Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Mencoba Kamera Asus Zenfone 2 Laser

Selain spesifikasi yang menggiurkan, fitur kamera pada ponsel saat ini masih tetap menjadi primadona bagi para vendor untuk menarik minat konsumen. Peluang inilah yang dimanfaatkan Asus dengan menghadirkan Asus Zenfone 2 Laser.

asus zenfone 2 laser-1

Ponsel yang mengedepankan fitur kamera dengan teknologi autofokus laser ini menjanjikan kemampuan mencari dan mengunci fokus yang lebih cepat dibandingkan ponsel pada umumnya. Di artikel ini kami akan lebih jauh mengulas kemampuan fotografi dari Asus Zenfone 2 Laser.

Antarmuka Sederhana, mode foto lengkap
asus zenfone 2 laser-5
Saat membuka aplikasi kameranya, Anda akan langsung disambut dengan antarmukanya yang sederhana. Antarmukanya ini sangat mudah digunakan. Untuk memunculkan mode pemotretan bisa dengan menekan gambar 4 buah kotak yang sederet dengan tombol shutter. Setelahnya Anda akan langsung bisa memilih beragam mode pemotretan yang ditawarkan. Seperti misalnya Auto, Manual, HDR, Beautification, Super Resolution, Beautification, Low light, Night, Depth Of Field, Effect, Selfie, Gif Animation, Panorama, Miniature, Time Rewind, Smart Remove, All Smiles, Slow Motion dan Time lapse.

asus zenfone 2 laser-2

Kinerja autofokus cepat
Screenshot_2015-12-21-06-22-09
Pengujian autofokusnya ini kami lakukan dengan pengaturan kamera di mode Auto dengan mode autofokus Smart. Di kondisi cahaya ideal atau di kondisi yang kurang cahaya, kinerja autofokusnya tergolong sangat baik dengan kemampuan mengunci fokus yang cepat dan akurat. Anda hanya perlu menentukan fokus dengan menyentuh area mana saja di layar dan autofokusnya akan mengunci fokus dengan seketika.

Kinerja autofokusnya baru terasa agak lambat saat memotret subjek dengan jarak yang cukup dekat. Saat memotret dengan mode manual di pengaturan kecepatan rana kamera yang rendah kinerja autofokusnya juga terasa agak lambat dan kadang sulit mengunci fokus di titik yang sudah ditentukan. Ini bisa menjadi masalah bagi yang gemar memotret manual dan ingin membuat foto slow speed. Namun, salah satu solusi untuk mengatasinya masalah tersebut Asus juga telah menyediakan pengaturan autofokus ke mode infinity.

Hasil Foto Cukup Memuaskan
Asus Zenfone 2 Laser yang kami review adalah Asus Zenfone 2 Laser versi paling rendah dengan nomor seri ZE500KG. Di seri ini kamera belakangnya sudah mampu menghasilkan foto hingga resolusi maksimum 8 megapixel dan kamera depan 5 megapixel.

Dari pengujian kami, di kondisi cahaya ideal kameranya bisa diandalkan dengan hasil foto yang cukup tajam dengan tonal warna yang realtif akurat. Shutter lag masih terasa agak lambat meski tidak begitu menggangu kegiatan memotret secara keseluruhan.

Kemampuan kameranya menghasilkan foto HDR juga cukup baik. Sementara di kondisi temaram, hasil foto memang terlihat didominasi noise sehingga mengurangi ketajaman serta kualitas hasil foto. Untuk menghindarinya, di kondisi temaram kami cukup menyarankan Anda bisa memotret dengan mode manual dengan pengaturan ISO rendah. Sebagai kompensasinya Anda harus memegang smartphone ini dengan cukup stabil saat memotret untuk menghindari terjadinya blur.

asus zenfone 2 laser-3

Bagi yang gemar selfie, Asus Zenfone 2 Laser juga telah menawarkan beragam opsi efek yang bisa langsung digunakan untuk memotret. Seperti misalnya untuk membuat wajah terlihat lebih kurus, lebih cerah, memperbesar mata, dll.

Opsi efek selfie
asus zenfone 2 laser-4

Untuk hasil foto dari kamera Asus Zenfone 2 Laser tanpa proses penyuntingan berikut ini. Atau bisa dilihat di akun Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.

Kesimpulan
Meski kendali noisenya kurang baik, hasil foto Zenfone 2 Laser cukup memuaskan dengan tingkat ketajaman dan tonal warna yang cukup baik di kondisi pencahayaan ideal. Kendati demikian, dengan teknologi autofokus laser kinerja autofokus Zenfone 2 Laser memang terbukti sangat cepat diatas rata-rata smartphone sekelasnya sehingga menunjang kegiatan memotret secara keseluruhan dan bisa lebih mudah menangkap momen yang kita inginkan.

Satu komentar

Back to top button