Quantcast
Foto & VideoNews

10 Kamera Mungil Tapi Canggih untuk Teman Liburan

Di era kamera smartphone yang semakin canggih kami paham betul kini tidak banyak orang yang ingin repot membawa kamera saat liburan. Tapi tetap saja masih ada juga orang yang ingin punya kamera untuk mengabadikan momen liburannya. Uniknya, mereka yang ingin punya kamera ini kemudian muncul dengan segudang pertanyaan.

Salah satu pertanyaan yang sering kami terima adalah “Adakah kamera berukuran mungil yang canggih dan mampu menghasilkan foto yang berkualitas?” Nah, di artikel berikut ini Anda bisa menemukan jawabannya. Berikut ini kami rekomendasikan 10 kamera mungil tapi canggih yang bisa Anda pilih sebagai senjata untuk mengabadikan momen liburan yang sebentar lagi akan tiba.

1. Sony Cyber-Shot DSC-RX100 Mark IV Rp13.999.000
sony rx100 mk4

Desain yang ringkas, sensor berukuran 1 inci dengan resolusi 20 megapixel dan dipersenjatai lensa Zeiss Vario-Sonnar T* 24-70mm dengan bukaan besar dan O.I.S merupakan keunggulan dari Sony Cyber-Shot DSC-RX100 Mark IV. Dengan spesifikasinya tersebut kamera prosumer ini mampu menghasilkan foto hebat di segala suasana. Beragam fitur berguna pun bisa dijumpai di kamera ini. Sebut saja seperti filter ND terintegrasi, Wi-Fi, NFC, serta layar putar 3 inci yang mampu memberikan keleluasaan saat memotret atau merekam VLOG liburan Anda yang bisa direkam di resolusi hingga 4K UHD.

2. Fujifilm X70 Rp9.449.000
fujifilm X70-1
Fujifilm X70 kami rekomendasikan untuk Anda yang gemar tampil gaya. Tidak bisa dimungkiri ukurannya yang ringkas dan desain retronya yang mengadaptasi desain Fujifilm X100 ini memang amat memesona. Untuk memotret X70 hadir dengan sensor 16.3 megapixel CMOS X-TRANS II dan lensa Fujinon 18.5mm F/2.8 yang ideal untuk memotret beragam objek. Tidak hanya itu saja, kamera ini juga telah dilengkapi dengan sistem autofokus hibrid yang cepat, WiFi dan merupakan kamera Fujifilm X-Series Pertama yang hadir dengan layar sentuh.

3. Canon PowerShot G3X Rp10.410.000
canon powershot G3 X-1
Dulu kamera prosumer yang dilengkapi dengan lensa berkemampuan zoom panjang umumnya hadir dengan bodi yang mengadaptasi kamera DSLR. Tapi kini tidak lagi. Salah satunya adalah Canon PowerShot G3X yang hadir dengan lensa berkemampaun zoom panjang dalam kemasan bodi yang lebih praktis. Canon PowerShot G3X ini dipersenjatai lensa berkemampuan optical zoom hingga 25x atau setara dengan lensa 24-600mm. Foto yang berkualitas pun bisa dihasilkannya dengan mengandalkan sensor CMOS sebesar 1 inci yang dipadukan dengan prosesor Canon DIGIC 6.

Untuk mempermudah pengguna, Canon juga telah menyertainya dengan fitur Zoom Framing Assist dan fitur Dynamic Image Stablitisation (IS) yang bisa mengoptimalkan pengambilan gambar yang lebih stabil saat merekam video. Selain itu, PowerShot G3 X juga telah dilengkapi Wi-Fi, NFC dan bodinya dilapisi bahan karet yang tahan air dan debu seperti yang ditemukan pada kamera EOS seri menengah.

4. Panasonic Lumix DMC-TZ80 Rp6.600.000
panasonic DMC-ZS60-1
Seperti Canon PowerShot G3X, Panasonic Lumix DMC-TZ80 juga mengunggulkan kemampuan zoom lensa yang panjang. Bedanya, bodi Panasonic Lumix DMC-TZ80 lebih kecil dan ringan. Bobot kamera ini hanya 311 gram. Kamera yang sangat ideal untuk memotret candid ini dibekali sensor CMOS berukuran 1/2.3 inci yang mampu menghasilkan foto hingga resolusi maksimum 18 megapixel dan kemampuan zoom lensanya bisa mencapai 30x atau setara lensa 24-720mm.

Selain itu, kemampuannya merekam video hingga resolusi 4K juga menjadi salah satu keunggulan kamera mungil ini. Fitur tambahan lain diantaranya, fitur optical image stabilization 5 sumbu, dukungan WiFi, fitur 4K Photo yang bisa menghasilkan foto 8 megapixel dari rekaman video 4K, dan mendukung fitur Post Focus yang merupakan fitur terbaru untuk kamera Panasonic.

5. GoPro Hero 4 Black Rp6.990.000
GoPro HERO4 Black-1
Sebagai kamera aksi yang paling populer saat ini, GoPro Hero 4 Black memang sangat wajib dilirik untuk Anda yang meningingkan kamera berdesain mungil namun punya kemampuan rekam video dan foto yang mumpuni.

GoPro Hero 4 Black bisa merekam video hingga resolusi 4K dan menghasilkan foto hingga resolusi maksimum 12 megapixel. Kamera ini juga bisa diajak masuk kedalam air hingga kedalaman 40 meter dengan tambahan case pelindungnya dan bisa terhubung ke smartphone lewat koneksi Bluetooth dan WiFi untuk membantu Anda membidik foto. Satu yang membuatnya sangat menarik, selain aksesoris case pelindung tahan air GoPro Hero 4 Black juga punya beberapa pilihan aksesoris lain termasuk tambahan layar LCD yang bernama TouchBacPac.

6. Xiaomi Yi Cam Rp1.299.000
xiaomi-yi
Kamera aksi perdana dari Xiaomi ini hingga sekarang memang masih layak untuk dimiliki. Jika Anda tidak memerlukan kamera dengan kemampuan rekam video 4K, Xiaomi Yi Cam tetap mampu menghasilkan foto dan video yang berkualitas dengan harganya yang ramah dikantong. Dengan mengandalkan prosesor Ambarella A7LS dan sensor Sony Exmor R IMX206 CMOS, kamera mungil ini bisa merekam video hingga resolusi Full HD 1080p 60fps dan bisa menghasilkan foto hingga resolusi 16 megapixel. Beragam aksesoris pun juga dimilikinya termasuk case tahan air, monopod khusus Xiamoi Yi, hingga remote shutter.

7. Canon PowerShot G7 X Rp6.290.000
canon powershot G7X-3
Inilah kamera saku yang paling banyak digemari oleh para Youtuber untuk membuat VLOG di Youtube yang sedang tren saat ini. Sebagai kamera prosumer Canon pertama yang menggunakan sensor 1 inci, Canon PowerShot G7 X hadir dengan sensor BSI CMOS 20.2 megapixel yang dipasangkan dengan prosesor Canon DIGIC 6. Selain bisa merekam video di resolusi Full HD 60fps keunggulannya yang lain terletak di lensanya. Lensa yang dibawanya merupakan lensa sudut lebar 24mm berkemampuan zoom optical 24mm-100mm dengan bukaan diafragma F1.8. Ini artinya, dengan kamera ini Anda bisa memotret di segala suasana, bahkan di kondisi pencahayaan minim sekalipun. Untuk merekam VLOG atau foto selfie, layarnya pun bisa dilipat keatas dengan mudah.

8. Nikon Coolpix AW130 Rp3.350.000
nikon coolpix AW130-1
Berencana liburan di pantai atau kemping di alam bebas? Nikon Coolpix AW130 bisa menjadi pilihan untuk teman liburan Anda. Dengan desain bodi yang tampil kekar, Coolpix AW130 telah membawa sensor CMOS 16 megapixel dan lensa 24mm dengan kemampuan zoom optical 5x atau setara lensa 24mm-120mm. Di bagian belakangnya, juga telah tersedia sebuah layar OLED berukuran 3 inci yang cukup memadai untuk membidik dan menampilkan hasil foto.

Fitur ketahanan yang dimilikinya mencakup anti air hingga kedalaman 30 meter, tahan bantingan dari ketinggian 2.1 meter dan anti beku hingga -10 derajat celcius. Fitur tambahan lainnya, meliputi GPS, WiFi dan NFC yang bisa digunakan untuk mempermudah memindahkan hasil foto ke smartphone atau tablet secara nirkabel.

9. Canon EOS M10 Kit EF-M15-45mm Rp5.260.000
Canon M10 depan
Kamera mirrorless paling terjangkau dari Canon ini telah dipersenjati sensor CMOS APS-C 18 megapixel, prosesor DIGIC 6 dan kinerja autofocus Hybrid CMOS AF II yang cepat. Untuk mempermudah foto selfie, Canon EOS M10 juga memiliki layar LCD 3 inci yang dapat diputar 180 derajat.

Fitur WiFi dan NFC juga dimilikinya untuk mempermudah Anda berbagi foto ke smartphone atau ke jejaring sosial. Keunggulannya yang lain, Canon EOS M10 juga didukung dengan ekosistem lensa Canon yang sangat lengkap meski sebagai lensa tetap harus menggunakan tambahan adapter khusus.

10.Panasonic Lumix DMC-GF8 Kit Rp7.299.000
panasonic lumix DMC-GF8-1

Dibalik desainnya yang sangat mungil, Panasonic Lumix GF8 adalah kamera mirrorless yang ditujukan untuk para penggemar selfie. Selain layar sentuh lipatnya, yang membuat kamera ini wajib dimiliki para penggemar selfie adalah dukungan fitur selfienya yang sangat lengkap. Salah satunya adalah fitur Beauty Retouch yang memungkinkan pengguna untuk bisa langsung mempercantik hasil foto selfie langsung di kamera.

Untuk memotret, Panasonic Lumix GF8 dibekali dengan sensor CMOS 4/3 16 megapixel dan prosesor Venus Engine yang mampu menghasilkan foto yang tajam dan berkualitas di segala kondisi pemotretan. Selain lensa kit bawaannya, Panasonic Lumix DMC-GF8 juga telah didukung dengan ekosistem lensa yang lengkap.

3 komentar

  1. min, kamera pocket yg ada colokan mic nya apa ya min? buat vlog gitu, atau ada rekomendasi kamera lain dibawah 3jt? buat vlog, ada port mic nya, sama kualitas video bagus,
    kira2 apa ya? mksh min..

    1. @warung kopdar
      bisa coba action cam merk China tapi tetep kurang maksimal sih kalo buat detail dan closeup.

Back to top button