Quantcast
AndroidAplikasi

3 Aplikasi Android untuk Menyimpan Aplikasi di Memori Eksternal

Bagi sebagian besar pengguna Android, memori internal yang kecil seringkali menjadi masalah. Tapi tenang saja, kali ini kami hadirkan 3 aplikasi pilihan untuk memindahkan aplikasi pada memori internal ke dalam kartu microSD. Dengan begitu, Anda dapat memaksimalkan memori internal pada Android.

1. Move Apps (Apps 2 SD)

Move Apps

Aplikasi karya ProbComp ini berguna untuk memindahkan aplikasi berukuran besar dari memori internal di dalam smartphone dan tablet Android ke dalam kartu microSD. Move Apps akan menampilkan aplikasi ke dalam 4 kategori, yaitu Moveable, Phone Only, SDCard, dan All Apps.

Untuk memudahkan saat memilih aplikasi yang akan dipindahkan, Move Apps menyediakan fitur List yang secara otomatis mengatur aplikasi yang dapat dipindahkan sesuai dengan susunan abjad. Aplikasi ini juga bisa memunculkan notifikasi jika Anda memasang aplikasi baru yang dapat dipindahkan langsung ke microSD. Aplikasi pintar ini tersedia secara gratis pada Google Play Store.

2. App2SD Easy

App2Sd

Aplikasi buatan Bazinga! ini menawarkan fitur dan tampilan yang lebih baik jika dibandingkan dengan Move Apps. Selain menampilkan list berisi aplikasi yang telah dipasang pada memori internal, App2SD Easy juga akan mengingatkan Anda agar tidak memindahkan aplikasi tertentu sekaligus memberikan alasannya.

Contohnya saja ketika Anda memindahkan aplikasi yang memiliki widget yang sedang digunakan, App2SD Easy ini akan memunculkan peringatan bahwa widget yang terpasang tidak akan berfungsi dengan baik bila Anda ingin memindahkan aplikasi utama dari widget tersebut kedalam microSD.

Aplikasi App2SD Easy ini juga telah dilengkapi dengan fitur yang dapat memindahkan lebih dari 1 aplikasi dari memori internal kedalam kartu memori microSD Anda. Tertarik menggunakan App2SD? Aplikasi ini dapat diunduh langsung melalui Google Play Store.

3. AppMgr III

AppMgr3

Aplikasi ketiga ini paling lengkapi dibandingkan kedua aplikasi di atas. Dengan fungsi dan fitur dasar yang sama dengan Move Apps dan App2SD Easy, aplikasi karya Sam Lu tersebut menawarkan fungsi App Manager dan Hide App ke dalam pilihan pada menu utama aplikasi.

Menggunakan App Manager , Anda dapat memindahkan aplikasi satu persatu dari memori ke dalam microSD atau beberapa aplikasi sekaligus (batch move apps). Anda juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk menghapus aplikasi yang tidak diinginkan dengan batch uninstalling. Penghapusan atau pembersihan cache dapat pula dilakukan dengan fitur Batch Cache Cleaning.

Anda juga dapat memilih dan menyembunyikan aplikasi yang ada dari deretan aplikasi pada Android. Jadi jika memiliki aplikasi khusus yang tidak ingin diketahui orang lain, Anda dapat menyembunyikan aplikasi tersebut dari home drawer Android. Setelah disembunyikan, Anda dapat mengakses aplikasi tersebut melalui App Manager. Aplikasi AppMgr III ini dapat langsung diunduh pada Google Play Store.

6 komentar

  1. Percuma aja
    Dari ke 3 aplikasi di atas ga ada yg bisa tanpa melakukan root terlebih dahulu

  2. Tny, dari ketiga aplikasi yang bisa digunakan di samsung s3 mini yg mana?

Back to top button