Quantcast
KomputerNewsTablet PC

Galaxy Tab 3 Lite, Tablet Samsung dengan Harga Paling Terjangkau

Guna semakin menancapkan dominasinya di pasar tablet Android, Samsung kini mulai melirik pasar tablet kelas menengah ke bawah. Untuk ceruk pasar 2 jutaan ke bawah, sejauh ini memang belum ada tablet Samsung yang dipasarkan di situ. Jika di luar negeri, Google Nexus 7 dan Kindle Fire adalah raja dan ratunya di segmen harga ini. Namun untuk pasar Indonesia, tablet merek lokal dan merek Cina yang mengutamakan harga murah masih mendominasi pasar tablet di bawah 2 juta rupiah.

Tak mau tertinggal, Samsung kembali memperkenalkan tablet 7 inci terbarunya dengan nama Galaxy Tab 3 Lite yang akan bersaing di kelas harga 2 jutaan rupiah.

Tab 3 Lite YC1

Sesuai namanya, tablet ini mengambil dasar dari Samsung Galaxy Tab 3. Perbedaan antara Galaxy Tab 3 Lite dan pendahulunya ini sebagian besar terletak spesifikasi yang dimilikinya. Selain spesifikasi, hampir seluruh bagian dari tablet ini sangat mirip dengan Galaxy Tab 3 termasuk ukuran dan resolusi layarnya. Perbedaan kecil akan dirasakan dari sisi bobotnya yang kini sedikit lebih berat dibandingkan Galaxy Tab 3. Begitu juga dengan lebar dan tingginya yang sedikit lebih lebar. Namun untuk ketebalan bodi, Tab 3 Lite tampil sedikit lebih tipis.

Melihat penggunaan kata Lite pada tablet ini, wajar jika Anda beranggapan bahwa spesifikasi yang dimilikinya akan lebih rendah dari Galaxy Tab 3 7.0 biasa. Tapi ternyata tidak demikian, Samsung Galaxy Tab 3 Lite tetap dibekali dengan spesifikasi yang sama dengan Tab 3 7.0. Sebut saja penggunaan kombinasi prosesor dan RAM yang serupa dengan dual-core 1.2GHz dan RAM 1GB.

Tab 3 Lite YC2

Berdasarkan spesifikasi resmi Galaxy Tab 3 yang dikeluaran oleh Samsung, ada beberapa hal yang mengalami perubahan dari Galaxy Tab 3 biasa, yakni penggunaan modul kamera dan juga kapasitas daya baterai. Jika pada Galaxy Tab 3 biasa, Samsung menggunakan kamera dengan resolusi 3 megapixel dan baterai 4.000mAh, maka ada sedikit penurunan spesifikasi. Untuk Galaxy Tab 3 Lite, kamera yang disematkan hanyalah 2 megapixel dan baterai berkapasitas 3.600mAh. Selain itu, Samsung juga tidak memberikan kamera depan.

Samsung berencana akan memasarkan Galaxy Tab 3 Lite dalam waktu dekat, sayangnya hingga saat ini masih belum ada informasi resmi dari Samsung terkait harga jual tablet ini nantinya. Untuk pasar Indonesia, kami prediksikan Galaxy Tab 3 Lite ini akan tersedia pada bulan Februari dengan harga jual berkisar antara 2-2,5 juta rupiah.

[table]Spesifikasi;Samsung Galaxy Tab 3 Lite
Prosesor;Dualcore 1.2GHz
RAM;1GB
Layar;”7 inci, resolusi 1024×600 pixel”
Memori;Internal 8GB + microSD hingga 32GB
Konektivitas;HSPA+, WiFi, WiFi Direct, Bluetooth, microUSB
Kamera;2 megapixel
OS;Android 4.2 Jellybean
Baterai;3.600mAh
Dimensi;”116,4×193,4×9,7 milimeter”
Bobot;310 gram
[/table]

Satu komentar

Back to top button