Sony Umumkan Sensor Kamera Smartphone Pertama di Dunia dengan Hybrid AF dan 3-Axis Stabilization

Sony memang telah menjadi rajanya sensor kamera. Ini karena sensor kamera besutan Sony paling banyak digunakan di hampir semua smartphone hingga kamera digital. Buktikan keseriusannya menghadirkan sensor kamera berkualitas, Sony kini memperkenalkan sensor CMOS Exmor RS IMX318.

sony IMX318-1

Inovasi sensor terbarunya ini khusus dirancang untuk smartphone. Dengan ukuran 1/2.6 inci, dimensinya memang lebih kecil dibandingkan sensor kamera Sony sebelumnya. Kendati demikian, Sony mengklaim sensor terbarunya ini mampu menghadirkan gambar yang lebih baik. Untuk memotret sensor ini bisa menghasilkan foto hingga resolusi 22.5 megapixel dan mampu merekam video di resolusi 4K 30fps.

svg%3E

Performanya pun lebih cepat dibandingkan sensor Sony sebelumnya. Ini karena, Exmor RS IMX318 merupakan sensor pertama di dunia yang telah dilengkapi dengan autofokus hibrid yang menggabungkan sistem autofokus phase detection dan contrast detection. Kombinasi keduanya memungkinkan kamera mampu mencari dan mengunci fokus hanya sekitar 0.03 detik dan 0.017 detik saat merekam video 60fps.

Selain kinerja autofokus yang lebih cepat, gebrakan selanjutnya yang ditawarkan Sony adalah hadirnya dukungan fitur 3-axis image stabilization. Dengan fitur ini Anda bisa merekam video dengan hasil yang lebih minim blur akibat goyangan tangan. Fitur canggih ini langsung dibenamkan kedalam sinyal prosesor dan memanfaatkan informasi dari sensor gyro dari perangkat untuk membetulkan distorsi dari lensa dan meminimalisir goyangan. Dengan hadirnya fitur 3-axis image stabilization ini, Sony pun mengatakan sensor MOS Exmor RS IMX318 juga akan sangat ideal untuk kamera drone.

Sony CMOS Exmor RS IMX318 akan mulai resmi dirilis bulan Mei 2016. Apakah sensor ini akan menjadi andalan Sony di Sony XPERIA Z6? Kita tunggu saja tanggal mainnya.