Quantcast
CamcorderFoto & VideoNews

Blackmagic URSA: Kamera Video 4K Profesional Berkonsep Modular

Di ajang NAB 2014 yang berlangsung di Las Vegas, Blackmagic Design resmi menghadirkan kamera video kelas profesional yang inovatif, Blackmagic URSA.

blackmagic URSA-1

Investasi untuk sebuah kamera video profesional memang tidak murah. Oleh karena itu, Blackmagic menghadirkan URSA yang berkonsep modular. Dengan konsep modular ini, Anda bisa upgrade bagian sensor, mount lensa dan connector pengendali lensa dengan mudah ketika ada teknologi baru. Itu berarti Anda tidak perlu membeli kamera video baru untuk mendapatkan teknologi terbaru.

Dari spesifikasinya, Blackmagic URSA hadir dengan sensor 4K Super 35mm global shutter. Dengan sensor ini, URSA mampu menyajikan perekaman video hingga resolusi 4K dengan hasil video pada format Cinema DNG RAW dan Apple ProRes yang minim kompresi, hemat ruang penyimpanan dan mempermudah alur kerja saat proses penyuntingan.

Semua komponen yang dimiliki URSA dikemas dalam bodi bergaya futuristis yang terbuat dari bahan alumunium. Kamera dilengkapi dengan layar LCD yang bisa dilipat. Layar berukuran 10 inci dan 2 layar 5 inci tambahan di kedua sisi bodinya yang akan menampilkan informasi timecode, histogram, dan indikator lain seperti lingkup spectrum untuk mengecek fokus. Blackmagic URSA juga menyediakan 2 buah selot kartu CFast dan memiliki 2 buah XLR input dan VU meter untuk merekam suara.

Blackmagic URSA tersedia dalam 4 pilihan model. Model URSA PL yang mendukung lensa PL dan URSA EF yang mendukung penggunaan lensa EF Canon, Carl Zeiss dan lensa lainnya. Kedua model ini sama-sama menggunakan sensor 4K Super 35mm.

Untuk kebutuhan broadcasting, hadir pula URSA Broadcast B4 yang akan tersedia di akhir 2014. Model ini dibekali dengan sensor Ultra HD dan dudukan lensa B4 yang umum digunakan untuk Broadcasting. Terakhir adalah URSA HDMI yang datang tanpa sensor dan mounting lensa. Dengan URSA HDMI, pengguna bisa memanfaatkan seluruh keunggulan bodi Blackmagic URSA seperti misalnya konektor HDMI yang mampu menerima input 4K, layar sentuh 10 inci dan 2 layar berukuran 5 inci yang dapat menampilkan pengaturan kamera. Keuntungan lain dari model URSA HDMI ini yaitu Anda bisa memasang seluruh kamera DSLR merek apapun asal memiliki port HDMI untuk dipasangkan dengan URSA HDMI dan menggunakannya sebagai kamera video.

Blackmagic URSA EF akan tersedia di bulan Juli dengan harga sekitar US$5.995, lalu Blackmagic URSA PL US$6.495. Sedangkan harga URSA Broadcast dan URSA HDMI belum diumumkan.

Back to top button