Blackmagic Studio Camera: Andalkan Viewfinder Ekstra Besar untuk Siaran Langsung

Untuk segmen broadcasting, Blackmagic juga telah menyiapkan kamera video Blackmagic Studio Camera khusus untuk pengambilan video siaran langsung di studio.

blackmagicstudiocamera-1

Semua fitur yang ada di Blackmagic Studio Camera memang khusus hadir untuk mengakomodasi produksi acara siaran langsung. Blackmagic studio tersedia dalam 2 model. Model dengan sensor HD berukuran 12.48 x 7.02 mm yang dapat digunakan untuk menghasilkan video pada resolusi Full HD 1080p dan model Ultra HD yang bisa menghasilkan video hingga resolusi 4K. Masalah umum yang ditemukan pada kamera untuk produksi siaran langsung adalah ukuran jendela bidik atau viewfinder yang kecil. Nah, di Blackmagic Studio Camera ini Anda akan menemukan viewfinder dengan layar berukuran 10 inci. Bahkan, Blackmagic Studio Camera juga berhasil mencatat prestasi sebagai kamera video profesional untuk produksi siaran langsung berdimensi terkecil, namun memiliki viewfinder terbesar di dunia.

blackmagic studio camera-2

Uniknya lagi, Blackmagic Studio Camera hadir dengan dudukan lensa MFT (Micro Four Third) yang mendukung penggunaan lensa MFT dan lensa lain via adaptor tambahan. Kamera juga memiliki koneksi serat optik untuk output kamera dan input monitoring, talkback yang bisa digunakan untuk sarana komunikasi antaroperator kamera dan kru lainnya selama produksi berlangsung.

Di samping itu, kamera juga mendukung tally standard SDI serta cocok dengan dengan jajaran produk production switchers ATEM untuk siaran langsung. Daya tahan baterainya juga tidak perlu diragukan. Blackmagic Studio Camera dapat dipakai untuk mengambil gambar hingga sekitar 4 jam.

Blackmagic Studio Camera dibanderol dengan harga mulai dari sekitar US$1.995 atau Rp22,7 juta dan saat ini sudah tersedia di pasar Amerika. Untuk model 4K ditawarkan dengan harga US$2.995 atau sekitar Rp34 juta dan tersedia di bulan Juni 2014.