CamcorderFoto & VideoKamera sakuNews

[CES 2014] Sony HDR-AS100V, Usung Lensa dan Sensor Lebih Baik

Sony kini menambah anggota keluarga kamera aksi miliknya dengan menghadirkan HD AS100V. Dari sisi desain, tidak banyak yang berubah. Sony HDR-AS100V masih berukuran mungil. Namun, Sony kali ini menambahkan mount tripod yang bisa dilepas pasang di bodinya agar dapat menggunakan tripod.

Sony HDR-AS100V

Selain itu, bodinya kini juga anticipratan air dan salju. Ini merupakan peningkatan yang cukup penting mengingat kamera aksi Sony yang sebelumnya membutuhkan housing tambahan jika Anda ingin memasangnya pada tripod atau membawanya di kala hujan atau bersalju.

Untuk merekam video, HDR-AS100V mengandalkan lensa ultrawide Zeiss Tessar terbaru yang diklaim dapat menghasilkan rekaman video lebih baik dengan sudut pengambilan gambar hingga 170 derajat. Sony juga meningkatkan fitur peredam getarnya yang kini dapat aktif secara otomatis dan menyesuaikan setiap pergerakan pengguna.

Di balik lensanya, Sony menghadirkan sensor Exmor R BSI CMOS 18 megapixel terbaru yang dipadukan dengan kinerja prosesor dari Sony BIONZ X. Dengan begitu, HDR-AS100V kini dapat digunakan untuk merekam video Full HD 1080p pada 60fps dalam format MP4 dan dalam format Sony XAVC-S 1080p60 dengan bit rate hingga 50Mbps. Selain itu, Anda juga bisa merekam video pada format 1080p24 dan video 720p berkecepatan tinggi pada 120fps dan 240fps lengkap dengan suara. Spesifikasinya ini menempatkan AS100V berhadapan dengan GoPro, walaupun ada varian GoPro yang telah dapat merekam video 4K.

Untuk konektivitas, HDR-AS100V telah memiliki koneksi Wi-Fi dan NFC. Modul GPS pun tersedia untuk mendukung kegiatan petualangan Anda. Sebagai aksesori tambahan, kamera dilengkapi dengan Sony Live-View Remote (RM-LVR1) yang bisa terhubung ke perangkat ini secara wireless dan berkat display LCD yang dimilikinya dapat membantu Anda melakukan pengaturan pada kamera ini.

Sony HDR-AS100V akan tersedia dengan harga US$299,99 di bulan Maret 2014. Sedangkan Sony HDR-AS100VR yang dijual sepaket dengan Live-View Remote ditawarkan dengan harga US$399,99.

Related Articles

Back to top button