Quantcast
CamcorderFoto & VideoNews

[CES 2014] FDR-AX100: Handycam 4K Konsumer Pertama Sony

Sony merilis perangkat handycam 4K terbaru, FDR-AX100, yang menyasar segmen pengguna semi profesional dan para videografer amatir.

FDR-AX100 merupakan handycam konsumer pertama dari Sony yang mampu merekam video pada resolusi 4K. Dimensinya sendiri lebih kecil dan ringan dari Sony FDR-AX1, handycam 4K profesional milik Sony yang diperkenalkan tahun lalu.

sony-AX100-1

Untuk merekam video, Sony FDR-AX100 dibekali dengan sensor backside illumination (BSI) EXMOR R CMOS 14,2 megapixel berukuran 1 inci yang dipadukan dengan teknologi prosesor BIONZ X untuk menghasilkan video resolusi 4K pada 24p dan 30p dengan encoding XAVC S.

Handycam ini juga dilengkapi dengan lensa wide 29 milimeter dari pabrikan Carl Zeiss dengan kemampuan 12x optical zoom.

Selain dapat merekam pada format XAVC S, Sony FDR-AX100 juga bisa menghasilkan video pada format AVCHD dan MP4. Kemampuan ini membuat hasil video tak perlu dikonversi lagi saat melakukan penyuntingan atau pengunduhan dalam format MP4. Alhasil, waktu yang diperlukan untuk penyuntingan bisa lebih hemat.

Ada fitur tambahan yang menarik dari handycam tersebut, yakni My Voice Cancelling yang dapat menghilangkan suara vokal sehingga tidak terekam saat pengambilan video. Fitur tambahan lainnya ialah ketersediaan opsi ND Filter 1/4, 1/16 dan 1/64 untuk menurunkan tingkat exposure.

Untuk memudahkan perekaman video, Sony menyediakan pula lubang intip elektronik berteknologi OLED dan sebuah layar LCD fleksibel dengan tingkat kerapatan pixel mencapai 921.000 titik.

Handycam ini dapat dihubungkan ke smartphone dan tablet PC berbasis Android lewat wi-fi atau teknologi NFC. Lalu, terdapat pula fitur DLNA untuk streaming hasil video ke TV yang tentunya mendukung pula fitur DLNA.

Kualitas terbaik video yang diambil menggunakan Sony FDR-AX100 akan terlihat ketika Anda menontonnya pada televisi beresolusi 4K. Jika TV Anda belum beresolusi 4K, video yang disajikan akan diturunkan secara otomatis ke resolusi Full HD dengan hasil yang tetap bagus.

Sony FDR-AX100 akan tersedia di bulan Maret 2014 dengan harga US$2.000. Belum ada info apakah handycam ini akan hadir di Indonesia.

[table th=”0″]” “;Sony A7r
Sensor; BSI CMOS EXMOR R 1 inci 14,2 megapixel
Video; 4K, 3840×2160 pixel
Konektivitas; Wi-Fi, NFC
Layar; LCD 3 inci, 921.000 titik
ViewFinder; Electronic OLED
[/table]

Satu komentar

Back to top button