Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

10 Smartphone Paling Dicari di Indonesia Sepanjang 2013

Di tahun 2013, smartphone dengan berbagai merek dan model masih membanjiri pasar Tanah Air. Animo konsumen terhadap ponsel-ponsel tersebut pun belum surut. Dari seluruh ponsel yang beredar di pasaran, berikut 10 smartphone yang paling banyak dicari di Indonesia versi Google Search.

1. Samsung Galaxy S4

samsung_galaxy_s4_hand
Ponsel bermerek Samsung memang sedang naik daun di Indonesia. Tidak mengherankan jika model-model terbarunya terus dicari orang. Pada tahun ini, Galaxy S4 berhasil menempati peringkat pertama dalam daftar smartphone paling dicari di Google.

Ketimbang versi sebelumnya, S3, smartphone Android untuk segmen premium itu memiliki spesifikasi lebih baik, mulai dari penggunaan chipset Exynos 5 Octa dan kamera 13 megapixel yang baik. Ulasan lengkapnya dapat dibaca di sini.

2. Nokia Lumia
Nokia Lumia 1320-1
Jajaran ponsel pintar berbasis OS Windows Phone dari Nokia ini ternyata cukup menarik perhatian para pengguna Google di tahun 2013. Model yang paling dicari ialah Lumia 520, 1020, 720, dan 620. Nokia Lumia 520, 720, dan 620. Jika diperhatikan, kebanyakan model yang populer dicari tersebut merupakan model yang dijual dengan harga terjangkau. Sementara Lumia 1020 membuat orang penasaran untuk mengetahui kecanggihan sensor kameranya yang mencapai 41 megapiksel serta jadwal peluncurannya di Indonesia.

3. Apple iPhone 5

Meski Android sedang berjaya, popularitas iPhone di Indonesia belum menurun. Buktinya, pencarian dengan topik iPhone 5 menduduki urutan ketiga di Google. Smartphone yang satu ini berhasil membuat fansnya penasaran selama bertahun-tahun.

iPhone 5 bahkan sempat menduduki peringkat pertama sebagai smartphone yang paling dicari pada 2011. Berbeda dengan generasi sebelumnya yang mengusung layar seluas 3,5 inci, iPhone 5 ini berlayar 4 inci. Hasilnya, desain lebih panjang dan layar bisa menampilkan lima baris aplikasi.

4. BlackBerry Z10

bb Z10
Walaupun layanan BlackBerry Messenger (BBM) sering mendapat kritik dari sejumlah pengguna, kehadiran BlackBerry Z10 ternyata tetap menggelitik konsumen untuk mencari informasi mengenai smartphone yang diluncurkan pada bulan Maret 2013 itu. Pencarian terbanyak tentang BlackBerry Z10 terjadi di bulan Maret. Pengguna Google umumnya menelusuri tentang harga produk. BlackBerry Z10 merupakan ponsel pertama yang mengusung sistem operasi BlackBerry 10. Harga awalnya Rp7 juta dan kini Rp4,4 juta.

5. Apple iPhone 5s

iphone5S_01
Kehadiran iPhone generasi terbaru di Indonesia kembali membuat penasaran para penggemar gadget. Sejak Januari hingga Desember 2013, minat pengguna Google untuk mencari informasi tentang iPhone 5s terus meningkat. Frekuensi pencarian tertinggi terjadi pada bulan September dengan harga sebagai topik utama. Saat ini, iPhone 5s ditawarkan dengan harga mulai dari Rp11 jutaan dengan kapasitas memori mulai dari 16GB sampai 64GB.

6. Samsung Galaxy S3
Kehadiran Samsung Galaxy S4 ternyata tak menyurutkan minat para pengguna Google untuk mencari informasi seputar S3. Smartphone yang diluncurkan pada 2012 itu dilengkapi dengan layar andalan Samsung, Super AMOLED, sistem operasi Android 4.0, dan prosesor quad core. S Beam juga hadir di ponsel ini untuk mempercepat serta mempermudah proses pengiriman file video, musik, gambar dan dokumen hanya dengan mendekatkan Galaxy S3 satu dengan yang lain.

7. Samsung Galaxy Fame

samsung-galaxy-fame

Selain S3 dan S4, anggota keluarga Galaxy yang juga sering dicari pengguna Google adalah Samsung Galaxy Fame. Berdasarkan data yang tercatat di Google, topik pencarian teratas untuk Fame jatuh pada harga. Berbeda dengan S3 dan S4 yang merupakan produk premium, Fame masuk dalam kategori smartphone low-end. Dengan harga Rp2 juta, konsumen sudah bisa mendapatkan smartphone bersistem Android yang desainnya mirip S3 serta berfitur lengkap. Produk ini juga sempat menjadi trending topic di Twitter.

8. Sony Xperia Z

sony-xperia-z-ultra-features-waterresistance

Ponsel berlayar 5 inci besutan Sony ini masuk dalam daftar 10 smartphone paling dicari di Google pada 2013. Jika dilihat dari ukuran layarnya, Xperia Z juga memenuhi syarat sebagai handset yang diramalkan akan menjadi tren di tahun 2013. Berbekal layar Xperia Z yang besar, lengkap dengan resolusinya yang mencapai 1.920×1.080 piksel, pengguna bisa menonton video, berselancar internet, dan main game dengan nyaman. Smartphone Android kelas premium yang satu ini juga menandai terjadinya perubahan pada siklus desain Sony.

9. Smartfren Andromax
smartfren
Untuk gadget merek lokal, Smartfren Andromax berhasil masuk dalam jajaran 10 smartphone paling dicari di Google pada 2013. Selama 2013, operator CDMA Smartfren memasarkan Andromax C, New Andromax i, Andromax U, Andromax V, dan Andromax U2.

Topik penelusuran yang sedang naik daun juga menunjukkan adanya kenaikan yang tajam pada pencarian informasi seputar Andromax C, U, dan V. Berkat harganya yang terjangkau, mulai dari yang di bawah Rp1 juta, Andromax merupakan ponsel Android yang diincar orang.

10. Mito a300

Mito-A300

Selain Andromax, ponsel bermerek lokal lain yang paling dicari selama 2013 adalah Mito a300. Handset berlayar 4 inci ini mengusung fitur dual on GSM. Mito a300 memiliki fitur multimedia yang terbilang lengkap, yaitu audio dan video player, radio FM, kamera beresolusi 2MP, dan TV Tuner Analog untuk menonton siaran televisi.

Perangkat berprosesor dual core dengan RAM 512MB ini juga dilengkapi dengan sistem operasi Android Ice Cream Sandwich. Mito a300 dipasarkan dengan harga di bawah Rp1 juta.

Dari sepuluh smartphone tersebut di atas, mana yang Anda pilih?

Satu komentar

Back to top button