Kodak PixPro SP360: Kamera Aksi untuk Merekam Video Panorama 360°

Tidak ingin ketinggalan tren kamera aksi yang sedang panas-panasnya, Kodak kembali bangkit dari mati surinya. Kebangkitannya ditandai dengan memperkenalkan kamera aksi pertamanya, Kodak PixPro SP360.

kodak sP360-1

Melalui pabrikan JK Imaging yang memegang lisensi resmi untuk memproduksi kamera dengan label merek Kodak, Kodak PixPro SP360 menawarkan fitur rekam video panorama dengan sudut 360°. Ini bukan konsep yang baru, mengingat Ricoh Theta 315 juga memiliki konsep serupa.

Mengadopsi desain mirip kamera GoPro dengan bentuk kotak sederhana, Kodak PixPro SP360 telah membawa sebuah lensa dengan sudut pandang 360°. Di posisi sumbu horizontal-nya, lensa ini bisa bergerak penuh hingga sudut 360°. Sementara di posisi sumbu vertikal, lensanya bisa bergerak hingga sudut 214°. Dengan begitu, selain bisa merekam video panorama dengan sudut hingga 360°, Kodak PixPro SP360 juga dapat merekam subyek yang ada di depan dan belakang lensa secara bersamaan. Keren kan?

svg%3E

Di balik bodi mungilnya, kamera aksi ini telah mengemas sensor CMOS 16 megapixel. Resolusi video yang didukung adalah Full HD 1080/30p atau 720/60p. Untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna tersedia beberapa ragam mode sudut pengambilan gambar untuk rekam video yang cukup variatif. Seperti misalnya mode pengambilan video dengan sudut 360° panorama, 360° dengan mode ring view interaktif, split 180°yang bisa merekam langsung bagian depan dan belakang, 214° dome view, dan 214° front view untuk hasil video dengan tampilan normal tanpa distorsi.

kodak SP360-2

Kodak PixPro juga telah dilengkapi dengan WiFi, dan bisa terhubung dengan mudah ke perangkat smartphone atau tablet lewat bantuan NFC. Selain itu, kamera juga memiliki fitur timelapse, burst mode berkecepatan 10fps dan telah membawa sensor yang bisa secara otomatis merekam video dengan mendeteksi gerakan subjek. Agar dapat menemani penggunanya bertualang, Kodak PixPro SP360 dirancang tangguh. Kamera ini dapat menyelam hingga kedalaman 2 meter dengan bantuan aksesoris case tambahan miliknya, anti benturan dan tahan beku hingga -10° Celcius.

Kodak PixPro SP360 saat ini sudah tersedia di pasaran Amerika. Harganya dibanderol US$350 atau sekitar Rp4.200.000, tidak berbeda jauh dengan GoPro. Belum ada info kapan produk ini akan tersedia di Indonesia.