Quantcast
KomputerNewsPC Desktop

Kano: Komputer Linux Mini untuk Dirakit Sendiri

Membangun atau merakit sebuah komputer bisa jadi kegiatan yang paling menakutkan, dengan begitu banyak bagian-bagian terpisah yang harus dirakit terkadang membuat orang enggan untuk belajar merakit sendiri. Berawal dari ide menghadirkan sebuah komputer yang ringkas dan mudah dirakit, terciptalah sebuah produk komputer baru yang diberi nama Kano. Komputer mini dengan sistem operasi berbasis Linux.

Kano merupakan sebuah komputer yang hanya memiliki satu buah papan sirkuit atau PCB (printed circuit board), yang didalamnya telah terdapat sebuah prosesor BCM 2835 berkecepatan 700MHz buatan Broadcom, RAM dengan kapasitas 512MB dan sebuah GPU VideoCore IV berkecepatan 250MHz yang juga diproduksi oleh Broadcom. Melihat spesifikasi yang ada, tentunya Anda sudah berkesimpulan bahwa ini bukanlah komputer yang biasa ditemui dipasaran. Jika Anda berkesimpulan demikian, Anda sama sekali tidak salah.

Kano dikembangkan atas dasar sebuah komputer mini berbasis Android bernama Raspberry Pi yang dibuat Raspberry Foundation di di London, Inggris. Raspberry Pi sendiri diciptakan dengan tujuan mengajarkan kepada anak-anak tentang dasar-dasar dari pengetahuan komputer, termasuk bahasa pemrograman (coding) tingkat awal. Kano juga diciptakan dengan prinsip yang serupa. Hanya saja komputer mini ini memiliki beberapa tambahan baru yang membedakannya dengan seri awal Raspberry Pi.

KanoKit2

Proses perakitan Kano dari bagian-bagian terpisah menjadi sebuah komputer mini ternyata semudah merakit dan memainkan Lego. Bahkan saat dalam fase pengembangan awal, Kano telah dicoba untuk dapat dirakit oleh anak-anak SD sekalipun. Membawa slogan “It’s a computer – and you make it yourself” merupakan penegasan bahwa Kano memang diciptakan untuk dapat dirakit siapa pun juga.

Dalam paket pembelian Kano, Anda akan mendapatkan papan sirkuit Raspberry Pi, keyboard combo, modul WiFi, speaker, serta casing. Juga ada slot SD card sebagai media penyimpanan mengingat Kano tidak dilengkapi oleh hard-disk sehingga sepenuhnya mengandalkan kartu SD untuk berfungsi.

Menariknya, karena Kano berdasar pada sistem operasi Linux yang terbuka, Anda dapat membuat program sendiri. Pihak Kano juga akan terus mengembangkan modul tambahan baru yang kompatibel dengan komputer mini ini.

Saat ini, Kano masih masuk dalam fase penggalangan dana lewat program Kickstarter, dan jika terbukti sukses dalam usaha untuk menjadikan Kano dapat diproduksi masal maka, rencananya Kano akan dipasarkan dengan harga US$99.99. Jika ingin mendukung atau mendapatkan informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi laman resmi Kano. Tertarik?

Back to top button