[Hands On]Ubtech Alpha 1S

Cukup mudah saat ini menjumpai mainan dengan wujud robot untuk anak-anak. Variasi model dan harga yang ditawarkan pun cukup beragam. Yang terbaru adalah adalah robot bernama Ubtech Alpha 1S yang bisa Anda temukan di blibli.com. Nah, sebelum Anda memutuskan untuk membeli robot ini simak sesi hands-on singkat kami berikut ini.

Desain Humanoid
UBTECH Alpha 1s-1

Alpha 1s hadir dengan mengusung model humanoid. Dari ujung kepala hingga kaki, robot ini terlihat seperti manusia. Kesan pertama kami saat mengangkatnya pertama kali keluar dari kotak, robot ini jauh dari kesan mainan robot murahan.

Selain bobotnya yang relatif berat, material plastik yang menempel di seluruh bodinya juga terasa tebal. Cukup sepadan dengan harga jualnya yang relatif tinggi.

Perlu diingat, dalam keadaan mati robot ini tidak akan bisa berdiri secara kokoh. Jadi, meletakkannya di lantai dalam posisi tidur adalah cara yang tepat agar robot ini tidak mendadak jatuh.

UBTECH Alpha 1s-5

Untuk bergerak Ubtech Alpha 1S mengandalkan 16 buah engsel servo yang bertindak sebagai sendi geraknya. Ini menjadikannya mampu bergerak dengan fleksibel mirip manusia. Beragam macam variasi gerakan pun bisa dilakoninya. Seperti misalnya, berjalan, menari, hingga melakukan gerakan seperti tendangan.

Di bagian belakang bodinya terdapat sebuah modul yang terdiri dari tombol reset power, port micro usb untuk menghubungkannya ke komputer, slot micro SD, dan port untuk isi ulang baterainya. Sementara di bagian kepala belakangnya terdapat sebuah speaker.

Kendali Lewat Smartphone
Tidak ada remote kendali dalam paket pembeliannya. Untuk memainkan robot ini, pertama kali yang harus dilakukan adalah menghubungkannya ke smartphone lewat koneksi Bluetooth.

Setelah menyalakan bluetooth dan menguduh aplikasinya yang bernama Alpha 1, kami mencoba untuk melakukan pairing. Dalam waktu singkat, setelah tekan tombol scan proses pairing antar smartphone dan robot ini selesai dengan sangat cepat dan mudah.

UBTECH Alpha 1s App-1

Aplikasi miliknya hadir dengan atarmuka sederhana dan mudah untuk dipahami. Ada 3 menu yang muncul di aplikasinya yaitu, Action Square, Gamepad dan Create Actions.

Untuk sekedar bermain dan menggerakkan robot ini bisa pilih opsi GamePad. Di mode ini smartphone Anda akan langsung berubah menjadi remot kendalinya. Sejumlah tombol virtual seperti atas, bawah, kiri, kanan akan muncul di layar smartphone untuk menggerakkan robot ini.

UBTECH Alpha 1s-7

Selain itu ada juga 2 opsi gerakan yang bisa di coba di mode ini. Yaitu Gladiator dan soccer player. Di opsi soccer player, di layar akan muncul tombol tambahan gerakan-gerakan bermain bola seperti misalnya menendang bola hingga melakuakan tekel.

Sementara di opsi gladiator, tombol-tombol dengan gerakan aksi bertarung akan menjadi andalannya. Kedua opsi ini tentu akan menjadi sangat menarik jika Anda menemukan teman yang juga memiliki robot ini. Dengan demikian Anda bisa bermain bola atau bertarung bersama dengan lebih seru.

Jika bosan, Anda bisa langsung beralih ke menu Action Square. Di sini Anda bisa menemukan sejumlah template gerakan yang sudah tersedia.


Template gerakan-gerakan yang tersedia cukup bervariasi dan sangat menghibur lengkap dengan iringan lagu. Pilih gerakan yang Anda sukai, dan tekan tombol Play dengan segera Alpha 1s akan melakukan gerakan tersebut mengikuti suara musik yang mengiringinya.

Di menu Action Square ini Anda pun bisa menemukan beragam video hasil kreativitas pengguna Alpha 1s yang menciptakan gerakannya sendiri.

Ciptakan gerakan sendiri
Satu hal yang membuat Ubtech Alpha 1S menarik adalah hadirnya menu Create action. Di menu ini Anda bisa menciptakan gerakan sesuai dengan kreativitas dan imajinasi. Caranya juga sangat mudah.

UBTECH Alpha 1s App-4

Saat menu ini dijalankannya, Alpha 1S akan masuk ke fase Create. Semua servonya akan langsung tidak berdaya jadi Anda harus menahannya agar tidak terjatuh.

UBTECH Alpha 1s-6

Untuk merancang gerakan yang perlu dilakukan hanya menggerakkan bagian tubuh robot ini. Seperti misalnya, ingin membuat gerakan hormat Anda hanya perlu menggerakan tangannya kearah kepala lalu tekan tombol add. Setiap gerakan pun bisa diatur durasinya dengan satuan milidetik. Setelah selesai, Anda bisa menyimpan gerakan tersebut.

Satu hal yang cukup disayangkan, Ubtech belum menyediakan beragam template action gerakan sederhana yang bisa diunduh untuk melengkapi menu Create action ini. Jadi, di sini Anda benar-benar dituntut untuk bisa berkreasi dan berimajinasi merancang gerakan sesuai dengan kreativitas Anda sendiri.

Selain bisa merancang gerakan sendiri lewat smartphone, Anda juga bisa merancang gerakan lewat aplikasi PC miliknya. Namun sayang, aplikasi ini cukup sulit untuk dipahami dan kami pun tidak menemukan tutorial singkat bagaimana cara menggunakan aplikasi desktopnya tersebut.

Kesimpulan
Ubtech Aplha 1S memang bukan sekedar mainan robot biasa. Meski fiturnya masih terbatas, setidaknya robot ini punya sistem kendali yang amat mudah hanya dengan bermodalkan smartphone. Jumlah variasi gerakan yang bisa dilakoninya juga cukup banyak dan fitur yang memungkinkan Anda untuk menciptakan gerakan sendiri, menjadikan robot ini lebih menyenangkan dibandingkan robot mainan lain. Dari kalangan penghobi robot hingga anak-anak kami jamin tidak akan menjumpai kesulitan memainkannya. Jika Anda tertarik membelinya, Ubtech Alpha 1S bisa dibawa pulang dengan merogoh kocek sekitar 7 juta Rupiah.

Verified by MonsterInsights