Quantcast
OperatorXL

Kerjasama XL & Indomaret untuk Berikan Harga Pulsa yang Pas

Membeli pulsa merupakan kegiatan rutin yang dilakukan. Bahkan operator juga telah menyediakannya di berbagai outlet untuk memberi kemudahan bagi penggunanya. Salah satu outlet yang amat populer untuk membeli pulsa adalah di minimarket yang kini semakin mudah ditemukan di berbagai kota. Namun, seringkali harga pulsa di sana tidak sesuai dengan denominasi pulsa tersebut. Tidak ingin hal itu terjadi terus menerus, XL ingin memberikan kepastian harga pulsa bagi pelanggannya.

“Kami melakukan kerjasama dengan Indomaret untuk melakukan penjualan pulsa. Salah satu targetnya adalah menambah channel distribution. Selain itu adalah untuk mengontrol harga pulsa di pasaran. Jadi harga sesuai nilai pulsa yang dibeli,” ujar Danny Chew Kar Wei, Chief Commercial Officer XL menjelaskan.

XL-Indomaret 1

Jadi nantinya pelanggan akan membayar sesuai nominal pulsa yang dibeli. Misalnya, Anda akan membayar 50 ribu rupiah (bulat) untuk pulsa senilai 50 ribu. XL juga memperkenalkan denominasi baru pulsa yakni 15 ribu dan 30 ribu. Sedangkan di pasar sebelumnya sudah ada denominasi 5 ribu, 10 ribu, 25 ribu, 50 ribu dan 100 ribu. Dengan demikian, harapannya, transaksi pulsa di modern channel dapat meningkat dari yang sebelumnya sekitar 30% dari total penjualan pulsa.

Kerjasama ini dilakukan karena XL melihat adanya pergeseran tren berbelanja pada masyarakat Indonesia ke toko-toko modern seperti Indomaret. Selain itu, menambah alternatif channel distribusi. Perlu diketahui, Indomaret saat ini memiliki 11.466 toko yang tersebar di seluruh Indonesia hingga pelosok daerah. Terbukti dengan adanya kerjasama ini XL telah mencatat peningkatan revenue sekitar 42%.

Di Indomaret, total transaksi yang terjadi adalah 150 juta transaksi setiap bulan di semua outlet Indomaret. Sekitar 10 juta transaksi tersebut adalah transaksi pulsa semua operator atau sekitar 8% transaksi setiap bulannya di seluruh outlet.

Ke depan, kerjasama ini diharapkan dapat ditingkatkan lagi. Misalnya, dengan membeli pulsa dapat bonus ‘barang’. “Namun, kerjasama seperti itu masih kita kaji dulu. Masih dipelajari terlebih dahulu, biasanya masyarakat membeli pulsa dengan produk apa? Jadi ketika programnya dikeluarkan memang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pelanggan XL dan konsumen Indomaret,” ujar Danny menambahkan.

Back to top button