Quantcast
Sains & Teknologi

Canggihnya Pemanfaatan Teknologi Robot Journalism untuk Menghimpun Konten

Isu jurnalisme mesin atau juga dikenal sebagai Robot Journalism sudah mulai mengemuka di Amerika Serikat. Konsepnya, mesin akan menulis artikel yang dihimpun dari berbagai sumber yang ada. Selain lebih efisien, kerjanya juga lebih cepat dan fleksibel karena tidak mengenal waktu.

Menariknya, teknologi tersebut sudah dimanfaatkan oleh sebuah situs berita terbaru di Indonesia yaitu Beritagar.id. Dengan teknologi tersebut, situs ini tidak hanya melakukan agregasi atau mengumpulkan konten dari berbagai sumber, tapi juga dapat menyunting dan menceritakan ulang konten tersebut secara otomatis.

beritagar launch

Computer-assisted Reporting
Untuk mengumpulkan konten yang lengkap, komprehensif, dan relevan bagi pembaca, Beritagar.id menjadi media pertama di Indonesia yang memanfaatkan teknologi computer-assisted reporting (Pelaporan dengan Bantuan Komputer).

Teknologi berbasis Machine Learning dan Natural Language Processing karya Jim Geovedi dan tim Rekanalar bekerja seperti robot yang secara otomatis membantu tim Redaksi Beritagar.id mengumpulkan, merangkum dan menganalisis beragam konten yang bertebaran di Internet, sekaligus menyajikan hasil pencariannya dalam bentuk draft tulisan yang terstruktur.

Draft dan data ini kemudian akan disunting dan diceritakan kembali menjadi berbagai bentuk konten baik seperti tulisan, infografik maupun videografik. Tidak sebatas pengumpulan informasi, Mesin Rekomendasi dalam Beritagar.id juga akan secara pintar memprediksi konten atau iklan yang relevan dengan pembaca, tanpa pembaca merasa terganggu.

Walaupun mengandalkan mesin, Beritagar.id juga memiliki tim editor yang juga dapat beralih tugas sebagai reporter untuk memastikan kualitas konten yang disajikan.

“Kehadiran Beritagar.id diharapkan bisa menjawab kebutuhan masyarakat akan media digital alternatif yang menawarkan konten berkualitas dan relevan dari berbagai sumber,” lanjut Herman Kwok.

Visi ini sejalan dengan tagline Beritagar.id yaitu “Merawat Indonesia”. Dengan visi “Merawat Indonesia”, diharapkan konten yang disajikan oleh Beritagar.id dapat menjaga keanekaragaman budaya dari bangsa Indonesia yang plural, serta melestarikan nilai-nilai baik seperti toleransi dan kerukunan antar suku.

Satu komentar

Back to top button