Home Komputer Review Acer One 14 (L1410)

Review Acer One 14 (L1410)

Acer memiliki jajaran produk yang menarik di kategori laptop entry-level yang ditujukan untuk pelajar, mahasiswa, maupun pekerja kantoran yang tidak membutuhkan performa komputasi tinggi. Salah satunya adalah Acer One 14 L1410, laptop 14 inci yang dibanderol dengan harga cukup terjangkau, yakni di kisaran 3 jutaan rupiah.

Ingin tahu seperti apa keunggulan dari produk yang satu ini? Langsung saja simak ulasannya.

Desain elegan dan mudah dibawa

Acer One 14 L1410 (4)

Acer One 14 L1410 tampil dengan desain yang tergolong simple namun tetap memberikan kesan yang elegan. Anda akan menemukan engsel berbahan logam dan diamond-cut di sekitar touchpad yang mampu memberikan nuansa mewah.

Material yang digunakan pada casing-nya membuatnya terlihat tidak seperti sebuah laptop yang dijual dengan harga 3 jutaan rupiah. Tidak hanya versi warna Black yang kami review, Acer menyediakan beberapa pilihan warna menarik lainnya yang bisa Anda sesuaikan dengan selera, yaitu Gold, Red, dan Silver.

Laptop ini bisa dibilang lumayan tipis dengan kebetalan 19mm. Soal bobot, (mulai dari) 1,5 kilogram merupakan angka yang nyaman untuk dibawa-bawa bepergian. Tak akan ada masalah yang berarti jika Anda menggendongnya di dalam tas selama berjam-jam.

Acer One 14 L1410 dibekali port USB 3.0, 2x port USB 2.0, port audio jack 3.5mm, port HDMI, dan card reader. Yang perlu digarisbawahi, jarak antara kedua port USB 2.0 cukup dekat. Mungkin suatu saat Anda akan kesulitan menggunakan kedua port ini secara bersamaan, khususnya jika perangkat yang terhubung dengannya (misalnya flash disk) memiliki bodi yang lebar.

Keyboard lumayan untuk mengetik

Acer One 14 L1410 (2)

Sesungguhnya tidak ada yang spesial dari keyboard yang tertanam pada Acer One 14 L1410. Lumayan nyaman untuk ukuran laptop murah. Jarak antar tombol yang pas dan feedback yang terasa membuat keyboard ini mampu mendukung Anda mengetik dengan cepat. Tampilan keyboard-nya pun sederhana tanpa keberadaan numerical keypad.

Layar enak dilihat

Berbekal ukuran 14 inci, Acer One 14 L1410 mampu menyajikan layar yang nyaman digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti mengetik, browsing, bahkan untuk menonton film High Definition sekalipun.

Acer One 14 L1410 (8)

Resolusi 1366 x 768 masih cukup untuk memberikan tampilan yang cukup tajam, sekaligus menjaga harga agar tidak melambung tinggi. Selain itu, layar ini juga memiliki sudut pandang yang lumayan sehingga tidak terlalu mengurangi kualitasnya ketika dilihat dari samping.

Layar yang cukup baik ini ditemani oleh audio yang terdengar jernih. Walaupun kurang bertenaga, namun masih tergolong lumayan untuk menemani Anda mendengarkan musik atau menonton film. Secara keseluruhan, kami tidak menemukan keluhan apapun dari layar maupun audio pada Acer One 14 L1410.

Performa cukup untuk harian

Acer One 14 L1410 hadir dengan prosesor Intel Celeron N3050 dual-core berkecepatan 1.60 GHz hingga 2.16 GHz. Didampingi dengan RAM 2 GB DDR3, kombinasi tersebut sudah mencukupi untuk mendukung aktivitas Anda sehari-hari, mulai dari browsing, menjalankan aplikasi Office, juga hiburan.

Telah mengadopsi sistem operasi Windows 10, laptop ini menggunakan storage berupa eMMC 32 GB. Keberadaan eMMC sangat membantu untuk memberikan kinerja yang cepat ketika membuka aplikasi. Bagi yang butuh kapasitas besar, Acer juga menyediakan HDD 500 GB.

Sekitar dua pekan kami menggunakan laptop ini, menurut kami Acer One 14 L1410 cukup nyaman untuk mendukung pekerjaan harian kami yang banyak berkutat pada browsing, mengetik, dan Office. Memang bukan laptop dengan performa tinggi, namun bukan berarti tidak bisa diandalkan.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak hasil benchmark dari software PCMark 8 yang kami jalankan:

Daya tahan baterai mantap

Acer One 14 L1410 (3)

Inilah yang juga menjadi salah satu keunggulan dari Acer One 14 L1410. Dibekali baterai 4800 mAh, laptop ini mampu menemani kami bekerja hingga 9 jam dengan pemakaian normal. Angka yang terbilang memuaskan khususnya jika Anda termasuk orang yang malas mencari sumber listrik saat sedang berada di luar rumah. Charger-nya pun kecil dan ringkas yang artinya tidak akan menghabiskan ruang di tas Anda.

Yang lebih menarik, Acer One 14 L1410 bisa digunakan sebagai power bank untuk mengisi daya baterai gadget Anda melalui port USB 3.0. Bahkan, Anda tetap bisa melakukan charging gadget meski laptop dalam keadaan mati. Ini dimungkinkan berkat keberadaan fitur Power-Off USB Charging. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, Anda hanya perlu menekan tombol power selama 6 hingga 8 detik.

Kesimpulan

acer-L14-01

Melalui laptop ini Acer seolah membuktikan bahwa mereka tetap setia untuk bermain di ranah entry-level, namun tetap mengemas produknya dengan kualitas yang maksimal agar tampil lebih menonjol dibanding pesaingnya di kelas yang sama.

Performa yang cukup untuk harian, baterai yang awet, ditambah dengan desain yang elegan dan tidak terkesan murahan adalah keunggulan yang membuat Acer One 14 L1410 menjadi pilihan yang menarik di pasaran Indonesia saat ini.

Dengan banderol Rp3.699.000 (Windows 10), Acer One 14 L1410 cocok bagi Anda yang mencari laptop terjangkau untuk menemani aktivitas seharian penuh, dan tetap ingin tampil gaya di depan teman atau rekan kerja.

Yang Canggih:

+ Desain elegan
+ Cukup tipis dan ringan untuk dibawa-bawa
+ Keyboard nyaman untuk mengetik
+ Baterai awet, mampu mendukung hingga 9 jam
+ Ada fitur Power-off USB Charging
+ Harga kompetitif

Yang Kurang:

– Kedua port USB 2.0 jaraknya lumayan dekat dan berpotensi mengganggu satu sama lain ketika digunakan bersamaan

Review Acer One 14 (L1410) 6
Yossie Dwi Pranantohttps://www.yangcanggih.com
Penggemar game dan musik ini adalah Channel Editor untuk Mobile Gadget.

2 KOMENTAR

Comments are closed.

%d bloggers like this: