Review LENOVO VIBE S1

Mengombinasikan dua elemen yang menjadi prioritas utama penggemar smartphone canggih, Lenovo menghadirkan VIBE S1. Ponsel Android terbaru Lenovo ini memadukan desain cantik dengan kamera canggih yang diklaim mampu menghasilkan foto oke. Bahkan Lenovo VIBE S1 juga menjadi smartphone pertama di dunia dengan dua kamera di depan.

Dua kamera depan untuk foto selfie lebih baik
Di depan, Anda akan menemukan dua kamera, 8 megapixel dan 2 megapixel. Dua kamera ini tidak selalu aktif. Jika memilih memotret dengan satu kamera, maka VIBE S1 akan menggunakan kamera 8 megapixel. Hasilnya cukup baik, dengan exposure dan ketajaman yang baik, serta kemampuannya untuk mengunci fokus dengan cepat.

Memotret selfie juga dapat dilakukan dengan lebih mudah daripada kebanyakan ponsel lain, mengingat adanya beberapa opsi pengambilan foto seperti hand-sign, timer, dan tap. Bahkan VIBE S1 dilengkapi fitur Auto Selfie yang dapat memotret secara otomatis selama dapat mendeteksi wajah.

screenshot gesture lenovo vibe s1

Saat mode Dual-Cam diaktifkan, kamera 2 megapixel tambahan akan menganalisa kedalaman ruang (Depth of Field). Keunggulannya, hasil foto dari mode Dual Cam ini akan dapat ditambahi efek blur dengan mudah. Jadi misalnya ada photo-bomb atau subyek yang tidak diinginkan di latar, Anda dapat mengaburkannya dengan mudah tanpa mengganggu subyek utama yang tetap ingin ditampilkan dengan jelas. Berikut hasil foto dengan efek Blur.

Blur - dual camBlur spiral - dual cam

Selain itu, Anda juga dapat melakukan Cut-Out. Dengan fitur ini, Anda bisa mengganti gambar latar pada foto selfie yang diambil. Fitur Cut-Out ini juga bisa memotong obyek (atau orang) yang tidak diinginkan sebelum dipasang di depan gambar latar lainnya. Berikut hasil foto dengan efek Cut-Out.

IMAGE_20151209_153730

Untuk hasil foto selfie single-cam, VIBE S1 ternyata juga mampu unjuk gigi. Dalam kondisi cahaya ideal, hasil foto selfie tergolong amat baik. Namun pada kondisi minim cahaya, hasil foto kamera depan VIBE S1 terlihat buram dengan noise yang cukup banyak.

IMG_20151216_172033

Hasil foto memuaskan
Lalu bagaimana dengan kamera depannya yang mengusung resolusi lebih besar. Dari hasil pengujian, kamera Lenovo VIBE S1 cukup dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan. Pengoperasian kamera termasuk responsif, dengan kinerja fokus yang responsif dan fokus yang akurat.

indoor

Hasil foto di kondisi cahaya ideal termasuk memuaskan, dari sisi saturasi warna maupun ketajaman. Fitur HDR yang disediakan cukup membantu menangani kondisi pemotretan di cahaya yang kompleks, walaupun membutuhkan sedikit waktu ekstra untuk merekam hasilnya.

Dalam kondisi remang-remang di dalam ruangan, Lenovo VIBE S1 juga mampu menghasilkan foto yang baik dengan noise terkendali. Untuk obyek dengan jarak cukup dekat, flash yang dibenamkannya mampu mengimbangi walaupun masih sangat terbatas.

svg%3E

IMG_20151216_225558

Secara keseluruhan, fitur kamera yang dimiliki Lenovo VIBE S1 akan memuaskan sebagian besar pengguna baik dari segi hasil maupun fitur. Berikut hasil foto LENOVO VIBE S1 tanpa penyuntingan. Untuk hasil foto lengkap, dapat dilihat di akun Flickr resmi yangcanggih.com.

Performa tangguh
Mengandalkan SoC MediaTek MT6752 dengan prosesor octa-core berkecepatan 1,7GHZ, yang dipadukan RAM 3GB, Lenovo VIBE S1 mampu dioperasikan dengan lancar. Navigasi menu, beralih aplikasi, mengakses kamera dan berbagai fitur lainnya dapat dilakukan dengan cepat. Ini menjadikan pengalaman menggunakan VIBE S1 amat mengasyikkan.

Semua aplikasi yang kami coba berhasil dijalankan dengan mulus, termasuk game seperti FIFA 15, Jetpack Joyride, dan Asphalt 8. Dari pengujian melalui benchmark, Lenovo VIBE S1 juga meraih skor yang cukup baik. Berikut hasil dari Antutu Benchmark dan PCMark.

Untuk daya tahan baterai, Lenovo VIBE S1 agak di bawah rata-rata. Dengan pola pemakaian memotret dan mengakses media sosial cukup sering, serta menjalankan beberapa aplikasi seperti penyunting foto dan game, VIBE S1 mampu bertahan sekitar 9 jam.

Desain dan layar berkualitas tinggi
Seperti disebutkan, Lenovo VIBE S1 memiliki desain cantik yang terlihat mewah. Penggunaan bahan kaca dan logam tidak hanya memberikan kesan elegan, tapi juga rancangan yang kokoh. Bagian belakang yang didominasi kaca juga tidak menyerap sidik jari dan mudah dibersihkan.

Dengan sisi belakang yang dibuat agak melengkung, ponsel ini amat nyaman di genggaman saat digunakan. Tidak ada sudut tajam sehingga ponsel terasa pas saat digenggam tangan. Sayangnya, dengan finishing yang halus, VIBE S1 kadang terasa cukup licin dan berpotensi tergelincir dari genggaman Anda.

Nilai jual lain dari Lenovo VIBE S1 adalah layar 5 incinya yang sudah mengusung resolusi Full HD dengan kerapatan pixel hingga 441ppi. Selain mampu menampilkan konten multimedia dan teks dengan tajam, layarnya ini juga mampu mereproduksi warna dengan amat baik. Baik saat memutar video atau foto, VIBE S1 akan mampu menampilkannya dengan baik. Sayangnya seperti layar IPS lainnya, layar VIBE S1 susah digunakan di bawah pancaran sinar matahari terik.

Antarmuka Lenovo VIBE S1 masih mengandalkan Vibe UI yang meniadakan app drawer dan memajang semua aplikasi di layar utama, bersama dengan widget. Walaupun terasa kurang rapi, tapi tetap mudah digunakan dan cepat dikuasai.

Kesimpulan
Tidak banyak smartphone yang berhasil memadukan kecantikan desain dan kualitas kamera depan belakang di tingkat harga 3 jutaan rupiah. Bahkan kualitas desainnya ini sebelumnya hanya bisa ditemukan di ponsel di kelas harga 5 juta rupiah ke atas. Tidak hanya cantik di luar, Lenovo VIBE S1 juga memiliki performa yang dapat diandalkan. Jadi bagi Anda yang mencari smartphone berdesain keren dengan hasil foto yang baik, Lenovo VIBE S1 layak menjadi pilihan.

Untuk informasi pembelian, kunjungi tautan berikut.

Yang Canggih:
+ Desain mewah untuk harganya
+ Kualitas kamera depan belakang amat baik
+ Fitur Dual-Cam berguna
+ Kinerja cepat
+ Tampilan layar berkualitas tinggi

Yang Kurang:
– Daya tahan baterai agak di bawah rata-rata
– Bodi agak licin
– Slot kartu SIM harus dipakai bergantian dengan microSD

Verified by MonsterInsights