Quantcast
Aksesoris GadgetMobile GadgetNews

The Superbook: Laptop dengan Otak dan Sistem Operasi dari Smartphone Anda

Ide menyulap smartphone menjadi sebuah PC memang bukan lagi hal baru. Di tahun 2014 lalu, sebuah tim bernama Andromium berhasil menghadirkan Andromium Dock yang bisa mengubah smartphone menjadi sebuah PC saat terpasang di dock tersebut. Walau sangat menarik, namun sayangnya produk Andromium Dock tersebut kurang sukses menarik banyak peminat. Ada 2 faktor yang membuatnya gagal saat itu. Pertama, di tahun 2014 teknologi display MHL yang diusungnya belum didukung oleh banyak smartphone dan yang kedua untuk menjadikannya sebuah PC pengguna masih harus menggunakan monitor, keyboard dan mouse tambahan.

The Superbook-2

Berangkat dari kegagalannya di masa lalu dan masih mempertahankan ide yang sama, Andromium kini hadir kembali. Bedanya, produknya kali ini yang diberi nama The Superbook hadir dengan konsep yang lebih menarik.

Alih-alih mengusung desain dock seperti produk Andromium Dock, The Superbook mengusung desain laptop. Meski wujudnya laptop, The Superbook tidak dilengkapi dengan prosesor, RAM atau ruang penyimpanan. Ini artinya, The Superbook baru bisa digunakan saat smartphone dan The Superbook saling terhubung lewat kabel USB. Sistem operasi, dapur pacu, koneksi data, hingga WiFi dan Bluetooth semuanya bergantung dari smartphone.

The Superbook-1

The Superbook hanya membawa layar berukuran 11.6 inci dengan pilihan resolusi layar HD 1366 x 768 pixel atau Full HD 1920 x 1080 pixel, baterai yang bisa menemani Anda bekerja hingga 8 jam yang juga bisa digunakan untuk isi ulang baterai smartphone, trackpad multisentuh, keyboard, dan port konektivitas yang juga telah mendukung USB Type-C.

Untuk menggunakan The Superbook yang hanya kompatibel dengan smartphone Android ini untunglah tidak memerlukan spesifikasi smartphone Android yang wah. Smartphone Android Anda harus menjalankan OS Android 5.0 atau diatasnya, punya spesifikasi prosesor minimal Dual Core, RAM minimal 1.5GB dan memori internal yang tersisa setidaknya lebih dari 100mb. Kabar baiknya, tidak hanya kompatibel dengan smartphone Android, The Superbook juga kompatibel dengan tablet Windows dan PC Sticks. Bahkan, Anda bisa menggunakannya sebagai layar tambahan saat terhubung ke laptop berbasis Windows atau MacBook.

Jika berminat, melalui laman Kickstarter.com The Superbook saat ini telah berhasil mengumpulkan dana yang dibutuhkan dan siap meluncur di tahun 2017 nanti. Untuk harganya yang model dengan layar HD dibanderol harga US$ dan layar Full HD US$129.

Back to top button