Quantcast
KomputerLaptopReview

Review Lenovo Y70-70 TOUCH

Laptop gaming tahun ini mulai banyak bermunculan. Bedanya, tahun ini diwarnai dengan jajaran laptop gaming yang berdesain lebih ramping dengan bobot yang lebih ringan. Salah satunya adalah laptop gaming yang akan kami ulas berikut ini, Lenovo Y70-70 TOUCH.

Lenovo Y70-70-1

Desain Keren, Bodi Bongsor
Kesan pertama saat melihat Lenovo Y70-70, laptop ini terlihat sangat keren dengan layarnya yang besar. Laptop ini hadir dengan layar berukuran 17.3 inci yang resolusinya Full HD 1920 x 1080 pixel. Selain bisa menyajikan tampilan yang sangat baik, layarnya juga telah dilengkapi dengan fitur sentuhan. Layarnya sendiri terasa sangat kokoh dan responnya dengan sentuhan jari juga sangat baik. Kendati demikian, fitur layar sentuhanya ini sebenarnya tidak terlalu bermanfaat mengingat laptop ini akan lebih sering digunakan dengan mouse untuk bermain game.

Dengan ukuran layar 17.3 inci dan performa yang sangat bertenaga, Lenovo Y70-70 sangat ideal sebagai pengganti desktop PC. Meski desainnya keren, laptop ini tidak cocok diajak untuk berpergian. Ini karena dimensinya yang bongsor dan bobotnya yang lumayan berat mencapai 3.4 Kg. Walau begitu desainnya cukup tipis. Bahkan Lenovo tidak menyisakan ruang untuk DVD-ROM, sebagai gantinya dalam paket pembeliannya Anda akan mendapatkan DVD ROM eksternal. Untuk konekvitasnya juga cukup lengkap yang terdiri dari 2 port USB 3.0, 1 port USB 2.0, 4-in-1 card reader, HDMI, SPDIF, RJ45, dan Audio Combo Jack.

Keyboard dan Mousepad nyaman digunakan
Y70-70-3

Salah satu nilai positif dari laptop berukuran besar adalah bisa digunakannya keyboard berukuran penuh dan mousepad berukuran besar. Hal ini juga dapat dijumpai di Lenovo Y70-70. Keyboard Lenovo Y70-70 mengusung gaya ciklet dengan teknologi keyboard accutype Lenovo. Keyboardnya ini juga telah dipercantik dengan lampu backlit berwarna merah yang menjadikan aura gamingnya sangat terasa. Mengetik atau bermain game di keyboardnya juga sangat nyaman dengan jarak antar tombol yang cukup berjauhan dan tombol yang tidak terlalu merata dengan bodi. Performa touchpad mousenya juga sangat responsif dengan sapuan jari. Seperti kebanyakan masalah umum yang dijumpai pada laptop gaming, saat digunakan untuk bermain game Anda tetap dapat merasakan rasa hangat di area keyboardnya ini.

Performa buas untuk gaming dan beragam komputasi berat
Di balik dimensi bongsornya Lenovo Y70-70 membawa komponen kelas atas. Di sektor prosesor, laptop ini mengandalkan kinerja prosesor Intel Core i7-4710HQ Processor dan RAM yang mencapai 16GB. Sementara performa grafisnya dipercayakan pada kartu grafis Nvidia GeForce GT840 4GB DDR3. Dengan spesifikasinya ini, Lenovo Y70-70 mampu menyajikan performa komputasi yang bertenaga untuk gaming, menikmati konten multimedia hingga diandalkan untuk berkerja seperti misalnya melakukan penyuntingan video atau mengolah objek 3D. Untuk bermain game, saat digunakan bermain game Battlefield Hardline dan Mortal Kombat X, laptop ini masih sanggup menjalakan kedua game tersebut dengan mulus di pengaturan tertinggi. Ruang penyimpanannya yang mencapai 1TB juga relatif lapang untuk dijejali dengan beragam game masa kini yang umumnya menyita kapasitas hard disk. Berikut hasil benchmark dari Lenovo Y70-70

Audio Premium, Daya tahan baterai rata-rata
Y70-70-8

Saat digunakan untuk bermain game atau menonton film, performa audio dari Lenovo Y70-70 memang terdengar sangat baik. Suara yang dihasilkan cukup bertenaga dan tidak pecah. Ini tentu berkat hadirnya speaker dan woofer dari pabrikan JBL dan dukungan teknologi audio Dolby Advanced Audio V2 yang dimilikinya.
Untuk baterai, penggunaan sehari-hari untuk mengetik dan browsing baterainya bisa bertahan hingga sekitar 4 jam. Sementara jika digunakan untuk gaming dengan pengaturan tertinggi, baterainya hanya bisa sanggup bertahan hingga sekitar 1 jam 30 menit.

Kesimpulan
Laptop gaming saat ini kembali tengah diminati. Dibanderol harga mencapai sekitar Rp19.999.000, Lenovo Y70-70 memang tergolong tidak murah. Kendati demikian, setidaknya ini cukup sebanding dengan spesifikasinya yang sangat bertenaga, audio premium, dan layar sentuh Full HD yang berukuran 17.3 inci. Ini membuatnya bisa menjadi solusi yang lebih praktis untuk para pekerja di industri kreatif atau gamer yang tidak ingin repot merakit sebuah PC.

Yang Canggih
+ Performa sangat bertenaga cocok untuk beragam kebutuhan
+ Desain menarik
+ Bodi relatif tipis
+ Audio Premium

Yang Kurang
– Layar sentuh kurang berguna
– Daya tahan baterai rata-rata
– Bobot relatif berat

Back to top button