Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Acer Liquid Z3 Duo

Android yang kini semakin populer, membuat banyak kalangan ingin mencoba sistem operasi besutan Google ini. Akibatnya, produsen smartphone pun berlomba menciptakan smartphone kelas bawah untuk para pengguna baru Android.

Acer pun tak ingin tertinggal dalam persaingan smartphone kelas bawah ini. Acer memperkenalkan Liquid Z3 Duo sebagai perwakilannya di bursa smartphone Android murah. Smartphone keluaran Acer ini dibekali dengan prosesor Mediatek MTK6577 Dual Core 1GHz dan RAM 512 MB sebagai senjata utama untuk menggaet pengguna baru Android.

Konsep & Desain
acer_liquid_z3_blackandwhite
Melalui Liquid Z3 Duo ini Acer menunjukan bahwa smartphone murah tak berarti murahan. Hal ini terlihat dari konstruksinya yang terasa kokoh saat digenggam. Dengan ukuran mungilnya, Acer Liquid Z3 Duo cukup nyaman saat dikantungi dan digenggam. Bobotnya yang hanya 120 gram juga ringan.

acer_liquid_z3_modeMengedepankan desain minimalis, Acer mencoba menampilkan cita rasa smartphone premium pada Liquid Z3 Duo. Acer menggunakan cover bertekstur yang menyatu dengan tutup baterainya. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi membeli case jika ingin melindungi layarnya.

Tampilan ringkas diterapkan Acer dengan hanya meletakkan 3 tombol kapasitif pada bagian depan. Pada bagian atas diletakan tombol power dan jack audio/mikrofon 3.5mm. Sementara tombol pengatur volume diletakan Acer pada sisi kanan.

Untuk koneksi dengan perangkat personal computer atau laptop, Acer Liquid Z3 Duo hanya dilengkapi oleh port untuk men-charge/transfer data dibagian bawah. Sementara itu untuk bagian belakang smartphone ini hanya dihuni oleh sebuah kamera dengan resolusi 3 megapixel tanpa lampu kilat dan sebuah speaker.

Liquid Z3 Spec

Performa & Fitur
Meskipun diposisikan untuk kelas bawah, Z3 Duo memiliki performa yang cukup baik.

Hasil pengujian Liquid Z3 Duo di Antutu menorehkan nilai 9702 , sementara di Quadrant, skornya 2882. Sedangkan di Vellamo, Liquid Z3 Duo memperoleh nilai 1588 saat pengujian HTML5. Hasil pengujiannya ini sudah termasuk lumayan untuk ponsel sekelasnya.

Liquid Antutu

Liquid Velamo Quadrant

Untuk memberi kemudahan bagi penggunanya, Acer membenamkan fitur Quick Mode di Z3 Duo. Fitur ini terdiri dari empat profil dengan kelebihannya masing-masing. Basic Mode ditujukan untuk pengguna yang aktif melakukan panggilan dan perpesanan. Senior Mode menampilkan Radio, messages, magnify, clock, quick call.

Kemudian terdapat Keyboard Mode yang diperuntukan bagi mereka yang selalu menginginkan adanya tampilan keypad. Yang terakhir adalah Classic Mode yang merupakan tampilan sederhana dari deretan fungsi utama Liquid Z3 Duo. Keempat mode ini akan dapat berguna bagi pengguna yang masih belum terbiasa dengan interface Android.

Liquid Z3 All Mode

Untuk urusan layar, smartphone yang dibekali sistem operasi Android 4.2.2 Jellybean ini mengunakan layar berukuran 3,5 inci dengan resolusi 320 x 480 pixel. Sedangkan untuk baterai, Liquid Z3 Duo menggunakan baterai berkapasitas 1,500 mAh. Walau relatif kecil, baterai Liquid Z3 Duo mampu bertahan hingga sekitar 12 jam untuk penggunaan yang cukup intensif.

Liquid Z3 Duo Outdoor2

Liquid Z3 Duo Outdoor 1

Bicara soal kamera, hasil foto dari kamera Liquid Z3 Duo yang tidak dilengkapi autofocus kurang dapat diandalkan. Selain sering kabur, reproduksi warnanya juga terlihat pudar.

Dengan spesifikasi yang cukup baik di kelas harganya, ditambah dengan desain cantiknya, Acer Liquid Z3 Duo layak dipertimbangkan Anda yang sedang mencari sebuah smartphone Android dengan harga ekonomis dan performa lumayan.

Liquid Z3 Duo

Liquid Z3 Duo Indoor2

Kesimpulan
Untuk Anda yang ingin beralih ke sistem operasi Android, tapi tak ingin merogoh kocek terlalu dalam untuk sebuah smartphone, Acer Liquid Z3 Duo layak untuk dipertimbangkan. Terbukti dari hasil pengujian smartphone yang memiliki dua slot kartu sim ini.

Dengan spesifikasi yang mumpuni, ditambah dengan kualitas konstruksi dan fitur yang menarik, rasanya Acer Liquid Z3 Duo pantas untuk dilirik jika Anda sedang mencari sebuah smartphone Android yang murah dan cukup bertenaga untuk menemani beraktifitas.

[table] Spesifikasi;Acer Liquid Z3 Duo
Prosesor;MTK 6577 Dual-core 1GHz
Layar;”3,5 inci 480×320 QVGA”
Koneksi;GPRS, EDGE, HSPA+, WiFi, Bluetooth
Memori; Internal 4GB + slot microSD
RAM;512MB
Kamera;3 megapixel
Baterai;1,500mAh
OS;Android 4.2.2 (Jellybean)
Dimensi;60x109x10,4mm
Bobot;120 gram
[/table]
Back to top button