Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Mediatek Luncurkan MT6592, Prosesor Octa-Core Pertamanya

Perkembangan teknologi komputasi belakangan berjalan sangat cepat, dan persaingan prosesor untuk mendukung komputasi smartphone dan gadget juga berlangsung sengit. Keharusan untuk berinovasi atau punah menjadi alasan utama di balik pengembangan MT6592 SoC (system on chip), prosesor pertama di dunia dengan 8 inti fisik dalam satu prosesor, oleh Mediatek.

Prosesor octa-core ini membawa beberapa teknologi yang benar-benar baru. Selama ini baru ada prosesor yang menggunakan 2 inti fisik dengan 4 inti virtual di masing-masing inti yang lalu diklaim sebagai prosesor 8 inti. Kini Mediatek berhasil menerapkan penggunaan delapan inti fisik di prosesor. Mediatek rupanya menggunakan prosesor ARM Cortex A7 dalam konfigurasi octa-core dan disandingkan dengan GPU ARM-Mali terbaru.

MT6592-core

Mediatek menjanjikan peningkatan kinerja yang signifikan, apalagi mengingat masing-masing core (inti) mampu berjalan pada kecepatan 2GHz. Selain itu, prosesor dengan kode MT6592 ini juga dapat dioperasikan dengan konsumsi daya yang lebih rendah.

Tak hanya dari sisi komputasi saja, performa di sektor multimedia juga akan mengalami peningkatan. Tidak tanggung-tanggung, MT6592 sudah cukup tangguh untuk mengolah gambar dan video dengan resolusi 4K. Masih di sektor video, Mediatek MT6592 juga telah dilengkapi teknologi Mediatek ClearMotion™. Teknologi ini dapat mengubah kecepatan rekam video dari 20-30 frame per detik menjadi 60 frame per detik, sehingga hasil rekaman kamera akan terlihat lebih halus.

Seperti apa performa dari chip prosesor terbaru Mediatek ini? Kita tunggu saja sepak-terjangnya pada awal tahun 2014 nanti.

Back to top button