laptop Aspire E5-553G yang kami terima hadir dengan APU AMD A12-9700P yang dipasangkan dengan RAM DDR4 8GB. Untuk ruang penyimpanannya, tersedia hard disk dengan kapasitas yang cukup lapang mencapai 1TB. Sementara sektor grafisnya, dipercayakan pada kartu grafis AMD Radeon R8 M445DX (dual graphics) dengan VRAM 2GB.

Dengan spesifikasinya tersebut Acer Aspire E5-553G telah berhasil menjawab kebutuhan komputasi harian kami seperti mengolah dokumen, browsing web hingga digunakan untuk multimedia. Digunakan untuk menyunting video juga masih bisa diandalkan. Untuk hasil benchmark dari Acer Aspire E5-553G bisa dilihat berikut ini.

Ditenagai kartu grafis AMD Radeon R8 M445DX 2GB, laptop ini juga bisa menjalankan beberapa game masa kini yang memerlukan kinerja grafis berat di pengaturan minimal atau medium. Manajemen thermalnya juga cukup baik karena tidak terasa cepat panas saat diajak bermain game. Beberapa judul game yang kami uji di resolusi penuh seperti misalnya Rise of Tomb Raider berhasil dijalankan dengan cukup mulus di pengaturan paling rendah, Street fighter V di pengaturan medium, dan untuk game lawas seperti GRID bisa dimainkan dengan mulus di setting Ultra.

tr-lowest-ss

Sementara output suaranya memang tergolong standar dan cukup memadai untuk kebutuhan gaming dan multimedia.

Baterai rata-rata
Dengan mengusung baterai tanam alias tidak bisa dilepas pasang,Acer Aspire E5-553G telah dibekali baterai berkapasitas 2,800 mAh. Untuk pengujian daya tahan baterainya kali ini kami gunakan untuk menonton film Full HD. Dari hasil pengujian kami, dengan memutar satu film Full HD berdurasi 2 jam, pengaturan kecerahan layar 50%, dan terhubung ke hotspot, baterainya dari 100% masih tersisa hingga 30%.

Kesimpulan
Kemunculannya di tengah tren laptop gaming yang kini mulai kembali diminati oleh konsumen menurut kami sangat tepat. Dengan spesifikasi yang ditawarakan laptop ini tidak hanya bisa diandalkan untuk bekerja tapi juga bisa untuk bermain game. Walau begitu perlu dicatat performa gamingnya memang lebih cocok untuk Anda para casual gamer yang tidak terlau mementingkan kualitas grafis maksimal saat bermain game.

Walau kualitas panel layarnya kurang memuaskan, secara keseluruhan kinerja Acer Aspire E5-553G yang ditenagai APU AMD A12 dan kartu grafis AMD Radeon R8 M445DX 2GB ini cukup baik. Dibandingkan kompetitor lain di kelas harganya yang sekitar 7 jutaan, Acer Aspire E5-553G dengan APU A12 ini unggul di sektor layar yang ukurannya 15 inci, punya RAM 8GB, kapasitas hard disk 1TB, sektor konekivitas yang lengkap dan kemasan desainnya yang terlihat premium.

Dengan 3 pilihan varian spesifikasi yang dijual tanpa Windows, Acer Aspire E5-553G bisa Anda bawa pulang dengan merogoh kocek Rp6.799.000 untuk modelnya yang dengan AMD A10, Rp7.499.000 dengan AMD 12 dan Rp8.999.000 untuk model dengan AMD FX 9800P.

Yang Canggih

+ Harga relatif terjangkau untuk laptop 15 inci
+ Memadai untuk gaming di pengaturan low hingga medium
+ Konektivitas lengkap dengan USB Type C
+ RAM 8GB

Yang Kurang

– Dimensinya kurang ideal untuk diajak bermobilitas
– Panel layar kurang memuaskan
– Port USB 3.0 agak longgar
– Output suara standar

Alternatif lain:
Di kelas harganya yang sekitar 7 jutaan, kompetitor dari Acer Aspire E5-553G dengan layar 15 inci memang nyaris tidak ada. Namun jika Anda memang memiliki dana lebih, alternatif lain dari Acer Aspire E5-553G-114Q adalah Lenovo Ideapad 500 dengan layar Full HD 15.6, prosesor Intel Core i5-6200U, Windows 10, AMD Radeon R7 M360 DDR3L 2GB, HDD 1 TB, RAM 4GB Rp8.099.000 atau varian tertinggi Acer Aspire E5-553G dengan AMD FX9800P sekitar Rp8.999.000.

Verified by MonsterInsights