Review BenQ B502

Menemukan smartphone dengan spesifikasi mumpuni , kamera resolusi tinggi, serta desain tipis di rentang harga 1 jutaan rupiah bukanlah hal yang mudah. Selalu ada kompromi untuk menekan ongkos produksi sehingga harga jualnya menarik minat konsumen.

Salah satu perusahaan teknologi legendaris asal Taiwan, BenQ, memiliki ambisi besar untuk menembus pasar smartphone di Indonesia. Untuk produk pertamanya di tahun 2015, BenQ akan memasarkan BenQ B502 di Indonesia.

Desain langsing nan cantik

benq-b502-white

Bodi ponsel yang tipis dan menawan ini akan langsung memikat siapa saja yang melihatnya. Dengan ketebalan yang hanya 6,99mm, B502 merupakan salah satu ponsel tertipis di rentang harganya. Untuk bagian tutup baterai, digunakan bahan plastik yang kesat dan tidak licin. Ini penting bagi Anda yang akan memegangnya untuk waktu cukup lama saat bermain game.
Jika kebanyakan ponsel di kelas harganya memiliki desain yang terkesan seadanya, BenQ B502 tampil rapi dan minimalis. Walaupun garis desainnya cukup tajam dan tegas, namun tetap nyaman di genggaman berkat sudut yang melengkung lembut.

Untuk urusan tampilan, B502 juga kompeten. Layar 5 incinya telah mengusung resolusi HD 720 x 1280 pixel, tergolong tajam untuk menampilkan semua konten. Pada saat diuji memutar video dan memainkan game, semburat warnanya mampu memanjakan mata. Dengan panel IPS, sudut pandang dari samping juga cukup baik. Namun di bawah pancaran sinar matahari terik, tampilan di layar tidak terlihat jelas walaupun sudah disetel pada tingkat kecerahan yang tertinggi.

Performa memadai
Di dapur pacu B502, Anda akan menemukan chipset Mediatek dengan prosesor quad-core 1,3GHz. Ada dua versi B502, yaitu dengan RAM 1GB dan RAM 2GB. Kebetulan YANGCANGGIH.COM kebagian versi RAM 1GB. Dari sisi penggunaan, kinerjanya cukup memadai.

screenshot 1 game benq b502

antutu benq b502
Tugas rutin seperti menavigasi menu dan beralih aplikasi dapat dilewati dengan baik. Tentunya dengan RAM 1GB itu berarti Anda harus cukup rajin menutup aplikasi di latar yang tidak terpakai. Untuk performa game, kami mencoba memainkan Real Boxing yang dapat dijalankan dengan mulus. Beralih ke multimedia, video Full HD juga dapat dimainkan dengan baik dan tanpa hambatan. Saat diuji dengan Antutu, BenQ B502 menunjukkan raihan angka di kisaran 18 ribu. Hasil ini cukup baik dan menyaingi ponsel-ponsel Android di kelas harganya.

Daya tahan baterainya termasuk rata-rata. Saat diuji, baterainya mampu bertahan sekitar 8 jam saat digunakan secara intensif untuk memotret, terhubung ke sosial media, dan browsing. Tentunya ini salah satu kompromi yang harus dilakukan BenQ untuk menyajikan bodi ponsel yang tipis dan langsing.

svg%3E

Fitur penunjang kecantikan
Di dalam B502, BenQ telah menyertakan kumpulan aplikasi menarik yang tergabung dalam seperti Q Family. Ada Qmemo untuk mencatat singkat, Qmoney untuk mencatat pengeluaran keuangan, QissMusic untuk memutar musik, dan sebagainya.

Daya tarik BenQ B502 terletak pada kamera dan aplikasi pendukungnya. Tidak cukup dengan kamera utama 13 megapixel dan kamera depan 5 megapixel, BenQ juga memasukkan Beauty Mode yang berguna untuk mempercantik hasil foto selfie. Dengan fitur ini, Anda dapat mengatur skintone, menghilangkan jerawat dan kerutan di wajah, serta menyempurnakan bentuk wajah sesuai keinginan. Boleh dibilang ini adalah versi digital bedah plastik tanpa pisau.

Sedangkan bagaimana dengan hasil fotonya? Kamera utama 13 megapixel B502 mampu menghasilkan foto dengan detail yang baik dan reproduksi warna yang menyenangkan. Namun sayangnya dari saat tombol shutter dipencet hingga ponsel merekam foto dan siap memotret lagi, dirasakan ada lag yang cukup mengganggu. Lag ini juga semakin lama saat memotret di kondisi minim cahaya yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mengunci fokus. Hasil foto di kondisi minim cahaya juga menurun drastis, dengan noise yang mengganggu dan detail foto yang terkikis. Namun untuk kelas harganya, hasil foto BenQ B502 cukup baik dan tidak kalah dengan pesaingnya.

Berikut hasil foto langsung dari BenQ B502, tanpa penyuntingan. Untuk hasil foto lengkap, kunjungi akun Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.

Kesimpulan
Mengambil pendekatan pada desain cantik ekstra tipis, fitur dan spesifikasi mumpuni, serta kamera resolusi tinggi, BenQ B502 berhasil menjadi sebuah smartphone Android yang cukup unik di kelasnya. Bagi kebanyakan pengguna, performanya akan sudah lebih dari memadai. Fungsi kameranya sendiri cukup unik dan variatif sehingga akan dapat memicu kreativitas penggunanya.

Dengan fitur Beauty Mode, BenQ sepertinya secara spesifik membidik kaum hawa. Namun dengan pilihan warna hitam dan putih, B502 tetap pantas digunakan kaum pria yang ingin tampil stylish. Jadi bagi Anda yang mencari smartphone berdesain tipis dan keren, memiliki spesifikasi memadai, serta bandrol harga 1,79 juta rupiah yang relatif bersahabat, BenQ B502 layak menjadi pertimbangan.

Yang Canggih:
+ Desain ekstra langsing yang cantik
+ Performa cukup baik
+ Layar HD yang tajam
+ Hasil foto baik
+ Harga relatif terjangkau

Yang Kurang:
– Daya tahan baterai rata-rata
– Kamera kurang responsif
– Hasil foto di kondisi minim cahaya kurang

[table]Spesifikasi;BenQ B502
Prosesor;Mediatek quad-core 1,3GHz
RAM;1GB / 2GB
Memori internal;8GB / 16GB
Layar;5 inci IPS HD 1280 x 720 pixel
OS;KitKat 4.4.2
Kamera utama;13 megapixel
Kamera depan;5 megapixel
Dimensi;14.4 x 6.97 x 0.7cm
Bobot;125 gram
Harga;Rp1.799.000 untuk versi RAM 1GB & memori 8GB, Rp2.199.000 untuk versi RAM 2GB & memori 16GB
[/table]

Verified by MonsterInsights