Quantcast
Foto & VideoKamera sakuNews

Ricoh WG-20 & WG-4: Kamera Tangguh dengan Lampu LED untuk Fotografi Makro

Ricoh kembali merilis kamera tangguh bagi para petualang yang terdiri dari tipe WG-20 dan WG-4. Kedua kamera ini disiapkan dengan desain mirip. Yang berbeda adalah spesifikasi dan fitur ketahanannya. Bagi yang mengikuti berita tentang kamera, mungkin akan mengenali desainnya yang mirip seperti kamera Pentax tahan air yang pernah dirilis sejak beberapa tahun lalu. Dan memang benar. Pasalnya, beberapa waktu silam, Ricoh telah membeli Pentax. Jadi kini untuk jajaran kamera sakunya, Ricoh Pentax menggunakan nama Ricoh. Nama Pentax sendiri masih digunakan untuk jajaran kamera DSLR.

Ricoh WG-4

Yang pertama adalah Ricoh WG-4. Kamera saku ini hadir dengan sensor BSI-CMOS beresolusi 16 megapixel, lensa 25mm berdiafragma F/2.0 dengan kemampuan zoom optical 4X dan telah dilengkapi sensor-shift image stabilization untuk mengurangi foto yang buram akibat guncangan tangan saat memotret.

Untuk membantu Anda memotret, WG-4 menyediakan layar LCD berukuran 3 inci. Bagian lensanya juga telah dilengkapi dengan 6 buah lampu LED. Fungsi lampu LED ini untuk menerangi saat hendak memotret makro.

Kemasan bodi WG-4 telah mendapatkan sertifikasi IPX8 sehingga dapat diajak menyelam hingga kedalaman 14 meter selama 2 jam, tahan terhadap benturan jika terjatuh dari ketinggian 2 meter, antidebu dan antibeku hingga -10 derajat celcius. Bila Anda ingin menandai lokasi tempat pengambilan foto, Ricoh juga menyiapkan WG-4 yang telah dilengkapi modul GPS.

Ricoh WG-20

Sementara WG-20 merupakan versi yang lebih terjangkau dari WG-4. Kamera ini hadir dengan sensor CCD 14 megapixel, lensa 28mm berkemampuan zoom optical 5x dan layar LCD yang berukuran lebih kecil yaitu 2,7 inci.

Sama seperti WG-4 bagian lensa WG-20 juga telah dilengkapi dengan lampu LED untuk foto makro. Namun, jumlahnya lebih sedikit yaitu hanya 5 lampu LED. Agar hasil bidikan foto tetap tajam, WG-20 dilengkapi dengan digital shake reduction yang optimal digunakan untuk memotret atau merekam video.

Soal ketangguhan, Ricoh WG-20 dapat dibawa masuk ke dalam air hingga kedalaman 10 meter, antidebu, antibenturan dari ketinggian 1,5 meter dan antibeku hingga -10° Celcius.

Kedua produk ini akan tersedia di bulan Maret 2014. Ricoh WG-20 tersedia dalam pilihan warna merah dan putih dengan harga sekitar US$199,95 atau Rp2,4 juta. WG-4 harganya US$329,95 atau Rp4 juta serta tersedia dalam warna silver dan lime yellow. Dan versi WG-4 GPS yang berwarna hitam dan biru dibanderol dengan harga US$379,95 atau Rp4,6 juta.

2 komentar

  1. Bedanya dengan Pentax WG-3 Apa ya, saya berniat beli kamera outdoor. mohon informasinya, atau ada rekomedasi merek lain yang lebih handal. terimakasih

    1. @fatah
      untuk mirrorless, coba Nikon 1AW1. Kalo pocket, Nikon AW110 atau Canon D30.

Back to top button