Microsoft Office Kini Tersedia untuk iPad

Microsoft akhirnya merilis iPad Office Suite. Dengan paket aplikasi perkantoran terbarunya itu, Anda bisa bekerja menggunakan Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint di iPad. Sebagaimana aplikasi perkantoran lain yang dibuat khusus untuk tablet, Office Suite dari Microsoft ini telah dioptimalkan untuk dioperasikan dengan sentuhan jari. Jika kurang nyaman menggunakan sentuhan, Anda juga bisa mengetik dengan wireless keyboard.

Aplikasi Word, Excel, dan PowerPoint yang ada di iPad ini memiliki fungsionalitas yang sama seperti versi desktop. Ketiga aplikasi tersebut tersedia secara gratis, tapi hanya pelanggan Office 365 yang dapat menciptakan dan menyunting dokumen. Sedangkan pengguna biasa hanya dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuka dokumen saja. Bagi yang ingin berlangganan Office 365, dapat melakukannya di tautan berikut atau dapat membelinya di aplikasi seharga US$99.


Microsoft Word

Aplikasi Microsoft Word yang untuk iPad memiliki tampilan yang bersih serta mudah digunakan. Sama seperti versi desktop, Anda bisa membuat teks yang dimiringkan, ditebalkan atau diberi garis bawah. Teks yang telah dibuat dapat dibuat rata kiri, rata kanan, tengah, atau rata di sisi kiri dan kanan. Lalu, jenis dan ukuran hurufnya pun bisa dipilih.
Pilihan Bullets juga turut disediakan di sini. Di samping itu, Anda juga bisa memasukkan foto, gambar atau tabel. Bila teks atau gambar yang tampak pada layar terlihat kecil, Anda tinggal membesarkannya dengan fitur Zoom. Semua itu dapat dilakukan dengan kendali sentuhan jari atau menggunakan wireless keyboard.

OfficeHeroPortrait_iPad_Slvr

Jika ingin cepat, Anda dapat memanfaatkan keyboard shortcut yang disediakan Microsoft Word untuk iPad ini. Contohnya saja, Ctrl+P untuk mencetak atau print dokumen. Hasil ketikan Anda bisa disimpan di iPad atau dipindahkan ke layanan komputasi awan Microsoft OneDrive yang serupa dengan DropBox atau Google Drive.

Microsoft Excel

svg%3E

Versi iPad ini menawarkan pula kemampuan yang ada di Microsoft Excel untuk desktop. Anda bisa membuat tabel, bagan, komentar, hyperlinks, dan tentu saja membuat formula untuk menghitung berapa besar nilai penjualan atau laba Anda selama setahun.

ExcelHero_iPad_Slvr

Excel akan secara otomatis menyimpan spreadsheet berisi hasil kerja Anda sehingga Anda tak perlu khawatir kehilangan data. Apabila ingin memperlihatkan hasil pekerjaan Anda kepada boss atau rekan kerja yang lain, Anda tinggal mengirimkan email hyperlink atau seluruh spreadsheet.

Microsoft PowerPoint

Jika sudah terbiasa menggunakan Microsoft PowerPoint di dekstop, Anda pasti akan akrab dengan tampilan yang ada di iPad. Aplikasi ini mudah digunakan dan Anda bisa membuat materi presentasi dengan sentuhan jari atau keyboard wireless.

Anda juga dapat memasukkan animasi, gambar, tabel, bagan atau SmartArt dengan mudah. Saat presentasi, gunakan laser pointer yang sudah terintegrasi, pulpen atau highlighters untuk menunjukkan data yang ingin Anda sampaikan. Lagi-lagi, Anda bisa memanfaatkan OneDrive untuk melihat lampiran email dan mengakses semua file presentasi yang ada di PowerPoint.

Selain tersedia untuk iPad, Microsoft Office ini juga tersedia untuk iPhone dan Android walaupun dengan fungsionalitas yang lebih terbatas.